5 Jenis Burung Berkicau Yang Lagi Trend Dengan Harga Super Mahal

Kalau di lihat dari sejarahnya, mungkin masyarakat Indonesia sudah sejak zaman dahulu sangat gemar memelihara berbagai binatang untuk di jadikan hewan peliharaan. Salah satunya yang masih banyak di minati hingga sekarang adalah memelihara berbagai macam jenis burung yang salah satunya adalah dari jenis burung berkicau. Salah satu yang menjadi faktornya adalah karena memelihara burung berkicau mendapat dua keuntungan tersendiri, yaitu selain dapat menikmati lantunan dari kicauannya, seseorang juga dapat meraup keuntungan jika burung tersebut memiliki kualitas yang sangat bagus terlebih atas kelebihan yang ada pada burung tersebut, seperti kicauannya, keunikannya hingga merambah kepada kelangkaannya.

burung yang harganya mahal
burung yang harganya mahal [ image source ]

Bagi seseorang yang tidak mengerti tentang burung berkicau tentunya memelihara burung bukanlah sesuatu yang menjadikannya sepesial. Tapi jangan salah mengira jika ternyata para pecinta burung berkicau justru dapat menjadikannya sebagai lahan usaha yang hasilnya juga tidak bisa di anggap remeh. Faktanya kini tidak sedikit dari para penghobi burung rela membeli berbagai jenis burung dengan harga yang sangat fantastis sekalipun. dan berikut ini adalah beberapa jenis burung yang di kategorikan sebagai jenis burung dengan harga yang super mahal yang bikin banyak penghobi burung ngarep bisa memilikinya.

1. Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire adalah salah satu jenis burung berkicau yang juga banyak sekali di incar oleh para pecinta burung berkicau. Burung yang satu ini bukan merupakan jenis burung kenari yang lahir secara alami atau murni merupakan jenis dari Yorkshire. Dari beberapa sumber informasi, kenari Yorkshire adalah merupakan hasil dari persilangan kenari Lanchashire dan kenari Belgia. Salah satu yang menyebabkan burung kenari Yorkshire ini banyak di buru adalah karena jika di jual harganya dapat mencapai 8 hingga 15 juta rupiah untuk jenis burung kenari Yorkshire Import.

Kenari Yorkshire
Kenari Yorkshire [ image source ]

Keistimewaan yang di miliki dari kenari Yorkshire adalah tubuhnya yang besar dan berbentuk seperti wortel yang terbalik dengan berbagai macam perpaduan warna dari kuning, orange, putih, red brown hingga warna bon. Meskipun Kenari Yorkshire import sangat sulit untuk di tangkarkan lantaran burung ini gampang mati, ternyata tidak sedikit dari para penghobinya kini telah meraup kesuksesan dari keberhasilannya menangkarkan burung ini. Bahkan beberapa di antaranya telah mempu menyilangkan burung Yorkshore ini dengan kenari lokal untuk mendapatkan spesies yang lebih tangguh.

2. Cucak Rowo

Dari zaman dahulu hingga zaman sekarang mungkin jenis dari burung berkicau yang satu ini merupakan burung yang tidak pernah redup ketenarannya dan itu adalah burung Cucak Rowo. Meskipun jika dilihat secara fisik burung ini tidak memiliki hal yang menarik, namun dari segi kicauannya burung ini memiliki suara khas yang keras dan jernih seolah-olah suara kicauannya seperti menggema. Maka sangat wajar jika banyak sekali pecinta burung berkicau mengidam-idamkan burung ini karena selain unik, harga jualnya dapat mencapai 3 hingga 7 juta rupiah.

Cucak Rowo
Cucak Rowo [ image source ]

Meskipun burung ini termasuk jenis burung domestik alias burung asli Indonesia, namun dalam penangkarannya bukan menjadi perkara yang mudah untuk di lakukan. Pasalnya burung Cucak Rowo ini harus benar-benar mendapatkan perlakuan dan perawatan secara ekslusif agar burung mahal satu ini tidak gampang stres. Seperti jenis burung berkicau asal Indonesia lainnya, Cucak Rowo juga di ketahui memiliki banyak jenisnya terlebih dari Cucak Rowo dari pulau Sumatera dan Kalimantan. Namun tentunya meskipun banyak jenisnya, burung ini tetap menjadi burung yang keberadaannya selalu eksis di kancah dunia burung berkicau dari dulu hingga sekarang.

3. Murai Batu

Murai Batu adalah salah satu dari sekian banyak burung berkicau yang sangat dicari untuk di jadikan sebagai burung peliharaan. Selain suaranya yang sangat keras, bunyi kicauannya adalah salah satu yang banyak para pecintanya terpesona. Murai Batu adalah salah satu dari sekian banyak burung berkicau yang berasal dari Indonesia, jenisnya pun juga sangat beragam dari mulai Murai Batu Medan, Nias, Aceh, dan Murai Borneo. Salah satu yang menjadikannya banyak di incar para penghobi adalah karena harga jualnya yang dapat mencapai harga 3 hingga 5 juta rupiah.

Murai Batu
Murai Batu [ image source ]

Kini burung Murai Batu di alam liar di tetapkan menjadi salah satu burung yang hampir mengalami kepunahan akibat perburuan liar hingga rusaknya lingkungan pada habitat aslinya. Karena hal itulah kini Keberadaan Murai Batu di alam liar sangat dilindungi oleh pemerintah Indonesia, semua itu di lakukan lantaran untuk menjaga jumlah populasinya agar kembali naik. Salah satu jenis burung Murai batu yang sangati dicari sebagai koleksi atau untuk di tangkarkan adalah dari jenis Murai Batu dari Medan karena memiliki bentuk yang menawan dengan ekor yang sangat panjang.

4. Lovebird Parblue

Pesona dari ketenaran burung lovebird hingga kini masih tetap eksis di kalangan para pecinta burung. Semua itu terjadi karena harga jual dari burung ini selalu stabil bahkan beberapa diantara jenisnya kini di patok dengan harga yang lumayan mahal untuk satu ekornya. Salah satu jenis lovebird yang kini memiliki harga jual yang sangat tinggai adalah lovebird Parblue yang harganya dapat mencapai 3 hingga 5 juta rupiah.

Lovebird Parblue
Lovebird Parblue [ image source ]

Sekilas memang tidak ada perbedaan dengan jenis lovebird pada umumnya, namun jika di lihat dari warnanya lovebird yang satu ini memiliki perpaduan warna yang sangat langka yaitu perpaduan kuning di bagian kepala dengan paruh jingga dan biru di bagian tubuhnya. Kini burung lovebird jenis Parblue ini menjadi banyak incaran penghobi lovebird untuk di tangkarkan, selain karena kelangkaannya harga jualnya juga cukup menggiurkan meskipun pada faktanya warna kombinasi pada lovebird seperti ini hanya ada karena merupakan faktor keberuntungan saja.

5. Lovebird Madagaskar

Lovebird Madagaskar adalah salah satu jenis burung lovebird yang keberadaannya dangat sulit di temukan alias masih langka untuk di wilayah Indonesia. Semua itu lantara burung lovebird yang satu ini adalah burung yang merupakan burung endemik dari wilayah Madagaskar. Salah satu yang keistimewaan yang ada adalah memiliki paruh yang sangat tajam layaknya paruh elang. Keberadaannya yang langka kini banyak di jadikan incaran para pecinta burung lovebird karena harga jualnya yang mencapai 1 hingga 2 juta rupiah.

Lovebird Madagaskar
Lovebird Madagaskar [ image source ]

Salah satu yang menyebabkan lovebird Madagaskar ini langka adalah karena jumlah yang telah di tetapkan untuk mengimpornyaa kini semakin di batasi lantaran untuk menjaga populasi di habitat aslinya. Selain itu lovebird Madagaskar juga merupakan salah satu lovebird yang sangat sekali susah di tangkarkan karena burung ini merupakan lovebird yang sangat pemalu dan sangat sensitive dengan keberadaan manusia.

Sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa jenis burung berkicau yang harga jualnya dapat mencapai hingga jutaan rupiah. Tentunya jika di lihat dari kelangkaan dan keunikannya masing-masing burung tersebut, mungkin pemberian harga yang mahal sangatlah wajar terlebih burung-burung tersebut juga memerlukan perawatan ekstra yang tidak semua orang bisa melakukannya. Nah kalau menurutmu, dari burung-burung di atas mana yang ingin kamu jadikan hewan peliharaan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *