Sedang memuat 5 Hal Penting Yang Wajib Di Ketahui Para Penderita Mata Minus !!

5 Hal Penting Yang Wajib Di Ketahui Para Penderita Mata Minus !!

Menderita rabun mata memang menjadi banyak kendala dalam penglihatan seseorang, namun pada kenyataannya penderita mata minus kini sudah semakin banyak. Persoalan mata minus mungkin banyak di derita selain dari keturunan juga bisa karena kurangnya memperhatikan kesehatan mata. Pada umumnya penyakit mata minus semakin hari akan selalu bertambah parah jika memang tidak mendapatkan perhatian khusus dalam menjaga kesehatan mata.

mata minus
mata minus [ image source ]

Memiliki mata sehat sejatinya adalah dambaan setiap dari manusia, namun beberapa faktor dari pola hidup yang kurang sehat menjadikan kendala mata kita menjadi minus. Bagi yang sudah terkena penyakit mata minus, salah satu opsinya hanyalah sengan memakai kacamata. Namun memakai kacamata pun tidak serta merta memberikan kesembuhan bagi si penggunnanya. Nah bagi kamu yang nggak pengen minus di matamu semakin bertambah parah, yuk simak mengenai beberapa hal yang harus di hindari bagi penderita mata minus agar tidak menjadi semakin parah.

1. Jangan Terlalu Dekat Dengan Layar Monitor

Meski tidak semuanya mengalami minus yang parah, salah satu hal yang harus di perhatikan juga oleh penderita minus yang masih minim yaitu disarankan jangan terlalu dekat dengan layar monitor. Memiliki pekerjaan yang mengharuskan selalu berada di depan monitor komputer atau perangkat lainnya memang menjadi salah satu kendala untuk kesehatan mata. Tidak sedikit orang mengalami mata minus akibat rutinitasnya dalam bekerja di depan monitor, aktifitas menatap monitor membuat mata menjadi ekstra bekerja dalam tugasnya.

Jangan Terlalu Dekat Dengan Layar Monitor
Jangan Terlalu Dekat Dengan Layar Monitor [ image source ]

Bagi kamu yang mengalami minus meskipun masih sebesar nol koma, maka sebaiknya mulai sekarang jaga kesehatan matamu dengan memberi jarak baca yang aman saat berada di depan monitor agar matamu tidak terlalu ekstra bekerja alias tidak terlalu tegang. Paling tidak kamu harus bisa membatasi matamu dengan jarak baca minimal 40cm hingga 75cm dari depan monitor. Jangan terlalu terpaku selalu melihat monitor, untuk sesekali lakukanlah refresh mata minimal dalam 30 menit sekali dengan tidak menatap monitor selama 2 menit agar ketegangan di matamu bisa kembali rileks.

2. Lepas Kacamata Jika Tidak di Perlukan

Mungkin kebiasaan dari beberapa orang yang terkena mata minus itu berbeda-beda, ada yang menyadari akan kesadaran menjaga kesehatan mata itu penting atau ada juga yang tidak begitu memperdulikannya. Tidak semua orang mungkin mengerti bahwa beberapa kebiasaannya bisa bikin tambah parah mata minusnya. Salah satu hal yang sering di anggap remeh adalah ketika tidur lupa untuk melepas kacamatanya. Melepas kacamata saat tidur dan melepas ketika tidak begitu di perlukan adalah merupakan bagian dari kunci kesuksesan agar tingkat minus mata tidak bertambah.

Lepas Kacamata Jika Tidak di Perlukan
Lepas Kacamata Jika Tidak di Perlukan [ image source ]

Dalam posisi tidur, adalah merupakan posisi rileks yang sangat baik untuk mengendorkan saraf mata yang tegang. Lupa melepas kacamata saat tidur bisa mengakibatkan terhambatnya sirkulasi darah menuju ke mata akibat terkena tekakan dari frame yang menempel di bagian pelipis kepala. Terhambatnya aliran darah adalah merupakan salah satu penyebab meningkatnya nilai minus seseorang semakin parah. Selain itu jangan lupa untuk melepas kacamata jika memang tidak terlalu di butuhkan, hal ini bisa mengurangi mata akan kecenderungan fokus terhadap lensa.

3. Hindari Bermain Gadget di Tempat Gelap

Seringnya aktifitas melihat monitor di tempat yang terang saja bisa membuat mata seseorang menjadi minus. Apalagi kalau menatap layar terang di tempat yang gelap, bisa di pastikan bahwa aktifitas tersebut akan tambah membuat mata seseorang menjadi minus bahkan memperparah penyakit minus matanya. Mungkin sudah menjadi salah satu kebiasaan orang bahwa menatap layar di tempat gelap itu terkadang lebih mengsyikaan, namun mereka tidak sadar dengan resiko gawat yang di bawanya.

Hindari Bermain Gadget di Tempat Gelap
Hindari Bermain Gadget di Tempat Gelap [ image source ]

Jika kamu sering merasa asik dalam bermain gadget, laptop atau apapun yang memiliki layar bercahaya di tempat ruangan yang gelap atau minim cahaya, maka sebaiknya untuk segera menghentikannya mulai dari sekarang. Keasikanmun itu bisa sangat beresiko bagi kesehatan mata, tempat yang kurang cahaya akan membuat kinerja otot mata menjadi meningkat secara signifikan. Secara tidak di sadari matamu akan di paksa bekerja lebih keras 10 kali lipat ketimbang berada di tempat yang cahayanya terang. Bagi kamu yang tidak ingin memperparah minus matamu, maka sebaiknya hindari kebiasaann ini, tau buat kamu yang minus juga jangan sampai melakukannya ya agar matamu tidak ikut minus.

4. Pakailah Kacamata Sunglasses

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kacamata minus itu tidak baik di gunakan pada saat cuaca sedang terik. Memakai kacamata minus dengan terpapar langsung oleh sinar matahari yang terik ternyata membuat mata minus semakin parah. Maka dari itu sangat di sarankan bagi orang yang memakai kacamata minus di siang hari, mulai menggantinya dengan kacamata Sunglasses atau yang bisa meredam cahaya matahari.

Pakailah Kacamata Sunglasses
Pakailah Kacamata Sunglasses [ image source ]

Bukan hanya karena radiasi sinar ultraviolet yang berbahaya, namun bahaya juga di akibatkan dari cahaya yang di hasilkan oleh kaca mata minus memantul langsung ke mata. Jika kamu masih ingat akan teori kaca pembesar yang dapat membakar sebuah kertas akibat cahaya matahari yang di kumpulkan, maka tidak berbeda jauh dengan kacamata minus yang terkena paparan sinar matahari langsung akan bisa merusak mata. Salah satu opsinya bisa di antisipasi dengan menggunakan kacamata yang bisa meredam sinar matahari agar paparan sinarnya tidak merusak mata.

5. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Sayur dan buah adalah salah satu bahan makanan yang dapat menyehatkan tubuh, bahkan beberapa vitamin yang terkandung di dalamnya sangat di butuhkan oleh mata. Menjaga kesehatan mata bukan merupakan hal perkara yang mudah untuk di lakukan, karena mata sangat membutuhkan banyak asupan vitamin yang bisa di peroleh dari sayur dan buah. Oleh karena itu, bagi para penderita mata minus, mengkonsumsi sayur dan buah adalah salah satu opsi terbaik untuk menjaga kesehatan mata agar tidak memperburuk minus.

Mengkonsumsi Makanan Sehat
Mengkonsumsi Makanan Sehat [ image source ]

Kandungan zat vitamin yang terkandung pada buah dan sayur seperti vitamin A, betakaroten, omega 3, luthein, lycopene, dan zink di percaya dapat menjaga kesehatan mata. Beberapa kandungan tersebut bisa kamu temukan di beberapa jenis bahan makanan berikut seperti sayur bayam, wortel, ikan salmon, alpukat, telur dan kol. Jika kamu ingin minusmu tidak bertambah, tidak ada salahnya untuk rutin mengkonsumsi beberapa makanan tersebut agar membatu menjaga kesehatan matamu.

Nah sahyabat iyakan.com, itulah beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui untuk menjaga kesehatan matamu terlebih kamu yang mengalami mata minus. Tidak ada salahnya kan kita selalu kesehatan mata kita karena mata adalah organ penting yang sangat vital bagi kehiudpan manusia. Semoga dengan ulasan di atas kamu kini bisa lebih mengerti hal-hal penting untuk menjaga agar minus matamu tidak bertambah parah, jangan lupa ya mata adalah organ vital yang kamu butuhkan dalam kehidupanmu sehari-hari, jadi jangan sia-siakan mata kamu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *