Sedang memuat 5 Deretan Maskapai Penerbangan Paling Berbahaya Di Dunia, Salah Satunya Ada Di Indonesia

5 Deretan Maskapai Penerbangan Paling Berbahaya Di Dunia, Salah Satunya Ada Di Indonesia

Sejak berkembangnya zaman yang semakin modern, pesawat adalah salah satu alat transportasi yang paling sering di pilih untuk berpergian. Pasalnya menggunakan pesawat akan menjadikan seseorang menghemat waktu meskipun harus menempuh jarak yang lumayan jauh. Meskipun menggunakan pesawat dapat menghemat waktu untuk berpergian, namun bukan berarti tanpa sebuah resiko. Salah satu resiko yang paling fatal adalah kematian, dan semua itu bisa terjadi akibat pesawat rusak akibat badai atau yang lainnya.

pesawat terbang
pesawat terbang [ image source ]

Kecelakaan sebuah pesawat umumnya memang jarang sekali terjadi, namun jika terjadi maka bisa dipastikan akan merenggut nyawa sangat banyak. Seperti yang terjadi beberapa tahun yang lalu atas tragedi terburuk dari industri penerbangan mulai dari kecelakaan Asiana Airline hingga AirAsia yang jatuh di perairan Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. Terlepas dari kecelakaan pesawat yang pernah terjadi, ternyata hingga kini masih banyak beberapa maskapai penerbangan yang di cap sebagai maskapai paling berbahaya di dunia. Dan beberapa diantara maskapai-maskapai yang ada tersebut, ternyata salah satunya berasal dari Indonesia, nah dari pada penasaran yuk simak beberapa maskapai penerbangan yang di cap sebagai maskapai penerbangan paling berbahaya di dunia.

1. Maskapai Penerbangan SCAT Airlines

SCAT Airlines
SCAT Airlines [ image source ]

Maskapai SCAT Airline ini adalah maskapai penerbangan yang berasal dari Kazakhstan, dan maskapai ini adalah salah satu dari maskapai penerbangan yang sering di sebut sebagai maskapai penerbangan paling berbahaya di dunia. SCAT adalah singkatan dari Special Cargo Air Transport, merupakan maskapai penerbangan yang telah beroprasi sejak tahun 1997. Salah satu penyebab maskapai ini dicap sebagai maskapai penerbangan paling berbahaya di dunia adalah karena sering terjadinya kecelakaan yang sering menelan banyak sekali korban jiwa. Atas tragedi kecelakaan yang sering terjadi tersebut, maskapai SCAT kini di blacklist oleh komisi penerbangan Eropa karena dianggap maskapai tersebut tidak bisa menjamin keselamatan penumpangnya.

2. Maskapai Penerbangan TARA Air

TARA Air
TARA Air [ image source ]

Maskapai Tara Air adalah merupakan salah satu maskapai penerbangan yang berasal dari Nepal, dan ini adalah salah satu diantara dua maskapai paling berbahaya di Nepal. Pasalnya pesawat dari maskapai TARA air ini kerap sekali mendapatkan masalah. Dari beberapa masalah yang pernah ada, kebanyakan mengakibatkan terjadinya kecelakaan pesawat hingga menimbulkan banyak korban jiwa hingga meninggal dunia. Sama dengan maskapai sebelumnya, maskapai TARA air ini di anggap sebagai maskapai yang tidak bisa menjamin keselamatan penumpang. Meskipun begitu, maskapai ini kerap sekali di pilih untuk para pendaki gunung untuk menuju bukit himalaya tanpa melewati jalur darat.

3. Maskapai Penerbangan Kam Air

Kam Air
Kam Air [ image source ]

Maskapai Kam Air adalah salah satu maskapai yang ada di wilayah negara Afganistan, dengan mengantongi predikat maskapai penerbangan paling berbahaya nomer tiga di dunia. Seperti pada kebanyakan maskapai yang mendapat predikat paling berbahaya, Kam Air ternyata juga kerap sekali mengalami insiden yang sering menewaskan banyak penumpangnya. Selain mengantongi predikat sebagai maskapai penerbagan paling berbahaya di dunia, Kam Air juga sering di sebut sebagai maskapai penerbangan dengan tarif paling murah sedunia. Selama kurang lebih dalam kurun waktu 10 tahun beroprasi, jumlah total dari korban kecelakaan pesawat maskapai Kam Air ini telah mencapai 100 orang penumpang yang meninggal dunia.

4. Maskapai Penerbangan Nepal Airlines

Nepal Airlines
Nepal Airlines [ image source ]

Maskapai penerbangan Nepal Airlines adalah maskapai yang di nobatkan menduduki peringkat ke dua dari maskapai penerbangan paling berbahaya di dunia. Salah satu yang membuatnya meduduki peringkat tersebut adalah karena kondisi bandara yang terbilang cukup ekstrem karena pilot harus bisa mendaratkan pesawat dengan halangan pegunungan himalaya. Bukan menjadi perkara mudah bagi seorang pilot dari Nepal Airlines untuk mendaratkan pesawatnya dengan rintangan seperti gunung, hal fatal yang bisa terjadi adalah kecelakaan yang tragis. Sudah selusin kecelakaan pernah di alami Nepal Airline dalam kurun waktu 30 tahun terakhir ini, kendati demikian Nepal Airlines adalah salah satu maskapai penerbangan yang tidak pernah mengalami keterlambatan di jadwal penerbangannya.

5. Maskapai Penerbangan Lion Air

Lion Air
Lion Air [ image source ]

Dilansir dari merdeka.com, Maskapai penerbangan Lion Air menduduki peringkat pertama dari maskapai yang di cap sebagai maskapai penerbangan paling berbahaya di dunia. Meskipun Lion Air sangat jarang sekali mengalami kecelakaan parah selama beroprasi di Indonesia, namun pada kenyataannya maskapai penerbangan ini tetap konsisten di larang untuk terbang ke wilayah Uni Eropa. Menurut beberapa hasil survey dari weirdandamazingtravel.about.com, Lion Air dinilai masih belum cukup memberikan jaminan keamanan kepada para penumpangnya. Pasalnya maskapai penerbangan Lion Air ini sangat sering sekali mengalami keterlambatan hampir di setiap saat dan selain itu juga sering mengalami masalah pada bagian lambung pesawat selama beroperasi.

Nah sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa daftar maskapai yang di cap sebagai maskapai penerbangan paling berbahaya di dunia. Terlepas dari itu semua, keselamatan seseorang adalah merupakan bagian dari takdir yang telah di tetapkan oleh Tuhan. Untuk itu, kemanapun mau pergi setidaknya jangan lupa untuk selalu berdoa agar selalu di beri keselamatan hingga sampai tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *