Sedang memuat Pastinya Nggak Bikin Kapok Jalan-jalan Ke 5 Desa Ini, Kelestarian Budayanya Masih Terjaga, Pokoknya Masih Asri!!

Pastinya Nggak Bikin Kapok Jalan-jalan Ke 5 Desa Ini, Kelestarian Budayanya Masih Terjaga, Pokoknya Masih Asri!!

Untuk masalah kekayaan budaya, mungkin Indonesia nggak perlu di ragukan lagi karena memiliki banyak sekali beragam budaya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Beragam suku beserta adat istiadatnya tentu menambah kekayaan budaya Indonesia semakin lengkap. Bahkan dari sekian banyak tradisi adat dari suku-suku itu kini masih tetap di jaga kelestariannya dan mungkin ada beberapa yang terbilang masih sangat alami karena nggak mau tersentuh oleh dunia modern.

Desa Wisata Wae Rebo
Desa Wisata Wae Rebo [ image source ]

Budaya adalah salah satu hal yang dapat menjadi ciri dari identitas sebuah negara, oleh karena itu melestarikan kebudayaan dari warisan leluhur adalah salah satu program yang kini selalu di gencarkan oleh pemerintah. Mungkin pada kenyataannya tidak sedikit dari banyaknya budaya yang kini sudah mulai terancam punah. Namun meski demikian, ternyata masih banyak loh dari beberapa tempat yang ada di indonesia, warisan budaya dari leluhurnya masih sangat di jaga kelestariannya. Bahkan jika kamu berkunjung ke beberapa tempat ini pastinya bakal membuatmu kagum akan suasananya yang masih sangat alami. Yuk simak ulasan berikut tentang 5 desa yang kelestarian budayanya masih sangat terjaga.

1. Desa dari Suku Baduy Dalam

Suku Baduy atau suka menyebut dirinya denga nama Orang Kanekes adalah salah satu dari sekian banyak suku di Indonesia yang sampai kini masih menjaga kelestarian budaya dari warisan nenek moyang. Suku Baduy tinggal di wilayah barat pulau Jawah yang letaknya di Provinsi Banten, mereka tinggal di suatu desa yang masih asri dan memegang teguh adat istiadatnya. Desa suku Baduy tergolong masih sangat terisolasi dengan dunia modern, jika kamu berkunjung ke desa ini kamu nggak akan di perbolehkan membawa gadget dan harus tunduk dengan segala ketentuan adat yang telah di tetapkan .

Desa Suku Baduy Banten
Desa Suku Baduy Banten [ image source ]

Salah satu daya tarik dari desa ini adalah lingkungannya yang masih sangat begitu alami dan keindahannya bakal membuatmu nyaman untuk tinggal di sini. kamu bakal di manjakan dengan pesona alam perbukitan hijau dan sungai yang masih jernih. Ingat, di kampung ini kamu nggak boleh mandi dengan menggunakan sabun atau lainnya yang terbuat bahan kimia. Nggak kebayang kan bagaimana kehidupanmu disana bakal seperti orang yang benar-benar masih alami.

2. Desa dari Suku Loli

Jika sebuah desa adat itu identik dengan letaknya yang jauh dengan kehidupan kota, mungkin untuk desa yang satu ini berbeda karena desa adat ini terletak di tengah kemajuan kehidupan kota. Desa ini adalah desa di mana suku Loli menyebutnya dengan kampung tarung terletak di wilayah kota Sumba Barat. Meskipun letaknya tidak jauh dari kehidupan modern, kelestarian adat istiadatnya ternyata masih sangat terjaga dan tidak mempengaruhi kehidupan masyarakat suku Loli.

Desa Suku Loli Sumba Barat
Desa Suku Loli Sumba Barat [ image source ]

Desa ini juga menjadi salah satu desa adat yang banyak di jadikan sebagai tempat wisata, selain memiliki bentuk rumah adatnya yang begitu unik, kamu juga akan di sajikan dengan keindahan alam yang begitu mempesona. Keunikan lainnya dari desa ini adalah terdapat sebuah kuburan batu megalitikum di tengah desa yang oleh suku Loli di sebut dengan Waruga. Jangan lupa ya kalau kamu berkunjung ke tempat ini untuk membeli oleh-oleh buat orang rumah berupa kain tenun khas Sumba yang nggak kalah bagusnya dengan kain tenun di wilayah lainnya.

3. Desa Trunyan di Bali

Jika sebuah desa adat biasanya memiliki keunikan tersendiri dari dari segi bangunan tempat tinggal atau keindahan alamnya, desa Trunyan mungkin memiliki keunikan tradisi adat yang nggak bakal kamu temui di desa adat lainnya. Jika kamu berkunjung di desa Trunyan, jangan heran jika kamu melihat mayat yang sengaja di letakkan di bawah pohon atau kamu melihat tengkorak manusia yang banyak di desa ini. Fenomena inni adalah salah satu tradisi yang sampai saat ini masih di lestarikan hingga kini, serem kan?

Desa Trunyan Bali
Desa Trunyan Bali [ image source ]

Mungkin tradisi yang masih di lestarikan sedikit terbilang ngeri dan seram, namun fenomena itulah yang menjadikan desa yang terletak di kabupaten Bungli Bali ini menjadi sangat istimewa. Tidak sedikit para wisatawan yang berkunjung ke Bali menjadikan desa Trunyan sebagai salah satu tujuan wisata yang nggak boleh terlewatkan. Bagi kamu yang penasaran dengan adanya mayat yang di letakkan begitu saja di bawah pohon dengan ribuan tengkorak yang ada di sana, coba deh kamu kunjungi desa Trunyan ini kalo lagi berlibur ke Bali.

4. Desa Wae Rebo

Desa Wae Rebo adalah salah satu desa budaya yang di nobatkan sebagai desa budaya tercantik dan pertama yang ada di Indonesia, yang bikin hebatnya lagi dunia juga telah mengakuinya sebagai desa budaya paling indah. Desa Wae Rebo terletak di kepulauan Nusa Tenggara Timur, pastinya terletak di wilayah kecamatan satar masem, Kabupaten Manggarai. Salah satu pesona unik yang ada di desa ini adalah dengan adanya 7 bangunan unik berbentuk kerucut yang telah lama berdiri kukuh hingga sekarang.

Desa Wae Rebo Nusa Tenggara Timur
Desa Wae Rebo Nusa Tenggara Timur [ image source ]

Pra pengunjung atau wisatawan yang datang ke sini biasanya dari turis asing, mereka datang dengan tujuan ingin merasakan sensasi akan ketenangannya alam liar. Keindahan alam di sekitar desa ini bakalan membuatmu nggak terburu-buru untuk mengakhiri wisatamu di desa ini. Fenomena sunrise yang indah bakal kamu temui di desa ini ketika pagi menjelang dengan kabut tipis yang menyelimuti keluarnya sinar merah matahari yang indah sambil menyeruput kopi khas Flores pastinya bakal membuat kegalauanmu menjauh.

5. Desa Kete Kesu

Desa Kete Kesu adalah merupakan salah satu desa budaya yang menjadi desa megalitikum tercantik di Indonesia. Kalau kamu lagi berwisata di daerah Sulawesi Selatan, rasanya nggak afdol kalo kamu nggak mampir ke Desa Kete Kesu yang berada kampung Bonoran, kelurahan Tikunna, kecamatan sanggalangi di Toraja Utara. Desa Kete Kesu adalah merupakan salah satu dari wujud kehidupan masyarakat Tana Toraja masa lampau yang hingga kini masih terjaga kelestariannya.

Desa Kete Kesu Toraja
Desa Kete Kesu Toraja [ image source ]

Para masyarakat di desa ini sangat menjunjung sekali adat dan budaya dari warisan para leluhur, salah satu wujudnya adalah masih terjaganya bangunan adat yang mungkin umurnya sudah ratusan tahun lamanya. Desa ini merupakan desa budaya yang menyajikan paket lengkap berwisata dari wisata alam, budaya dan sejarah yang bakal membuatmu puas deh mengunjungi desa Kete Kesu.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai desa budaya yang masih terjaga sampai sekarang adat dan kebudayaannya. Meskipun Desa budaya telah berdiri lauh lamanya hingga sekarang, namun tekad dari para masyarakatnya untuk melestarikannya harus senantiasa kita acungi jempol, bahkan perlu kita contoh. Sekali lagi Indonesia memang gudangnya untuk masalah kebudayaannya, dan nggak di ragukan lagi bahwa keindahan alam yang tersaji juga nggak kalah indahnya. Mulai kini bagi kamu yang belum mengunjungi tempat-tempat tersebut, nggak ada salahnya kan untuk menjadikan tempat itu kedalam daftar tujuan wisatamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *