Sedang memuat 5 Fakta Lucu Tentang TNI Zaman Dahulu Yang Bikin Gemes Tentara Zaman Sekarang

5 Fakta Lucu Tentang TNI Zaman Dahulu Yang Bikin Gemes Tentara Zaman Sekarang

terimakasih wahai para pejuang, atas jasamu INDONESIA Merdeka!! BRAVO TNI

Meski rakyat Indoensia memiliki kisah perjuangan yang cukup pahit dengan harus bersusah payah mengusir penjajah. Namun pada faktanya dalam segi peringkat dunia kemiliteran, Indonesia termasuk dalam peringkat 15 besar sebagai negara yang memiliki kekuatan militer terkuat di dunia. Lebih hebohnya lagi, perolehan peringkat tersebut kabarnya telah membuat Indonesia mengungguli negara Israel dan Korea Utara yang pada tahun-tahun sebelumnya telah jauh meninggalkan Indonesia. Tentu semua hal tersebut tidak lain adalah karena kemampuan TNI yang semakin hari semakin meningkat kualitasnya. Ngomongin soal masalah TNI, pernah tahu nggak kalau ternyata TNI di zaman dahulu itu lebih lucu ketimbang tentara zaman sekarang. Bukan maksud membedak-bedakan antara TNI Zaman dulu dengan zaman sekarang, tapi berikut ini adalah hal lucu yang bikin gemes TNI zaman sekarang.

1. Berani Mengemudikan Pesawat Langsung Jadi TNI Angkatan Udara

berani naik pesawat langsung jadi TNI AU
berani naik pesawat langsung jadi TNI AU [ image source ]

Di masa perjuangan mengusir penjajah, ternyata untuk bisa menjadi anggota TNI Angkatan Udara itu tidak sesulit zaman sekarang. Pasalnya untuk bisa bergabung dalam kesatuan TNI AU hanya memiliki syarat untuk berani naik pesawat. Salah satu alasannya adalah karena pada zaman dahulu Indonesia sudah tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan rekruitmen menjadi pasukan.

2. Naik Pangkat Hanya Dalam Waktu Hitungan Jam

naik pangkat hanya dalam hitungan jam
naik pangkat hanya dalam hitungan jam [ image source ]

Pada zaman sekarang, untuk bisa naik pangkat jabatan dalam kemiliteran tentu harus melalui proses dan waktu yang tidak bisa dikatakan singkat. Namun di zaman dahulu untuk naik pangkat bisa di dapat hanya dalam hitungan jam. Syaratnya hanya cukup memiliki banyak pengikut untuk ikut berjuang, seperti halnya yang pernah dilakukan oleh Bung Karno yang mengangkat prajurit dari letnan menjadi mayor hanya dalam hitungan jam.

3. Satu Senapan Untuk 5 Prajurit

satu senjata untuk 5 orang
satu senjata untuk 5 orang [ image source ]

Untuk hal yang satu ini mungkin TNI zaman sekarang lebih beruntung dalam soal kepemilikan senjata yang dimana setiap satu orang prajurit mendapatkan satu jatah senjata. Berbeda dengan dimana zaman dahulu satu senjata justru harus di pakai bergantian untuk 5 orang prajurit. Tentu semua itu lantaran bangsa Indonesia belum dapat membuat senjata seperti senjata api. Senjata yang di pakaipun adalah senjata hasil dari senjata Jepang maupun Belanda.

4. Seragam Prajurit Yang Lebih Bagus Dari Komandannya

seragam prajurit yang lebih bagus dari komandannya
seragam prajurit yang lebih bagus dari komandannya [ image source ]

Dalam perjuangan mengusir penjajah, para tentara Indonesia masih banyak prajurit yang nggak memakai baju militer. Yang dipakai hanyalah baju yang menempel pada tubuhnya saja, sekalipun beruntung beberapa prajurit bisa mendapatkan baju militer dari pihak musuh. Oleh karenanya tidak sedikit kejadian menemukan komandan yang bajunya lebih kusuh dari anak buahnya adalah merupakan hal yang lumrah terjadi.

5. Untuk Jadi Perwira Tidaklah Sesulit Zaman Sekarang

menjadi perwira tidak terlalu sulit
menjadi perwira tidak terlalu sulit [ image source ]

Pada zaman dahulu di masa perjuangan, untuk menjadi seorang perwira tidaklah terlalu sulit seperti sekarang. Syaratnya adalah mampu membawa senjata hasil dari rampasan perang dan menunjukkannya. Bahkan Bung Karno pernah bilang “ seorang sukarelawan yang mendaftarkan diri dengan 10 anak buahnya akan menjadi kopral, bila memimpin 20 orang akan menjadi sersan, dan jika berhasil membawa senapan dan geranat selundupan maka ia menjadi perwira”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *