Coba Deh Mulai Kini Hentikan Melakukan 5 Hal Yang Salah Ini di Kamar Mandi!!

Kebanyakan orang di dunia ini pasti pernah melakukan aktivitas membersihkan badan yang di namakan dengan mandi. Aktivitas membersihkan tubuh dengan menggunakan media air ini memang menyegarkan tubuh. Apalagi tubuh yang sudah kotor dan bau akibat rutinitas sehari-hari yang pastinya akan membuat seseorang menjadi tidak merasakan nyaman. Memang sih tidak semua orang rutin melakukan aktivitas mandi, tapi itu mungkin jumlahnya lebih sedikit ketimbang orang yang suka mandi secara rutin.

kesalahan di kamar mandi
kesalahan di kamar mandi [ image source ]

Ngomongin soal mandi, tentu kebanyakan besar mandi itu di lakukan di tempat yang di namakan dengan kamar mandi. Bagi sebagian orang, aktivitas di kamar mandi ternyata tidak hanya sebatas menjadi aktivitas membersihkan badan dengan air, namun juga sering di manfaatkan untuk merawat anggota tubuh lainnya seperti menjaga kesehatan gigi dengan sikat gigi, menjaga kesehatan kulit dengan luluran dan masih banyak lagi lainnya. Akan tetapi ternyata beberapa rutinitas yang sering di lakukan bersamaan saat mandi di kamar mandi itu memiliki efek buruk. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang seharusnya kamu hentikan saat kamu berada di kamar mandi.

1. Luluran Setiap Hari

luluran setiap hari
luluran setiap hari [ image source ]

Tau nggak sih kenapa cewek kalau mandi itu lama dan betah banget berada di kamar mandi? sedikit bocoran nih, ternyata wanita itu sangat peduli menjaga anggota tubuhnya yang salah satunya adalah dengan luluran. Nah luluran adalah salah satu penyebabnya wanita suka lama-lama di kamar mandi. Luluran memang dapat membantu menjaga kecantikan kulit, namun bagi kamu yang rajin banget luluran setiap harinya sebaiknya kamu mulai kini menghentikannya. Berhenti bukan maksud melarang luluran, tapi sebaiknya jangan luluran setiap hari karena jika terlalu sering justru dapat mengakibatkan kulit tubuhmu menjadi semakin tipis dan mudah berminyak. Kulit tipis dan berminyak tentu akan membuat kulitmu mudah terserang bakteri, untuk itu sebaiknya lakukanlah aktivitas luluranmu sekali saja dalam seminggu.

2. Menaruh Sikat Gigi Dekat Toilet

menaruh sikat gigi di dekat toilet
menaruh sikat gigi di dekat toilet [ image source ]

Kebiasaan menyikat atau menggosok gigi tentunya adalah salah satu hal yang mungkin di lakukan bersamaan dengan waktu mandi . Gosok gigi atau menyikat gigi memang adalah salah satu kegiatan positif yang dapat menjaga kebersihan gigi. Akan tetapi bagi kamu yang suka menempatkan rak sikat gigi atau menaruh sikat gigi di dekat toilet atau closet, sebaiknya mulai kini kamu merubahnya. Toilet adalah salah satu tempat yang di sebut-sebut sebagai sarang dari kuman dan bakteri. Percaya nggak percaya, ternyata kuman dan bakteri yang ada di toilet itu dapat pindah berterbangan ke sikat gigimu saat kamu menyiram toilet. Nah jika rak sikat gigimu atau sikat gigi sering kamu taruh di dekat toilet maka bisa jadi sikat gigimu itu penuh dengan kuman dan bakteri. Untuk itu mulai kini cobalah memindahkan atau taruhlah sikat gigimu jauh dari toilet agar sikat gigimu di huni oleh bakteri dan kuman.

3. Melepas Alas Kaki di Kamar Mandi

melepas alas kaki
melepas alas kaki [ image source ]

Sebagian orang menganggap memakai sandal adalah untuk menjaga kaki kita bersih dari kotoran. Namun sebagian juga beranggapan bahwa memakai sendal di dalam kamar mandi itu adalah hal salah karena dapat membuat kamar mandi menjadi kotor. Padahal menurut penelitian, memakai sandal di dalam kamar mandi itu merupakan hal yang sangat baik. Semua itu berdasarkan kan penelitian yang menjelaskan bahwa lantai kamar mandi itu setidaknya di huni oleh lebih dari satu juta bakteri dan kuman. Nggak maksud nyalahin orang-orang yang melepas alas kaki ketika masuk kedalam kamar mandi, tapi hanya mengingatkan bahwa lantai kamar mandi itu di penuhi dengan banyak bakteri dan kuman. Terlebih jika kamar mandi itu nggak pernah di bersihin, pasti nggak cuma satu juta tapi puluhan juta bakteri pasti tinggal di dalamnya.

4. Memakai Sampo Terlalu Sering

keramas terlalu sering
keramas terlalu sering [ image source ]

Sampo memang di ciptakan bertujuan untuk membantu membersihkan rambut kita dari minyak dan kotoran yang menempel di sekitar kepala, serta menjaga kesehatan rambut. Mungkin kini telah beredar banyak sampo-sampo yang sudah di lengkapi dengan berbagai macam vitamin untuk menyehatkan rambut. Namun meskipun mengandung banyak vitamin, memakai sampo secara berlebihan dan terus terusan ternyata justru dapat membuat rambut rusak. Keramas secara terus menerus dapat mengakibatkan rambut menjadi kering, karena sampo akan menghilangkan minyak alami pada rambut yang dapat menjaga kelembapan. Maka untuk itulah mulai kini lebih bijak menggunakan sampo secara benar, agar rambutmu tidak menjadi rusak.

5. Spon Dan Puff Mandi Jarang di Ganti

spon mandi yang jarang di ganti
spon mandi yang jarang di ganti [ image source ]

Meskipun mandi dengan sabun cair dapat di lakukan tanpa dengan bantuan spon atau puff agar dapat menghasilkan busa sabun yang banyak, tetapi kebanyakan orang yang mandi dengan sabun cair pasti memakai spon atau puff. Nah bagi kamu yang mandi dengan menggunakan spon atau puff, kamu harus rajin-rajin menggantinya secara berkala. Pasalnya spon atau puff yang kamu pakai itu bisa dijadikan sebagai tempat berkembang biak bakteri atau kuman. Setidaknya kamu harus mengganti spon atau puff mandimu secara berkala satu bulan sekali agar kuman dan bakteri tidak berkembang biak. Atau jika tidak selalu kondisikan spon atau puff selalu tetap kering setelah selesai kamu gunakan untuk mandi, dan jika perlu sering-seringlah mencucinya dengan air panas lalu keringkan secara menyeluruh.
Sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa hal yang perlu kamu mperhatikan lagi jika lagi berada di kamar mandi. Nah semoga ulasan di atas bisa menambah pengetahuanmu terlebih wawasan yang harus kamu ketahui tentang kegiatanmu di kamar mandi yang mungkin salah kaprah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *