Sedang memuat 5 Cara Mempertahankan Kebaikanmu Agar Terhindar Dari Kesan Lemah Dan Gampang Di Manfaatkan

5 Cara Mempertahankan Kebaikanmu Agar Terhindar Dari Kesan Lemah Dan Gampang Di Manfaatkan

Setiap orang pastinya kalau di suruh milih antara kebaikan dan kejahatan pastinya banyak yang akan memilih kebaikan. Tapi apakah benar menjadi orang baik itu berarti harus siap untuk menjadi andalan bagi setiap orang yang membutuhkan? Jika memang begitu berarti menjadi orang baik itu harus tegar dengan rela mengesampingkan kepentingan pribadi demi kebahagiaan orang lain meskipun harus dengan berdara-darah dalam membantu orang lain.

suka menolong

Menjadi orang baik bukan perkara pilihan yang mudah untuk di jalani, terkadang justru kebaikan kita malah sering di salah artikan sebagai orang yang gampang di manfaatin, padahal sejatinya kita tulus membantu seseorang. Rasa tidak enakan kepada seseorang yang meminta bantuan mungkin adalah sasaran empuk bagi seseorang yang mengetahui kamu itu orang baik yang pastinya bakal susah menolak permintaan. Jika memang iya seperti itu, yuk simak beberapa tips menjaga kebaikanmu agar tidak sembarang orang menganggapmu gampanng untuk di manfaatkan.

1. Jangan Malu Untuk Menolak

Bila setiap kali ada permohonan bantuan kamu selalu menyanggupi, maka di pastikan orang lain bakalan terbiasa untuk mengandalkanmu. Untuk mengatasi kesan kamu mudah di manfaatkan, maka alangkah baiknya untuk sekali-kali menolak permintaan dari orang lain. Kamu harus berusaha membuat orang lain mengerti bahwa waktumu tidak hanya di habiskan hanya untuk membantunya.

menolak
menolak [ image source ]

Mungkin kamu bisa melatihnya dengan ketika kamu menerima ajakan nongkrong dari teman-temanmu. Untuk sesekali cobalah untuk menolaknya meski terbilang agak sulit menolaknya, kamu harus bisa melatih hal itu agar orang lain mengerti dengan waktumu. Jika kamu sudah bisa melakukan ini, maka orang lain akan berpikir bahwa kamu akan terlihat tidak selalu memiliki banyak waktu untuk di manfaatkan.

2. Beri Waktu Untuk Dirimu Sendiri

Jika kamu adalah termasuk orang baik yang sibuk dengan banyak membantu kehidupan orang lain maka bisa di pastikan kamu adalah salah satu orang yang super sibuk di keseharianmu. Kamu bakalan segan untuk menolak permintaan seseorang, memang sih tidak ada jeleknya membantu orang lagi butuh bantuan. Tapi kamu juga harus mulai mencoba meluangkan waktu untuk dirimu sendiri, agar nantinya orang mengerti bahwa kamu juga butuh waktu untuk kamu lalui sendiri.

meluangkan waktu untuk diri sendiri
meluangkan waktu untuk diri sendiri [ image source ]

Cobalah jadwalkan waktu untuk dirimu sendiri, jika memang ada yang membutuhkanmu maka kamu bisa melihat dari segi seberapa besar kepentingannya. Jika memang tidak sebegitu penting, maka kembaliha kepoin pertama bahwa kamu harus bisa menolaknya. Agar sesekali waktu kamu bisa menggunakan waktumu untuk kepentingan dirimu sendiri walaupun hanya untuk sekedar beristirahat di kamar kos.

3. Siapkan Alasan yang Masuk Akal

Rasa bersalah dalam menolak permintaan mungkin adalah salah satu hal yang tidak bisa kamu hindarkan ketika menjadi orang baik. Menjadi orang yang terlalu baik itu sejatinya menyiksa, bikin susah menolak apapun itu yang namanya permintaan. Mungkin hal tersebut karena orang baik merasa memiliki anggapan bahwa dirimu terlanjur telah memiliki jiwa sebagai penjamin kesejahteraan orang lain.

siapkan sebuah alasan yang tepat
siapkan sebuah alasan yang tepat [ image source ]

Kembali ke dasar poin pertama, sejatinya menjadi orang baik itu tidak lantas serta merta menuruti semua permintaan dari orang lain. Jika kamu seirng memaksakan diri demi kepentingan orang lain maka hal itu akan terus menyiksamu, untuk itu sesekali cobalah berani mengatakan tidak untuk saat-saat yang memang sepertinya tidak begitu genting. Namun jangan lupa untuk menolaknya kamu juga harus selalu menyiapkan beberapa alasan yang masuk akal, agar orang-orang mengerti keadaanmu.

4. Selalu Berpegang Teguh

Jka kamu adalah seseorang yang baik hati di dalam urusan kantor, maka pastinya tidak jarang rekan kerjamu pasti meminta bantuanmu. Meski dengan begitu rasa tidak enakan untuk menolak pastinya ada, bahkan kamu berpikir enggen menolak karena embel-embel demi kelancaran urusan di kantormu agar semua tidak kacau. Namun untuk menjadi orang baik di kantormu tidak harus selalu seperti itu, bolehlah sesekali dua kali membantu rekan kerjamu agar semuanya berjalan lancar.

harus selalu berpegang teguh pada pendirian
harus selalu berpegang teguh pada pendirian [ image source ]

Jika kamu sering banget membantu permintaan rekan kerjamu yang tidak termasuk dalam jobdeskmu, maka rekan kerjamu pasti bakalan terus meminta bantuanmu tanpa adanya usaha untuk mereka menyelesaikannya sendiri. Di sini kamu bakal terlihat menjadi orang baik yang gampang di manfaatkan, nah untuk itu kamu harus berani tegas menolak jika memang permintaan rekan kerjamu itu tidak sesuai dengan jobdesk yang telah di amanatkan untukmu. Hilangkan rasa khawatirmu, karena stidaknya kamu akan membuat seseorang belajar bertanggung jawab dengan apa yang di telah menjadi Jobdesknya.

5. Ekspresikan Dirimu

Lagi-lagi menolak permintaan orang adalah salah satu hal yang sangat sulit untuk di lakukan oleh para orang-orang baik. Rasa kemanusiaan yang tinggi membuat orang baik canggung untuk merasa bahwa sesuatu itu harus selalu di maklumi. Seperti contoh ketika sedang berada di antrian mungkin orang baik akan merasa canggung untuk memperingatkan seseorang yang menyerobot dengan beberapa alasan yang di paparkan. Namun perasaan itu memang wajar di miliki oleh setiap orang baik, namun ada kalanya kamu juga perlu untuk mengekspresikan dirimu terhadap orang-orang yang sedang memanfaatkanmu, agar mereka juga mengerti waktu yang kamu butuhkan.

sikap tegas
sikap tegas [ image source ]

Jika biasanya kamu enggan menolak permintaan dengan alasan yang masuk akal, kini kamu harus mencoba menolaknya dengan ekspresi yang kamu harus kamu keluarkan lewat mimik wajahmu. Tidak perlu berkata panjang lebar, cukup dengan tunjukkan mimik wajahmu yang seakan-akan memberikan sinyal bahwa kamu menolak permintaan tersebut. Sesekali tidak ada salanya untuk kamu tunjukkan sikap tegasmu agar orang lain menilai kamu benar-benar tidak bisa membantu permintaannya. Mungkin hal ini terlihat sulit di lakukan oleh orang baik, tapi setidaknya kamu harus belajar agar seseorang tidak menganggap remeh dirimu karena mudah untuk di manfaatkan.

Nah sahabat iyakan.com, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba lakukan untuk menjaga kebaikanmu agar kamu tidak terlihat mudah untuk di manfaatkan karena kamu terkesan sebagai orang yang lemah hatinya. Cobalah sesekali melatih untuk menolak permintaan yang sekiranya benar-benar tidak terlalu penting untuk dirinya, karena sejatinya hal itu bukanlah merupakan suatu kejahatan meskipun sebenarnya kamu tidak mau untuk menolaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *