5 Hantu Korea Paling Ditakuti Yang Bikin Orang Korea Berharap Tidak Pernah Menjumpainya

Penampakan dari sosok makhluk gaib seperti setan atau hantu tentunya bagi sebagian manusia adalah salah satu hal yang mengerikan. Pasalnya kemunculan dari penampakan hantu sering kali muncul dengan sosok yang berwujud sangat menakutkan dan menyeramkan. Bahkan terkadang kemunculannya seolah-seolah bertujuan dengan sengaja untuk menakuti dan meneror para manusia.

hantu paling menyeramkan di korea selatan
hantu paling menyeramkan di korea selatan [ image source ]

Faktanya alam gaib dan alam manusia itu berada dalam satu naungan yaitu di bumi, salah satu yang membedakannya hanyalah batasan dari dimensi alam dari masing-masing makhluk. Oleh sebab itu janganlah menjadi heran jika hampir di seluruh penjuru dunia memiliki cerita yang berbeda mengenai penampakan dari wujud sosok hantu atau setan. Tidak terkecuali di wilayah yang sangat modern dan maju sekalipun seperti pada wilayah Korea Selatan yang pada faktanya adalah salah satu Negara maju yang hampir tidak pernah tidur. Ngomongin soal Korea Selatan, inilah sosok hantu atau setan menyeramkan yang paling banyak di takuti oleh orang-orang Korea.

1. Munshin

Keanehan-keanehan dari peristiwa mistis yang terjadi di sekitaran rumah mungkin telah banyak sekali beredar versinya. Dari mulai kursi yang bergoyang, suara misterius hingga penampakan langsung telah menjadi sebuah cerita menyeramkan yang membuat orang-orang merinding jika mendengarkan kisahnya. Kejadian dari perstiwa mistis seperti itu tenyata juga di alami di wilayah Korea dengan penampakan sosok hantu Munshin yang banyak membuat banyak orang resah akan keberadaannya.

ilustrasi hantu munshin
ilustrasi hantu munshin [ image source ]

Munshin adalah salah satu sosok hantu menyeramkan yang sering juga di sebut oleh orang korea sebagai sosok dewa pintu. Semua itu terjadi lantara sosok Munshin kerap sekali menampakkan wujudnya di balik pintu secara mengejutkan. Menurut cerita yang beredar, yang membuat hantu ini sangat di takuti adalah kemunculan Munshin dapat terjadi hampir di seluruh pintu rumah penduduk. Karena sosoknya yang menakutkan, maka tidak sedikit orang Korea sengaja melakukan ritual sesembahan kepada Munshin yang di sebut dengan ritual Munjeonje, agar keberadaan dewa pintu ini tidak menggangu dan menakuti manusia.

2. Dalgyal Gwishin

Dari sekian banyak sosok hantu atau setan yang ada di Korea, mungkin keberadaan dari Dalgyal Gwishin ini adalah yang paling membuat banyak orang sangat takut. Pasalnya di setiap kemunculan Dalgyal Gwishin kabarnya di percaya akan membawa petaka bagi yang melihat sosoknya. Banyak orang yang mengatakan bahwa jika seseorang melihat dengan atau tidak sengaja akan kemunculan Dalgyal Gwishin ini akan di pastikan selalu mengalami kematian, bahkan kematiannya bisa terjadi dengan yang sangat mengerikan.

ilustrasi hantu dalgyal gwishin
ilustrasi hantu dalgyal gwishin [ image source ]

Menurut kabar yang beredar, sosok dari Dalgyal Gwishin ini berbentuk seperti telur hewan, namun ketika dalam aksinya hantu ini akan berwujud ke dalam bentuk wujud sebenarnya yang sangat mengerikan. Meskipun demikian, hingga kini sosok dari Wujud Dalgyal Gwishin yang sebenarnya masih ini belum ada yang mampu menggambarkan secara pasti, pasalnya setiap korbannya selalu mengalami kematian.

3. Gumiho

Bagi para penggermar serial drama Korea pasti tidak asing lagi dengan penampakan hantu yang sering di sebut oleh orang korea dengan nama Gumiho. Gumiho adalah salah satu wujud dari tokoh hantu yang kerap sekali di angkat ceritanya ke dalam sebuah cerita film atau serial drama. Tentunya semua itu karena Gumiho adalah salah satu legenda hantu paling terkenal di wilayah Korea. Menurut mitos dari orang-orang Korea, Gumiho adalah merupakan sesosok makhluk yang menampakkan wujudnya menjadi hantu atau juga menjadi siluman rubah yang sangat menyeramkan.

ilustrasi hantu Gumiho
ilustrasi hantu Gumiho [ image source ]

Tidak hanya menampakkan diri dengan berwujud menyeramkan, Gumiho juga sering menampakkan wujudnya sebagai seorang wanita cantik yang menggoda para kaum pria. Salah satu yang menyeramkan dari kemunculan hantu Gumiho ini adalah akan membuat korbannya mati dengan cara di ambil hati maupun jantungnya yang kebanyakan adalah dari para kaum lelaki yang menjadi incarannya.

4. Cheukshin

Penampakan wujud hantu yang paling umum sering di jumpai oleh orang adalah penampakan dengan wujud seorang wanita yang cantik atau wanita yang menyeramkan. Di Indonesia sendiri wujud dari penampakan hantu wanita kerap sekali di sebut-sebut sebagai penampakan hantu kuntilanak maupun hantu sundel bolong. Faktanya penampilan hantu berwujud perempuan ini justru sering sekali menjadi momok yang sangat menakutkan bagi sebagian orang. seperti hantu Cheukshin dari Korea yang juga menampakkan wujudnya ke dalam sosok seorang perempuan.

ilustrasi hantu Cheukshin
ilustrasi hantu Cheukshin [ image source ]

Cheukshin adalah hantu yang menampakkan diri sebagai wanita berambut panjang dengan wajah yang sangat menyeramkan. Bahkan wujud dari penampakan Cheukshin adalah merupakan sosok hantu wanita paling menyeramkan di negara Korea Selatan. Cheukshin di gadang-gadang sebagai sesosok hantu penunggu toilet, yang tidak segan mengganggu dan mencelakai orang-orang yang tidak menjaga tingkahnya selama berada di toilet. Kabarnya Cheukshin kerap berada di toilet umum seperti berada di toilet Mall dan toliet umum lainnya.

5. Samjok O

Di wilayah Pulau Jawa, pada umumnya kemunculan dari sosok burung gagak adalah merupakan sebuah pertanda dari adanya kehadiran sosok makhluk gaib seperti hantu atau setan. Bahkan tidak sedikit juga yang menyebutkan burung yang memiliki ciri tubuh dengan berbulu hitam pekat ini adalah jelmaan dari hantu genderuwo yang sangat menakutkan bentuknya. Jika burung gagak di Jawa itu identik dengan keberadaan genderuwo, maka di Korea Selatan sendiri penampakan dari Samjok O yang merupakan burung gagak berkaki tiga ini adalah salah satu momok yang cukup mengerikan.

ilustrasi hantu Samjok O
ilustrasi hantu Samjok O [ image source ]

Kemunculannya berarti menandakan sebuah petaka atau bahkan kematian, meskipun pada faktanya Samjok O adalah hantu yang juga banyak di dewakan oleh sebagian banyak orang Korea sejak zaman kerajaan Koguryo. Menurut mitos, Samjok O adalah merupakan jelmaan dari hantu penghuni alam matahari yang ternyata sosoknya juga menjadi legenda di sejumlah kawasan lainnya seperti Asia Timur dan juga Afrika Utara.

Sahabat iyakan.com itulah beberapa ulasan mengenai hantu-hantu mengerikan dari Korea Selatan yang membuat banyak para penduduknya ketakutan. Di antara ke lima hantu tersebut, menurutmu mana sih hantu yang bakal membuatmu kocar-kacir jika melihatnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *