Sedang memuat 5 Bagian Dari Tubuh Ayam Broiler Yang Kurang Baik Jika Di Konsumsi Secara Rutin

5 Bagian Dari Tubuh Ayam Broiler Yang Kurang Baik Jika Di Konsumsi Secara Rutin

Daging adalah salah satu bahan makanan yang banyak di minati oleh hampir seluruh lapisan masyarakat yang ada di dunia, tidak terkecuali dengan negara Indonesia. Tentunya dari sekian banyak jenis daging yang ada, daging yang paling mudah di temukan adalah daging ayam. Nggk cuma mudah di temukan, tapi juga memiliki harga yang relatif terjangkau sehingga menjadikan daging ayam sangat di minati untuk di konsumsi.

makan daging ayam
makan daging ayam [ image source ]

Daging ayam memang menjadi daging yang paling favorit di konsumsi, namun dibalik itu ternyata ada beberapa bagian yang kurang baik jika di konsumsi terlalu sering. Alasannya adalah karena beberapa bagian tersebut dapat mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh yang mengkonsumsinya. Banyak sih yang mengabaikan hal ini, nah agar lebih jelasnya lagi yuk simak saja ulasannya mengenai beberapa bagian tubuh dari ayam yang sebaiknya nggak terlalu sering di konsumsi.

1. Kepala Ayam

Mulai sekarang perlu di ketahui, bahwa kepala ayam adalah salah satu bagian yang di anjurkan untuk tidak terlalu sering di konsumsi. Alasannya adalah karena kadar kandungan bahan kimianya sangatlah tinggi, terlebih pada ayam yang sudah berusia tua. penyebabnya adalah karena para peternak ayam sering kali menambahkan berbagai macam zat kimia pada pakan ayam.

Kepala Ayam
Kepala Ayam [ image source ]

Salah satu fungsinya adalah agar masa pertumbuhan ayam cepat menjadi besar sehingga masa panen ayam semakin cepat. Sedangkan bahan kimia yang tertelan ayam, ternyata kebanyakan akan terkumpul di bagian otak ayam. Nah sebab itulah mengapa sebaiknya jangan terlalu sering memakan bagian kepala pada ayam ternak seperti ayam broiler atau ayam potong.

2. Sayap Ayam

Sayap ayam mungkin adalah salah satunya bagian pada ayam yang memiliki rasa paling enak untuk di konsumsi. Namun ternyata sayap ayam juga tidak jauh berbedanya dengan kepala ayam, yang sebaiknya jangan terlalu sering untuk di konsumsi. Alasannya adalah, selain ayam yang memakan makanan yang mengandung banyaka bahan kimia.

Sayap Ayam
Sayap Ayam [ image source ]

Ayam ternyata juga sering mendapatkan suntikan hormon yang bertujuan agar dapat memacu pertumbuhan tubuh ayam secara instan. Nah bagian yang paling efisien agar hormon tersebut cepat bereaksi adalah pada bagian sayap ayam. Enak sih enak, tapi tahu nggak kalau obat atau hormon yang masih tertinggal di bagian sayap itu bisa mengakibatkan seseorang terkena penyakit tumor.

3. Leher Ayam

Organ yang satu ini mungkin tidak memiliki banyak komposisi daging ketimbang bagian lain pada tubuh ayam. Meskipun begitu memang tidak bisa di tampik bahwa tidak sedikit juga orang yang sangat suka mengkonsumsi bagian leher. Pasalnya bagian leher ini memiliki terkstur dan rasa yang berbeda saat di konsumsi. Namun ternyata di balik kelezatannya, leher ayam ternyata juga menjadi salah satu bagian yang di anjurkan untuk tidak terlalu sering dikonsumsi.

Leher Ayam
Leher Ayam [ image source ]

Alasannya adalah karena pada bagian leher ayam terdapat bagian dimana menyimpan banyak getah bening yang berfungsi sebagai imun kekebalan ayam. Bagian imun dari ayam adalah bagian yang di penuhi dengan berbagai macam bakteri. Otomatis, saluran jika leher ayam tidak di masak dengan benar maka bakteri tersebut bisa jadi akan berpindah ke tubuh manusia saat di konsumsi.

4. Pantat Ayam

Mungkin bagi orang yang belum pernah mencicipinya, mengkonsumsi pantat ayam adalah salah satu hal yang menjijikkan. Tapi faktanya justru bagian pantat ayam adalah yang p[aling lezat dan banyak di buru untuk di konsumsi. Bahkan bagian pantat ayam bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit. Namun ternyata, bagian pantat ayam tidak jauh berbeda dengan leher ayam yang dimana menjadi bagian yang sebaiknya tidak terlalu sering di konsumsi karena dapat berdampai buruk bagi kesehatan.

Pantat Ayam
Pantat Ayam [ image source ]

Alasannya adalah, selain menjadi tempat mengendapnya bahan kimia yang tertelan ayam, pantat ayam juga menjadi bagian dimana para peternak menyuntikkan antibotik. Nah jika penyembelihan ayam di lakukan dengan waktu yang masih berdekatan dengan penyuntikan antibiotik, maka bisa jadi sisa antibiotik yan glarut pada lemak akan ikut tertelan manusia yang mengkonsumsinya. Efek buruknya yaitu dapat membuat seseorang terkena kanker hati.

5. Kulit Ayam

Pasti banyak yang setuju jika kulit ayam adalah salah satu bagian pada ayam yang memiliki rasa paling gurih ketimbang bagian lainnya. Mau dimasak seperti apapun itu, baik di goreng, di bakar, atau di baluri tepung agar renyah, rasa kulit ayam tidak akan pernah memudar. Usut punya usut, meskipun di dalam kulit ayam juga terkandung beberapa zat yang dapat membantu mempercantik kulit, namun bagian ini ternyata juga di harapkan untuk tidak terlalu sering untuk di konsumsi.

Kulit Ayam
Kulit Ayam [ image source ]

Alasannya adalah karena pada bagian kulit ayam juga mengandung banyak dari sisa hormon, antibiotik dan bahan kimia yang tidak ikut tercerna secara sempurna. Intinya, nggak jauh berbeda dengan organ-organ lain sebelumnya, kandungan bahan kimia yang ada pada kulit ayam itu dapat mengakibatkan penyakit serius yaitu dapat merusak kinerja fungsi hati manusia.

Sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa ulasan mengenai beberapa bagian pada tubuh ayam yang dianjurkan untuk tidak terlalu sering di konsumsi. Nggak dilarang kok untuk di konsumsi, tapi ya ituloh efek buruknya kedepan jika terlalu sering memakan bagian ayam diatas. Nah kini semua pilihan untuk tidak mengkonsumsi bagian ayam yang dianjurkan kita kembalikan pada hak masing-masing pribadi. Jika memang benar-benar ingin sehat, cobalah mengkonsumsi daging ayam yang tidak di ternak dengan menyertakan berbagai bahan dan obat kimia. Tentu daging ayam tersebut dapat di peroleh dari daging ayam kampung yang di ternak secara liar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *