Sedang memuat 4 Fakta Yang Terungkap Atas Penemuan Mumi Api Di Gua Kabayan

4 Fakta Yang Terungkap Atas Penemuan Mumi Api Di Gua Kabayan

salah satu situs bersejarah yang terancam punah

Selama ini mungkin sebagian banyak orang mengetahui bahwa mumi itu hanya berasal dari mesir dan ditemukan di piramida. Namun pada kenyataannya di dunia ini mumi tidak hanya di temukan di mesir saja, bahkan banyak penemuan mumi lainnya di berbagai daerah di dunia. Bahkan beberapa di antara mumi-mumi yang di temukan tersebut memiliki bentuk tubuh yang jauh lebih baik dari mumi yang ada di mesir.

mumi api di Filipina
mumi api di Filipina [ image source ]

Penemuan mumi tidak hanya di wilayah eropa saja, bahkan beberapa di antaranya berada di kawasan Asia Tenggara. Bahkan di wilayah indonesia sendiri ternyata juga memiliki mumi yang berasal dari Suku Dani di Papua. Mumi yang ada di Suku Dani terkenal dengan mumi asap, ya karena proses mumifikasinya menggunakan teknik asap sehingga bentuknya berwarna hitam legam. Nah ngomongin mumi yang memiliki bentuk mengerikan, berikut ini lebih mengerikan dari mumi yang di miliki oleh Suku Dani. Mumi ini di temukan di daerah gunung Kabayan di Filiphina, dari pada penasaran yuk simak saja ulasan berikut ini.

1. Lokasi Ditemukannya Mumi

Mumi yang sangat mengerikan ini di temukan di wilayah Filipina, tepatnya mumi ini ditemukan di dalam sebuah gua. Gua ini berada di dataran tinggi yang terletak di kawasan Kabayan, Bengeut, di Filipina Utara. Gua kabayan ini ternyata saat di temukan di dalamnya terdapat banyak mumi yang telah tersnimpan di dalam peti mati yang terbuat dari kayu. Penemuan mumi ini pertama kali di temukan pada awal abad ke-20, dan kerap menjadi pokok perbincangan oleh banyak orang sekitar.

gua kabayan bengeut filipina
gua kabayan bengeut filipina [ image source ]

Dulunya siapa saja boleh memasuki kawasan Gua yang menyimpan banyak mumi mengerikan ini, namun kini wilayah gua Kabayan tersebut sekarang telah di jadikan kawasan konservasi. Kini penjagaannya begitu ketat, hal itu disebabkan karena dulunya orang-orang yang tidak bertanggung jawab justru menggunakan kebebasan untuk datang ke gua ini hanya untuk mencuri mumi-mumi yang ada di gua. Bahkan kini penemuan situs ini telah di tetapkan sebagai situs bersejarah yang sudah terancam punah dari beberapa situs lainnya di karenakan sebagian mumi-muminya telah hilang di curi.

2. Mumi Tersebut Dari Suku Filipina Yang Telah Punah

Mumi-mumi yang yang di temukan dengan bentuk yang mengerikan di gua Kabayan sering di sebur dengan mumi api atau fire mummies. Seperti dengan namanya mumi api, mumi ini di buat dengan melalui proses mumifikasi yang tahapan metode pengawetannya menggunakan api. Tradisi mumifikasi ini dipercaya oleh banyak ahli telah ada sejak 1500 SM, dan suku Ibaloi adalah yang di tengarai memiliki tradisi mumifikasi unik ini.

mumi suku ibaloi filipina
mumi suku ibaloi filipina [ image source ]

Tidak berbeda dengan tujuan dari maksud mumifikasi yang di lakukan oleh suku lainnya yang berada di berbagai penjuru dunia. Salah satu tujuannya adalah agar mereka masih bisa selalu melihat dan mengenang sosok jenazah yang telah pergi meninggalkannya terlebih dahulu. Menurut para peneliti, sangat di percaya bahwa orang yang memiliki kasta tertinggi di suku Ibaloi akan memalui proses pengawetan yang lebih lama sebelum akhirnya di masukkan kedalam peti kayu yang telah di sediakan.

3. Proses Mumifikasi Suku Ibaloi

Proses mumifikasi pada suku Ibaloi adalah salah satu proses pengawetan yang terbilang cukup mengerikan lantaran proses tersebut di percaya dilakukan sejak orangnya masih hidup. Ketika di rasa seseorang sudah mulai tidak kuat lagi untuk apa-apa, maka orang-orang suku Ilaboi lantas meminumkan ramuan khusus yang di percaya memiliki kadar garam yang tinggi hingga pada akhirnya meninggal, baru setelah itu di lakukan tahapan selanjutnya.

proses mumifikasi suku ibaloi yang sangat mengerikan
proses mumifikasi suku ibaloi yang sangat mengerikan [ image source ]

Setelah di pastikan orang tersebut meninggal, maka kemudian dari mulut mayat di masuki asap yang nantinya akan membuat bagian dalam organ mengkerut dan menjadi awet. Setelah beberapa saat waktu di cukupkan melalui proses pengasapan, tahap selanjutnya adalah meposisikan mayat tersebut ke dalam posisi duduk kemudian di panaskan di atas api. Proses pemasanan dengan api ini bisa mencapai waktu selama 2 tahun lamanya, hal ini di lakukan agar tubuh mayat benar-benar telah menjadi kering. Selanjutnya setelah benar-benar telah mengering, mayat tersebut di simpan kedalam peti dari kayu yang telah di siapkan agar memudahkan dalam penyimpanan mumi tersebut.

4. Gua Kabayan Yang Mengenaskan

Seperti yang telah di ulas sebelumnya, gua ini setelah di ketahui keberadaannya oleh banyak orang justru menjadikan beberapa orang yang tidak bertanggung jawab mencuri sumber dari sejarah masa kelam tersebut. Setidaknya tidak hanya gua Kabayan saja yang telah di temukan menyimpan mumi, melainkan banyak gua lain di daerah Bengeut yang juga di temukan menyimpan banyak mumi seperti yang ada di gua Kabayan. Gua Kabayan kini adalah gua yang sangat rawan akan kasus penjarahan, sehingga banyak mumi berharga hilang karena usianya telah mencapai ribuan tahun.

gua kabayan yang sering di jarah
gua kabayan yang sering di jarah [ image source ]

Rawannya kasus penjarahan yang terjadi di gua Kabayan ini di latar belakangi oleh kebutuhan atau hanya ingin mendapatkan keuntungan dengan cara menjualnya dengan harga yang tinggi. Atas maraknya kasus penjarahan tersebut, kini pemerintah Filipina telah menyediakan sebuah museum untuk menampilkan mumi-mumi api tersebut agar tidak perlu lagi datang ke gua Kabayan. Bahkan pemerintah Filipina mengatakan telah menemukan setidaknya 80 mumi lainnya di kawasan Kabayan, namun kini keberadaannya masih di rahasiakan untuk menghidari kasus penjarahan yang bisa saja terluang kembali.

Itulah tadi bebrapa ulasan yang membahas tentang uniknya mumi api yang di temukan di gua Kabayan, Bengeut, Filipina. Di lihat dari prosesnya, mungkin proses mumifikasi tersebut adalah salah satu diantara mumifikasi di dunia yang sangat mengerikan, karena prosesnya dimulai ketika orangnya masih hidup. Mudah-mudahan penemuan mumi api lainnya tetap terjaga kerahasiaannya agar situs mumi api tersebut tidak menjadi benar-benar punah. Semoga tidak hanya untuk situs bersejarah mumi api saja, melainkan segala situs-situs bersejarah lainnya di dunia ini juga bisa di lestarikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *