Kamu Suka Mendengkur? Coba deh Kamu Atasi Dengan 4 Makanan Berikut ini, Agar Orang Lain Tidak Terganggu

Mendengkur mungkin adalah masalah yang sangat sering di alami oleh kebanyakan orang, siapapun bisa mengalami hal ini baik di usia muda maupun tua. Mungkin mendengkur tidak terjadi bagi sebagian orang, namun bagi sebagian orang bertubuh gemuk mungkin masalah ini kerap sekali menghampiri, bahkan bisa menjadi salah satu rutinitas yang di bawa pada saat tidur. Masalah mendengkur mungkin tidak begitu mengganggu bagi si penderitanya, namun untuk orang lain di sekitarnya tentu aktifitas mendengkur bisa membuat orang lain merasa sangat terganggu.

mendengkur
mendengkur [ image source ]

Sebenarnya kebiaasan mendengkur itu tidak menjadi sebuah perkara serius yang harus segera di atasi. Tapi harus menjadi perhatianmu juga jika orang di sekitarmu merasa terganggu, jika tidak kasihan kan mereka terganggu saat mereka harus mendengar suara dengkuran keras di sela-sela istirahatnya. Nah dari pada hal itu terjadi, bisa kok kamu mencoba mengatasi dengkuranmu itu dengan beberapa makanan. Yuk simak saja ulasan berikut yang membahas tentang beberapa makanan yang bisa mengatasi masalah mendengkur.

1. Mengkonsumsi Madu

madu
madu [ image source ]

Sejatinya mendengkur adalah salah satu penyakit yang terjadi di saluran tenggorokan, biasanya terjadi akibat adanya getaran jaringan pada saluran pernapasan bagian atas, atau juga bisa terjadi karena pembekakan di saluran tenggorokan. Bagi kamu yang sering mengalami ngorok alias mendengkur, maka jangan terlalu khawatir karena mendengkur ternyata bisa di obati dengan berbagai bahan makanan salah satunya dengan mengkonsumsi madu. Sudah tidak bisa di pungkiri bahwa madu itu memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Madu memiliki zat anti inflamasi yang baik untuk mengobati masalah penyakit mendengkur yang terjadi akibat pembekakan pada saluran pernafasan di area tenggorokan. Rutin mengkonsumsi madu setiap hari, ternyata dapat membantu mengurangi kebiasaan mendengkur. Jangan lupa minum setiap hari madu sebelum dan sesudah tidur, boleh kok di campurkan dengan pada minuman lainnya.

2. Mengkonsumsi Ikan dan Miyak Ikan

ikan dan minyak ikan
ikan dan minyak ikan [ image source ]

Salah satu bahan makanan lainnya yang bisa membantu mengatasi kebiasaan mendengkur adalah dengan mengkonsumsi minyak ikan. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam ikan maupun minyak ikan ternyata banyak memiliki manfaat bagi tubuh termasuk untuk mengatasi masalah mendengkur. Ikan dan minyak ikan ternyata memiliki kandungan asam omega 3 dan 6 yang merupakan asam lemak yang di butuhkan tubuh untuk memproduksi kolesterol baik. Tidak hanya mampu membantu memproduksi kolesterol baik, tetapi juga mampu menghambat tubuh untuk memproduksi kolesterol jahat yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Jika produksi kolesterol jahat dalam tubuh bisa diminimalisir, setidaknya hal ini bisa mencegah dan mengurangi akumulasi lemak di sekita bagian saluran pernafasan yang nantinya bisa mengakibatkan seseorang mendengkur. Nah jika kamu ingin terbebas dari masalah mendengkur, tidak ada salahnya kan kamu sekarang rutin mengkonsumsi ikan dan minyak ikan.

3. Mengkonsumsi Sari Kedelai

sari kedelai
sari kedelai [ image source ]

Sari kedelai memang memiliki rasa yang sangat enak, gurihnya tidak kalah dengan yang ada pada susu sapi. Sari kedelai atau sering di sebut dengan susu kedelai, selain gurih dan benyak memiliki khasiat bagi tubuh, sari kedelai ini ternyata juga bisa membantu mengatasi masalah mendengkur. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan beberapa hal lainnya di susu sapi, yaitu tentang susu sapi yang ternyata justru menunjang faktor terjadinya aktivitas mendengkur seseorang. Bagi yang bermasalah dengan protein yang terkandung dalam susu sapi, maka mengkonsumsi susu sapi dapat menyebabkan reaksi alergi yang serius. Reaksi alergi terhadap protein susu sapi nantinya dapat meningkatkan kemacetan pada saluran pernafasan, terutama pada area hidung dan tenggorokan yang akhirnya akan menyebabkan seseorang akan sering mendengkur. Sedangkan untuk sari kedelai, proteinnya sangat jelas baik untuk menjaga kesehatan, lemak nabatinya yang terkandung juga dapat membantu mengurangi kolesterol jahat di area saluran pernafasan.

4. Mengkonsumsi Kunyit

kunyit
kunyit [ image source ]

Tidak berbeda dengan bahan makanan lainnya di atas, kunyit asalah salah satu bahan makanan yang sangat banyak sekali manfaatnya bagi tubuh. Makanya tidak heran kunyit sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat jamu yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh. nah dibalik manfaat tersebut, ternyata kunyit memiliki khasiat yang mampu mengatasi masalah mendengkur pada seseorang. Masalah peradangan yang terjadi pada orang-orang yang sering mendengkur ternyata mampu di libas dengan kunyit. Bagi seseorang yang ingin mengatasi masalah kebiasaan mendengkur, bisa mencoba mengatasinya dengan rutin mengkonsumsi kunyit setiap hari setidaknya minum 3 kali 2 sendok makan setiap harinya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, mengkonsumsi kunyit juga bisa di campur dengan madu.

Sahabat iyakan.com, kebiasaan mendengkur saat tidu memang tidak selalu bisa kita sadari, tapi pastinya kebiasaan tersebut dangat menggangu bagi orang lain. Nah bagi kamu yang ingin mengatasi kebiasaan mendengkur, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk mengkonsusmsi beberapa bahan makanan di atas. Jangan lupa untuk selalu menghindari beberapa makanan yang berlemak, agar lemak tidak tumbuh di sekitar area pernafasanmu yang nantinya akan menyebabkan dengkuran semakin keras suaranya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *