Lakukan 5 Peregangan ini di Kantor, Biar Bikin Rileks Dan Nggak Gampang Capek

Dalam prosedur berolah raga melakukan peregangan adalah salah satu hal yang wajib di lakukan. Salah satunya adalah berfungsi sebagai gerakan yang dapat melemaskan sendi-sendi dan otot agar tidak terjadi kejang. Efek kejang sendiri tentunya memiliki banyak dampak buruk, yaitu salah satunya adalah dapat mengakibatkan cidera otot yang serius hingga mengakibatkan kelumpuhan. Maka dari itulah seseorang jangan pernah sampai mengabaikan peregangan sebelum aktivitas olah raga agar anggota tubuh tidak mudah mengalami cidera.

peregangan yang bisa di lakukan di kantor
peregangan yang bisa di lakukan di kantor [ image source ]

Peregangan sejatinya bukanlah salah satu prosedur mutlak yang harus dilakukan pada saat menjalani aktivitas olahraga saja, melainkan juga bisa dilakukan pada aktivitas lainnya. Salah satunya juga bisa di lakukan untuk meregangkan otot-otot ketika sedang berada di kantor. Salah satu keuntungannya melakukan peregangan saat di kantor adalah dapat membuat otot-otot yang tengang menjadi rileks kembali sehingga dalam bekerja bisa kembali nyaman. Jika kamu ingin melakukan peregangan di kantor, kamu bisa mencoba gerakan peregangan berikut ini biar seluruh badanmu tidak tegang saat bekerja.

1. Chest Opener Stretch

Chest Opener Stretch
Chest Opener Stretch [ image source ]

Gerakan peregangan yang pertama bisa kamu lakukan di kantor saat menjalani aktivitas berkerja adalah Chest Opener. Fungsi dari peregangan ini adalah untuk meregangkan otot-otot di wilayah dada yang cenderung terhimpit oleh lengan akibat rutinitas seperti mengetik atau sering mengangkat barang berat. Cara melakukan gerakan peregangan ini adalah dengan cara meletakkan mempertemukan kedua jari tangan di belakang punggung, kemudian luruskan lengan lalu tarik secara perlahan sekuat-kuatnya ke arah belakang dengan menahannya kurang lebih selama 10 detik. Lakukanlah peregangan tersebut dengan sekurang-kurangnya 3 kali dan nikmati sensasi yang akan melemaskan otot yang tegang di area tangan, dada dan punggung. Gerakan tersebut bisa kamu lakukan dengan posisi duduk ataupun dalam posisi berdiri.

2. Hip Release Stretch

Hip Release Stretch
Hip Release Stretch [ image source ]

Bagi kamu yang dalam pekerjaannya di bebani harus mengerjakannya dengan hanya duduk-duduk dengan jangka waktu yang lama, maka cobalah untuk melakukan peregangan Hip Release. Fungsinya adalah melemaskan otot pada bagian punggung dan pinggul yang kerap membuat seseorang menjadi bungkuk. Cara melakukannya adalah dengan melakukan gerakan seperti melangkah, yaitu gerakkan satu kaki ke depan hingga membentuk sudut 90 derajat. Lalu untuk kaki belakang posisikan lutut hingga menyentuh lantai hingga otot bagian pinggul tertarik. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka cobalah untuk angkat kedua tangan hingga di atas kepala lalu tahan setidaknya 10 detik. Agar benar-benar dapat melemaskan otot punggung dan pinggul maka lakukanlah sebanyak 3 kali.

3. Trunk Rotation Stretch

Trunk Rotation Stretch
Trunk Rotation Stretch [ image source ]

Untuk melakukan peregangan yang satu ini mungkin harus mencari tempat yang lebih leluasa, pasalnya Trunk Rotation harus dilakukan dengan cara berbaring di lantai. Peregangan ini masih berkaitan untuk melemaskan otot di area pinggul, yang salah satunya untuk melancarkan peredaran darah di area punggung. Cara melakukan Trunk Rotation adalah dengan cara berbaring di lantai, rentangkan kedua tangan kemudian gerakkan kaki kiri ke bagian sisi bagian kanan tubuh dan tahan selama 10 detik. Saat melakukan gerakan, pastikan tangan yang di rentangkan dan posisi badan tidak berubah posisi lalu lakukan secara bergantian dengan kaki yang satunya. Peregangan ini sangat cocok untuk rutin di lakukan setiap hari saat berada di kantor, guna memperlancar peredaran darah di bagian pinggul.

4. Shoulder Roll Stretch

Shoulder Roll Stretch
Shoulder Roll Stretch [ image source ]

Mengetik terlalu lama tentunya akan membuat seseorang merasakan letih, salah satunya adalah pada bagian mata dan leher. Jika memang kamu sering merasakan letih di bagian tersebut saat bekerja, maka cobalah melakukan peregangan Shoulder Roll. Shoulder Roll adalah relaksasi dengan menggerakkan bagian bahu dengan pola memutar. Setidaknya lakukan gerakan tersebut sebanyak 20 kali, dengan bergantian arah putarannya. Untuk hasil yang lebih maksimalnya, sebaiknya sebelum melakukan peregangan ini cobalah untuk melemaskan otot leher dengan cara menahan bagian kepala kearah satu sisi kanan, kiri, depan belakang secara bergantian. Selain dapat melemaskan otot pada bagian leher, Shoulder Roll juga dapat membuat otot bagian bahu menjadi rileks kembali.

5. Head To Toe Strech

Head To Toe Strech
Head To Toe Strech [ image source ]

Untuk peregangan yang terakhir yang bisa kamu coba di kantor adalah melakukan gerakan Head To Toe Strech. Gerakan peregangan ini bisa di lakukan dengan dua cara yaitu dengan posisi berdiri atau dengan posisi duduk di lantai dengan kaki yang sepenuhnya di rentangkan ke lantai. Gerakan ini mungkin adalah peregangan yang paling optimal mengena dalam melemaskan otot dari leher hingga kaki. Caranya adalah dengan melakukan gerakan kepala mencium lutut dengan posisi kaki benar-benar lurus dengan jari tangan menyentuh ujung kaki. Bagi orang yang jarang melakukan peregangan, gerakan ini mungkin akan sangat sulit untuk di praktekan. Namun meskipun sulit, ternyata manfaatnya menjangkau dari otot leher hingga ujung kaki.

Sabahat iyakan.com, itulah tadi beberapa contoh peregangan yang bisa kamu praktekkan di kantor yang pastinya dapat membantu merilekskan otot-otot yang tegang. Nggak ada salahnya loh kamu mencobanya di kantor, karena peregangan yang kamu lakukan akan membawa dampak baik bagi kesehatan ototmu, terlebih akan membuatmu lebih rileks kembali dalam aktivitas pekerjaan yang mungkin melelahkanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *