Sedang memuat 5 Fakta Ilmiah Yang Baru Saja Di Ungkap Oleh Para Ilmuwan Ini Ternyata Sejak Dulu Sudah Ada Dan Tertulis Di Dalam Al-Qur’an

5 Fakta Ilmiah Yang Baru Saja Di Ungkap Oleh Para Ilmuwan Ini Ternyata Sejak Dulu Sudah Ada Dan Tertulis Di Dalam Al-Qur’an

Dari zaman dahulu hingga kini, manusia telah banyak mempelajari tentang segala sesuatunya yang ada di dunia ini. Dari berbagai macam hal yang di pelajari, mungkin beberapa diantaranya telah menemukan titik temu dari asal usulnya, namun sebagian juga masih menjadi misteri yang hingga kini masih di teliti asal usulnya. Dibalik semua hal tersebut, beberapa fakta ilmiah yang baru ditemukan oleh para ilmuan akhir-akhir ini ternyata sejatinya sudah ada dan dijelaskan pada kitab suci Al-Qur’an. Nah daripada tambah penasaran tentang apa saja fakta ilmiah yang ternyata sudah ada dan dijelaskan dalam Al-Qur’an sejak berabad-abad yang lalu, yuk simak aja ulasan berikut ini.

1. Asal Usul Besi

asal usul besi
asal usul besi [ image source ]

Para ilmuwan berhasil menemukan fakta mengejutkan bahwa ternyata besi bukan berasal dari bumi, melainkan berasal dari batuan meteroit yang berjatuhan ke bumi jutaan tahun yang lalu. Sedangkan dalam Al-Qur’an hal tersebut sudah dijelaskan dalam surah Al-Hadiid ayat 25 yang tertulis :

“ …Dan Kami ciptakan/turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan hebat dan banyak bermanfaat bagi manusia ( supaya manusia mempergunakan besi itu ) “

Kata “turunkan” dalam kutipan surah diatas menjelaskan bahwasannya besi memang bukan berasal dari bumi, melainkan diturunkan oleh ALLAH SWT dari langit agar bisa dimanfaatkan untuk kepentingan manusia.

2. Penghantar Rasa Sakit

organ kulit yang menerima rasa sakit
organ kulit yang menerima rasa sakit [ image source ]

Para Ilmuwan telah mengemukakan bahwa indera penghantar dari rasa sakit bukan itu terletak pada otak manusia, melainkan pada kulit manusia. Tentu tanpa adanya penghantar rasa sakit tersebut, manusia tidak akan bisa merasakan sakit. Sedangkan dalam Al-Qur’an telah menyebutkan hal itu dalam surah An-Nisaa ayat 56 yang tertulis:

“ Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat kami, kelak akan dimasukkan kedalam neraka. Setiap kulit mereka akan hangus lalu kami akan ganti dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan adzab. Sesungguhnya ALLAH Maha Perkasa Lagi Maha Bijaksana.”

Dalam ayat tersebut sangat tegas menjelaskan bahwa kulit merupakan penghantar dari rasa sakit karena mendapatkan adzab. Sedangkan penemuan tentang kulit sebagai penghantar rasa sakit sendiri adalah penemuan fakta terbaru dalam ilmu biologi.

3. Ombak di Lautan Dalam

ombak di dalam laut
ombak di dalam laut [ image source ]

Akhir-akhir ini ahli oceanography mengungkapkan bahwa ombak tidak hanya dapat terjadi di atas permukaan laut, melainkan juga dapat terjadi di dalam laut. Untuk mengetahui ombak di dalam laut memang diperlukan alat khusus, sedangkan di dalam Al-Qur’an fenomena tersebut telah tertulis di surah An-Nuur ayat 40 yang tertulis :

“ Atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak yang diatasnya ombak ( pula ) diatasnya ( lagi ) awan gelap gulita yang tindih bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, dan barang siapa yang tiada diberi cahaya petunjuk oleh ALAH tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun “

4. Air Awal Mula Kehidupan di Dunia Ini

air awal mula sumber kehidupan
air awal mula sumber kehidupan [ image source ]

Ilmu pengetahuan modern menemukan fakta bahwa seluruh makhluk hidup tersusun dari sel yang dimana sel tersebut tersusun dari komposisi air. Fakta tersebut baru diketahui setelah ditemukannya alat yang bernama mikroskop, namun ternyata hal tersebut sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an di surah Al-Anbiyaa Ayat 30 yang tertulis :

“ Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwasannya langit dan bumi itu keduanya adalah satu padu, kemudian kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air kami jadikan segala sesuatunya yang hidup. Maka mengapalah mereka tiad beriman “

5. Langit Yang Melindungi Bumi

langit bumi adalah pelindung
langit bumi adalah pelindung [ image source ]

Ilmu pengetahuan modern baru menemukan bahwa langit adalah merupakan pelindung bumi pada abad ke-20. Pelindung baik dari meteor, radiasi sinar matahari, dan yang lainnya, sedangkan pada abad ke 7 di dalam Al-Qur’an telah tertulis semua itu tentang langit adalah sebagai pelindung dalam surah Al-Anbiya ayat 32 :

“Dan Kami menjadikan langit itu sebagai atap yang terjaga, sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda ( kekuasaan ALLAH ) yang terdapat padanya.”

Sahabat iyakan.com, itulah beberapa poin tentang ilmu pengetahuan yang baru terungkap namun sejatinya sudah lama tertulis di dalam Al-Qur’an. Semoga dengan adanya artikel ini, pembaca khususnya kamu yang beragama Islam dapat tertarik untuk lebih dalam memperlajari tentang Al-Qur’an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *