Sadar Nggak Kalau 5 Anggota Tubuh Berikut Ini adalah Merupakan Sarang Bakteri

Menjaga kebersihan badan dengan rutin mandi selama dua kali sehari, belum tentu dapat menghindarkanmu dari ancaman bakteri dan kuman. Pasalnya kini berbagai macam bakteri dan kuman ada yang dapat bertahan hidup pada sabun yang sering kamu pakai untuk mandi khususnya sabun mandi yang berbentuk batangan. Semua itu dapat terjadi lantaran cara penyimpanan sabun setelah selesai mandi yang kurang benar. Salah satu cara menyimpan cabun dengan benar adalah dengan memastikan sabun memiliki tempat berupa wadah yang benar-benar tertutup rapat. Pastikan juga sabun yang kamu simpan di wadah tersebut benar-benar terhindar dari genangan air, karena genangan air dapat di fungsikan oleh bakteri untuk berkembang biak yang menempel pada sabun. Untuk itu dalam menyimpan sabun setidaknya harus benar-benar di pastikan kering sebelum di masukkan kedalam wadah penyimpanan untuk di gunakan kembali nantinya.

bakteri
bakteri [ image source ]

Jika sabun mandi saja dapat di gunakan sebagai tempat berkembang biak bakteri dan kuman, bagai mana dengan tubuh manusia? jika anggapanmu tentang tubuh manusia adalah tempat yang sangat cocok untuk di jadikan tempat tinggal bakteri, maka anggapanmu itu adalah benar. Faktanya banyak dari para peneliti mengungkapkan bahwa setidaknya ada lebih dari 615 jenis bakteri yang tumbuh dan berkembang biak pada hampir di seluruh anggota tubuh manusia. Dan berikut ini adalah beberapa anggota tubuh yang ternyata kerap di fungsikan sebagai tempat bersarangnya bakteri.

1. Bagian Mulut

mulut
mulut [ image source ]

Sudah bisa di pastikan bahwa mulut adalah salah satu pintu utama dari masuknya segala jenis makanan dan minuman yang di konsumsi oleh manusia. Menurut para ahli kesehatan, mulut adalah salah satu organ tubuh yang kerap sekali di jadikan sarang oleh berbagai macam bakteri dan kuman. Setidaknya di ketahui bahwa ada lebih dari 600 bakteri yang dapat berkembang biak di dalam mulut, lagi-lagi semua bakteri itu terbawa oleh makanan dan minuman yang tercemar bakteri dan di konsumsi oleh seseorang. Tidak hanya lewat makanan, aktivitas berciuman dari mulut ke mulut juga dapat menularkan bakteri ke mulut seseorang. Bagian lidah adalah salah satunya bagian yang sangat banyak di hinggapi oleh bakteri dan kuman selain bagian lainnya seperti sela-sela gigi. Salah satu hal yang bisa mencegah agar bakteri tidak berkembang biak pada mulut adalah dengan rajin menggosok gigi, setelah itu jangan lupa berkumurlah dengan mouthwash untuk membunuh berbagai macam bakteri yang ada di mulutmu.

2. Bagian Ketiak

ketiak
ketiak [ image source ]

Ketiak adalah salah satu bagian tubuh yang berbentuk lipatan, oleh sebab itu ini adalah salah satu bagian tubuh yang sering sekali mengalami kelembapan. Oleh sebab kelembapannya itu ketiak menjadi salah satu bagian tubuh yang kerap mengeluarkan bau yang tidak sedap dengan aroma khas asam yang menyengat. Menurut beberapa ahli kesehatan, bau yang tidak sedap pada ketiak ternyata disebabkan oleh keberadaan bakteri yang tinggal pada ketiak seseorang. Keadaan ketiak yang lembab ternyata menjadi tempat yang ideal bagi para bakteri dan kuman untuk berkembang biak. Untuk sebab itulah mengapa keringat yang keluar dan bercampur dengan bakteri bisa menjadikan seseorang terkena bau badan. Salah satu cara untuk mencegah agar ketiak terbebas dari bakteri dan kuman adalah dengan benar-benar membersihkannya ketika mandi dan setelah itu jangan lupa menggunakan deodorant untuk menjaga ketiak benar-benar kering.

3. Bagian Telinga

telinga
telinga [ image source ]

Telinga mungkin adalah salah satu bagian tubuh yang paling di sukai oleh bakteri dan kuman untuk dijadikan sarangnya. Pasalnya bagian telinga terdiri dari banyak lipatan dan lubang pada telinga memiliki kelembaban yang sangat di sukai oleh para bakteri dan kuman. Terlebih semua kotoran yang di keluarkan telinga adalah merupakan kotoran yang berisi banyak bakteri dan kuman. Jika telinga sering merasakan gatal, mungkin itu adalah salah satu tanda dari keberadaan kuman yang bersarang di telinga. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga telinga dari kuman adalah dengan cara menjaga kebersihannya. Jika mengalami gatal pada telinga, sebaiknya hindari menggunakan berbagai alat yang tidak steril untuk menghilangkan rasa gatal pada bagian telinga. Membuat telinga telalu bersih juga bukan merupakan tindakan yang bagus untuk di lakukan, karena beberapa diantaranya yang di keluarkan oleh telinga adalah merupakan cairan anti bakteri.

4. Bagian Tangan Dan Kaki

Tangan Dan Kaki
Tangan Dan Kaki [ image source ]

Bagi manusia yang terlahir secara normal, tangan dan kaki adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki peran sangat dominan dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin hampir di setiap aktivitasnya semua manusia membutuhkan peran tangan dan kaki untuk menunjang kelancaran atas apa yang sedang di kerjakan. Untuk itulah bagian tangan dan kaki adalah salah satu bagian yang paling pertama tercemar oleh bakteri dan kuman. Pasalnya bagian tangan dan kaki berpeluang besar untuk menyentuh benda-benda yang tercemar oleh bakteri dan kuman, seperti uang, lantai dan yang lainnya. Tidak hanya meliputi bagian telapak tangan dan kaki saja, melainkan juga pada bagian kuku tangan dan kaki adalah merupakan tempat tinggal yang ideal untuk bakteri dan kuman berkembang biak. Salah satu caranya agar bagian tangan dan kaki agar terhindar dari bakteri dan kuman adalah dengan cara selalu mencucinya dengan sabun anti bakteri dengan cara yang benar, jika perlu tambahkan penggunaan cairan antiseptic untuk membasminya lebih mendalam dan jangan lupa rajinlah memotong bagian kuku yang sudah memanjang.

5. Bagian Hidung

hidung
hidung [ image source ]

Selain bagian tangan dan kaki yang merupakan bagian tubuh sebagai sarang bakteri, maka tidak berbeda dengan halnya bagian pada hidung manusia. Pasalnya hidung adalah salah satu bagian tubuh yang berfungsi membantu pernafasan manusia dan yang paling pokok adalah membantu manusia menghirup oksigen yang di butuhkan tubuh. Meskipun manusia juga bisa bernafas dengan menggunakan mulut, hidung tetaplah yang paling utama untuk melakukan pekerjaan dalam urusan bernafas. Karena bagian hidung memiliki kelebihan lainnya ketimbang mulut, yaitu memiliki filter atau penyaring alami semacam bulu halus untuk menyaring udara dari kandungan zat berbahaya yang tidak di perlikan oleh tubuh tidak terlepas juga menyaring bakteri dan virus. Zat berbahaya yang tersaring nantinya akan menempel menjadi kerak pada bagian dinding hidung, untuk itu selalu rutinlah membersihkan bagian hidung agar kerak tersebut tidak menjadi tempat untuk berkembang biak bakteri dan virus, jangan lupa untuk selalu rajin mencuci tangan setelah memegang bagian hidung agar bakteri tidak berkembang biak di bagian tangan.

Sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa bagian tubuh yang sangat ideal di jadikan sarang berbagai macam bakteri dan kuman. Untuk itulah, menjaga kebersihan seluruh anggota tubh adalah inti utama agar bakteri tersebut tidak menjangkiti tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *