Sedang memuat 5 Desa Terunik Yang Hanya Ada Di Indonesia, Nggak Percaya Dengan Keunikannya Silahkan Kesini

5 Desa Terunik Yang Hanya Ada Di Indonesia, Nggak Percaya Dengan Keunikannya Silahkan Kesini

Indonesia memang merupakan salah satu negara yang di kenal memiliki beragam suku dan budaya yang tersebar di setiap daerah. Bahkan banyak yang bilang kalau negara Indonesia itu lengkap banget yang tidak hanya mencakup keindahan alamnya saja, melainkan juga kaya akan segala sesuatunya yang unik. Beberapa hal unik tersebut memang sangat beragam, dari mulai, beragam manakan unik, tradisi dan tempat-tempatnya yang juga unik.

salah satu kampung unik di luar negeri
salah satu kampung unik di luar negeri [ image source ]

Ngomongin soal keunikan tempatnya, tahu tidak ternyata di Indonesia itu memiliki bebrapa desa yang bisa di kategorikan sebagai desa yang sangat unik. Beberapa keunikannya meliputi dari nama, bangunan atau mitos yang membuat desa ini memiliki ciri khas yang menjadikannya unik. Dari pada penasaran mana saja desa terunik yang ada di Indonesia, yuk simak ulasan berikut ini tentang 5 desa terunik yang harus kamu ketahui.

1. Desa Hujan Atau Kampung Yang Selalu Hujan

Disebut dengan desa atau kampung hujan karena memang setiap harinya desa ini selalu di turuni hujan. Nama asli dari desa ini adalah desa Kwatisore yang berasal dari kata “kawatir sore” kemudian di juluki dengan desa hujan karena fenomena alamnya yang di bilang unik di setiap sore hari akan hujan. Letak desa atau kampung ini berada di wilayah Nabire, Papua Barat, tepatnya di area kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih.

kampung hujan nabire papua barat
kampung hujan nabire papua barat [ image source ]

Keunikannya membuat banyak para wisatawan mengunjungi desa ini, terlebih dengan yang penasaran dengan keunikannya yang setiap hari di guyur hujan. Hal menarik lainnya adalah kebanyakan penduduk di desa ini menjadikan binatang buas sebagai hewan peliharaan salah satunya adalah buaya. Kalau kamu penasaran dengan keunikannya desa atau kampung ini, coba deh kalau ada waktu kamu sempatin berkunjung ke desa Kwatisore.

2. Desa Yang Banyak Dihuni Orang Keterbelakangan Mental

Mungkin dari julukannya saja kamu bakal mengira bahwa desa ini merupakan sejenis panti rehabilitasi yang merawat orang berketerbelakangan mental. Namun pada dasarnya desa ini bukan panti rehabilitasi, melainkan kampung memang masyarakatnya banyak yang mengalami keterbelakangan mental. Desa ini terletak di wilayah Ponorogo, Jawa Timur, dan jumlah desa ini tidak hanya satu melainkan ada tiga desa yaitu Patihan, Pandak, dan Sidoharjo.

kampung yang banyak di huni orang keterbelakangan mental di ponorogo
kampung yang banyak di huni orang keterbelakangan mental di ponorogo [ image source ]

Konon kabarnya, kondisi dari masyarakat yang mengalami keterbelakangan mental mulai ada sejak tahun 1970-an. Banyak yang mengatakan bahwa faktor penyebab penduduk mengalami keterbelakangan mental di ketahui karena faktor kondisi desa yang kering dan gersang. Kondisi alam tersebut yang kemudian menyebabkan penduduk desa ini tidak bisa bercocok tanam gara-gara tanah yang tandus, sehingga menyebabkan para penduduknya kekurangan asupan gizi yang mendukung proses perkembangan otak.

3. Desa Teletubbies Yang Seluruh Rumahnya Mirip Rumah Teletubbies

Untuk desa unik berikut ini berada di wilayah Yogyakarta dan kini menjadi salah satu desa yang sering dijadikan tujuan wisata oleh banyak orang. Banyak yang penasaran dengan keberadaan desa ini karena bangunannya yang di katakan unik yang tidak selazimnya seperti bentuk rumah orang kebanyakan. Bagi yang penasaran dan ingin mengunjungi desa ini lokasi desa ini berada di dusun Ngelepen, desa Sumberharjo, Prambanan, Sleman.

desa teletubbies di yogyakarta
desa teletubbies di yogyakarta [ image source ]

Banyak yang menyebut kampung ini dengan kampung Teletubbies, tentu bukan karena adanya Teletubbies melainkan bentuk rumah yang ada mirip dengan yang ada di film Teletubbies. Selain di juluki sebagai rumah Teletubbies, rumah di desa ini juga di juluki sebagai rumah Dome. Semua bangunan ini di rancang agar tidak mudah runtuh saat terjadi gempa, karena pada dasarnya bangunan rumah tersebut di bangun pasca terjadinya gempa besar di Yogyakarta tahun 2006 silam.

4. Desa Kepiting Yang Penduduknya Mengalami Kelainan Yang Unik

Sebagian orang pasti mengira bahwa desa kepiting merupakan desa yang merupakan sentra penghasil kepiting atau banyak terdapat kepiting. Jika orang mengira seperti itu, maka banyak orang yang akan kecewa jiuka berkunjung ke desa ini karena memang desa ini bukan penghasil kepiting. Melainkan desa ini banyak terdapat orang yang mengalami kelainan unik berupa cacat pada jari tangan yang menyerupai bentuk capit kepiting.

salah satu penduduk desa kepiting
salah satu penduduk desa kepiting [ image source ]

Desa kepiting ini berada di dusun Ulutaue, desa Mario, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Kelainan fisik di kampung ini terjadi sudah berlangsung sejak lama dan merupakan kelainan yang turun menurun dari nenek moyang. Sedangkan menurut ilmu pengetahuan, penyakit ini sering di sebut dengan Lobster Claw Syndrome atau Etrodactyly yang merupakan penyakit genetika penyebab terjadinya cacat pada jari tangan atau kaki.

5. Desa Kasuran Yang Penduduknya Memiliki Kebiasaan Tidur Aneh

Desa atau kampung terakhir yang masuk dalam kategori desa unik di Indonesia adalah desa Kasuran yang lokasinya tepatnya berada di desa Kasuran berada di Dusun Kasuran, Margodadi, Sayegan, Sleman, Yogyakarta. Sekilas memang tidak ada yang unik dari desa ini jika di lihat dari luar, namun jika kamu mencoba masuk ke setiap rumah di desa ini maka sesuatu yang tidak akan kamu temui adalah berupa kasur atau tempat tidur terutama yang berbahan kapuk.

desa kasuran sleman
desa kasuran sleman [ image source ]

Meskipun tidak semuanya, namun di perkirakan hanya sekitar 10 persen yang menggunakan busa sebagai alas tidur di kampung ini dan selebihnya hanya menggunakan tikar atau dipan tanpa kasur. Fenomena unik ini terjadi karena kepercayaan sesepuh yang melarang penduduknya tidur menggunakan kasur karena akan membawa kesialan yang bisa berbentuk apapun itu. Meski tidak ada larangan secara tertulis berkaitan mitos tersebut, namun banyak tragedi yang telah terjadi akibat menyalahi larangan tersebut.

Sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa desa yang di kategorikan sebagai desa terunik di Indonesia. Mungkin keunikannya tersebut hanya bisa di temui di Indonesia saja, dan mungkin masih banyak sekali desa unik lainnya di Indonesia yang belum sempat terekspos. Kalau menurutmu, mana diantara desa unik tersebut yang ingin kamu kunjungi pertamakali?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *