Keren Banget !! 5 Jalan Tol Berikut ini Ternyata Merupakan Jalan Tol Di Atas Air Terpanjang di Dunia

Bagi pengendara mobil, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jalan tol yang keberadaannya sudah ada hampir di seluruh negara. Mengapa jalan tol ada hampir di seluruh dunia? Salah satu alasannya di bangun Jalan Tol di beberapa wilayah adalah karena permbangunan jalan tol merupakan cara alternatif yang di gunakan untuk mengurai kemacetan lalu lintas atau sering di sebut dengan jalan bebas hambatan. Jika kemacetan dapat teratasi, tentunya keberadaan jalan tol akan membuat para pengguna jalan benar-benar bisa menghemat waktu jarak tempuh dalam perjalanannya ke suatu tempat.

jalan tol di atas air
jalan tol di atas air [ image source ]

Semakin berkembangya zaman, keberadaan jalan tol ternyata tidak hanya di bangun di wilayah daratan tapi juga mengacu ke pembangunan jalan tol di atas air. Buktinya kini pembangunan jalan tol di atas air ternyata sudah ada dan di buat di beberapa negara. Bahkan beberapa jalan tol yang di bangun di atas air juga di kenal sebagai jalan tol di atas air terpanjang di dunia yang salah satunya juga ada di Indonesia. Dari pada tambah penasaran, berikut ini adalah beberapa jalan tol di atas air terpanjang yang harus kamu ketahui agar dapat menambah wawasanmu.

1. Jiaozhou Bay – China

Jiaozhou Bay – China
Jiaozhou Bay – China [ image source ]

Jalan tol yang di bangun di atas laut terpanjang pertama adalah jalan tol Jiaozhou Bay yang resmi di buka oleh pemerintah China pada 30 Juni 2011. Jiaozhou Bay Bridge sendiri di bangun di wilayah Qingda, China timur Provinsi Shandong memiliki panjang mencapai 42 kilometer atau 26,4 mil yagn berdiri dengan di topang 5000 tiang. Menghabiskan waktu pembangunannya kurang lebih selama 4 tahun dengan menghabiskan dana atau biaya mencapai 1,5 miliyar USD atau sekitar 12,8 triliyun rupiah. Untuk menempuh jalan tol ini dari ujung ke ujungnya, kendaraan dapat menempuh waktu kurang lebih sekitar 30 menit dan setiap harinya jalan tol ini telah di lewati oleh 30 ribu kendaraan yang hilir mudik tanpa henti.

2. Lake Pontchartrain Causeway – Amerika

Lake Pontchartrain Causeway
Lake Pontchartrain Causeway [ image source ]

Jalan tol terpanjang berikutnya berada di negara Amerika Serikat yang dinamai dengan Lake Pontchartrain Causeway dengan dua jalur. Jalan tol Lake Pontchartrain selesai di bangun dan di resmikan pada tahun 1956 dan merupakan jalan tol di atas air terpanjang di Amerika yang dalam pembangunannya telah menghabiskan biaya sebanyak 30,7 juta dolar. Jalan tol sejatinya ini di bangun untuk menghubungkan dua kota di Amerika, dan menjadi jalan tol yang di bangun di atas danau Pontchartrain, Lousiana, Amerika Serikat dengan panjang mencapai 38,4 kilometer. Pada bagian selatan jalan tol ini terdapat kota Metairie, sedangkan bagian utaranya terhubung ke kota Mandevile yang merupakan kota besar di Amerika.

3. Chesapeake Bay – Amerika

Chesapeake Bay
Chesapeake Bay [ image source ]

Amerika adalah negara yang memiliki perkembangan yang sagat pesat hampir di segala bidang termasuk salah satu pesatnya dalam pembangunan insfrastrukur. Buktinya selain pembangunan jalan tol Lake Pontchartrain yang memiliki panjang mencapai 38,4 kilometer, Amerika masih memiliki jalan tol di atas air berikutnya yang juga termasuk sebagai jalan tol air terpanjang di dunia yaitu Chesapeake. Jalan tol Chesapeake ini memang lebih pendek dari jalan tol air di Amerika sebelumnya yang hanya memiliki panjang mencapai 24,140 kilometer. Dalam pembangunannya awalnya jalan tol ini hanya sepanjang 6,9 kilometer, namun di tahun 1973 pembangunan jalan tol ini semakin di perpanjang hingga menelan biaya mencapai kisaran 9,2 triliyun rupiah.

4. Jalan Tol Penang – Malaysia

Jalan Tol Penang
Jalan Tol Penang [ image source ]

Kali ini kita beralih ke jalan tol terpanjang di kawasan Asia yang pertama adalah jalan tol Penang di negara Malaysia. Jalan tol Penang lebih dikenal dengan sebutan jembatan Penang yang merupakan jalan tol dua arah yang menghubungkan Bayan Lepas Pulau Penang dan Seberang Prai daratan di semenanjung Malaysia. Jalan tol ini adalah merupakan jalan tol terpanjang di atas air di kawasan Asia Tenggara yang menjadi landmarknya negara Malaysia dengan panjangnya yang mencapai 13,5 km. Dalam pembangunannya, jalan tol Penang Malaysia ini setidaknya menelan biaya mencapai 15 triliyun rupiah. Atas adanya pembangunan jalan tol Penang ini, akhirnya dua tempat yang dulunya hanya bisa di tempuh dengan kapal kini sudah bisa di akses menggunakan kendaraan pribadi.

5. Jalan Tol Bali Mandara – Indonesia

Jalan Tol Bali Mandara
Jalan Tol Bali Mandara [ image source ]

Jangan salah kira jika di Indonesia tidak memiliki jalan tol yang di bangun di atas air, buktinya di kawasan pulau Bali yang merupakan jalan tol di atas laut dengan panjang 12,7 kilometer yang di resmikan oleh Presiden Bambang Yudhoyonopada pada September 2013 lalu. Jalan tol tersebut adalah jalan tol Bali Mandara, yang ternyata di buat untuk menghubungkan 3 wilayah di Bali yaitu kawasan Ngurah Rai Tuban, Pelabuhan Benoa, dan kawasan Nusa Dua. Jalan tol ini adalah jalan tol pertama di Indonesia yang di bangun di atas laut dan di anggap sebagai jalan tol terindah di Indonesia yang dalam pembangunannya menghabiskan dana sebanyak 24 miliyar rupiah. Selain pertama dalam segi pembangunannya di atas laut, jalan tol Bali Mandra juga merupakan jalan Tol pertama yang membuat jalur khusus kendaraan roda dua dengan tarif biaya retribusi yang sangat terjangkau.

Sahabat iyakan.com, itulah beberapa jalan tol yang di bangun di atas air yang di klaim sebagai jalan tol terpanjang di dunia. Sungguh benar-benar pembangunan jalan yang sangat menakjubkan karena jalan tol tersebut beberapa diantaranya di bangun di atas lautan, bahkan beberapa jalan tol tersebut ada di Indonesia. Bagi kamu yang lagi berlibur di pulau Bali, maka jangan lewatin kesempatan ya untuk melintasi jalan tol Bali Mandara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *