5 Jenis Penyakit Mematikan Yang di Tularkan Hewan ini Wajib Kamu Ketahui Agar Kamu Bisa Lebih Waspada

Penyakit adalah salah satu sumber masalah bagi makhluk hidup terlebih karena penyakit itu dapat merusak kesehatan tubuh. Mungkin hingga saat ini sudah banyak sekali dari jenis penyakit yang ada dan sebagian sudah menjangkiti manusia. Bahkan beberapa di antara penyakit yang di temukan ada yang hingga kini belum di temukan penangkalnya untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

penyakit mematikan dari virus ebola
penyakit mematikan dari virus ebola [ image source ]

Berbagai jenis penyakit mungkin tidak hanya bisa di tularkan dari manusia ke manusia, melainkan juga bisa di tularkan oleh sesama makhluk hidup. Salah satu penyebab manusia tertular penyakit adalah bisa terjadi akibat perantara dari hewan. Nah berikut ini adalah penyakit yang di tularkan hewan ke manusia yang tergolong sangat mematikan. Agar kamu lebih waspada akan penyakit berbahaya yang di tularkan hewan, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Penyakit Ebola

Salah satu penyakit yang paling mematikan yang di tularkan oleh hewan adalah Ebola yang sejak di temukannya pertama kali di ketahui sangat menakutkan. Penyakit ebola pertama kali di temukan di tahun 1976 di benua Afrika, dan telah memakan korban setidaknya 30.000 orang terinfeksi. Ancaman dari virus ini tidak bisa di anggap remeh, karena di tahun 2013 penyakit ini setidaknya telah menewaskan 11.000 orang.

Penyakit Ebola
Penyakit Ebola [ image source ]

Menurut para peneliti, ebola awal mulanya di sebarkan oleh para kelelawar yang terjangkit virus ebola. Hingga kini keberadaan ebola semakin mengganas dan mengkhawatirkan, karena virus ebola ini bisa bermutasi sendiri dan lebih cepat menyebar dari virus yang sebelumnya. Para ilmuan kesehatan kini sedang berupaya keras untuk menemukan metode pengobatan agar penyebaran virus ini dapat di tanggulangi.

2. Penyakit Rabies

Bagi kamu pecinta binatang, setidaknya kamu harus mengetahui penyakit ini agar nantinya dapat menjadikan perhatianmu supaya tidak terinfeksi. Penyakit rabies umumnya di tularkan oleh gigitan hewan seperti anjing, kucing, rakun, kelelawar dan masih banyak lagi hewan lainnya. penyakit ini tergolong dalam penyakit infeksi tingkat akut yang menyerang pusat susunan saraf yang di akibatkan oleh virus rabies.

Penyakit Rabies
Penyakit Rabies [ image source ]

Penyakit rabies tergolong dalam klasifikasi penyakit mematikan yang harus segera di tangani jika terinfeksi penyakit ini. Rabies tergolong dalam kelompok penyakit kuno yang bertahan hingga kini, meski kuno setidaknya rabies telah menyebabkan kematian 56.000 orang pertahun di seluruh penjuru dunia. Gejala awal dari terjangkit rabies adalah muncul berbagai macam halusinasi dengan produksi air liur yang berlebihan, kemudian virus rabies akan merusak sel saraf.

3. Penyakit Malaria

Penyakit malaria adalah salah satu jenis penyakit mematikan lainnya yang di tularkan oleh nyamuk yang menjadi inang parasit malaria. Mungkin penyakit malaria kini ketenarannya semakin meredup dan teralihkan akibat merebaknya penyakit demam berdarah ataupun penyakit Zika. Tapi untuk tingkat berbahayanya, penyakit malaria ternyata tidak bisa di pandang remeh karena hingga tahun ini setidaknya telah menyebabkan sekitar 214 juta kasus kematian yang di akibatkan oleh malaria.

Penyakit Malaria
Penyakit Malaria [ image source ]

Di ketahui kini ada 4 spesies dari jenis parasit yang menyebabkan penyakit malaria, namun dari ke empat tersebut satu di antaranya di kenal yang menyebabkan kematian yaitu dari spesies plasmodium falciparum. Pada wilayah Indonesia, sebagian besar kasus malaria banyak terjadi di wilayah Indonesia Timur seperti Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Salah satu indikasinya terinfeksi penyakit ini adalah muncul gejala sering pusing, mual, keringat dingin dan nyeri otot.

4. Penyakit Sapi Gila

Kenapa nama penyakit ini dinamakan dengan penyakit sapi gila, ya karena pada umumnya penyakit ini berimbas pada penyakit yang membuat sapi menjadi gila. Penyakit ini sering di sebut juga dengan nama latin bovine spongiform encephalopathy ( BSE ) yang termasuk dalam jenis penyakit mematikan yang menjangkit ternak. Selain menjangkit pada hewan ternak, ternyata penyakit ini juga dapat menjangkiti manusia, salah satu penyebabnya adalah mengkonsumsi daging dari hewan yang tertular penyakit ini.

Penyakit Sapi Gila
Penyakit Sapi Gila [ image source ]

Penyakit ini ada karena di sebabkan oleh sejenis protein yang berubah bentuk, dari perubahan tersebut kemudian di namakan dengan prion. Perubahan protein inilah yang nentinya menyerang sel-sel otak hingga mengakibatkan kerusakan yang cukup fatal sehingga yang terjangkit menjadi gila. Seseorang dapat terjangkit penyakit sapi gila ini jika orang tersebut mengkonsumsi daging atau melakukan kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi. Bagi seseorang yang terjangkit penyakit sapi gila ini, maka secara dengan pasti tubuhnya akan melemah seiring dengan kerusakan otaknya.

5. Penyakit Influenza

Penyakit influenza sejatinya adalah penyakit menular yang dapat di kategorikan dalam dua jenis kelompok yaitu kelompok influenza A dan influenza B. Untuk jenis influenza yang di tularkan dari manusia ke manusia tergolong dalam kelompok influenza B, sedangkan untuk kelompok influenza A di tularkan melalui hewan ke manusia. Namun diantara kedua kelompok tersebut yang paling berbahaya adalah jenis kelompok dari influenza A, yang penularannya di tularkan oleh spesies unggas.

Penyakit Influenza kelompok A di tularkan dari hewan
Penyakit Influenza kelompok A di tularkan dari hewan [ image source ]

Sejatinya jenis influenza jenis A dapat berbaur dengan virus lainnya sehingga berubah dan mematikan seperti virus flu burung atau flu babi. Nah bagi kamu yang memiliki sejumlah hewan seperti unggas, maka wajib di waspadai jika tiba-tiba banyak unggas yang mendadak mati. Salah satu cara agar tidak terjangkit penyakit influenza A maka setidaknya hindari kontak langsung dengan hewan yang mendadak mati tersebut, untuk hal lebih baiknya bakarlah hewan tersebut sebelum di kubur agar virus tidak merebak ke tempat lain.

Itulah beberapa jenis penyakit berbahaya yang di dapat di tularkan oleh hewan kepada manusia dan tergolong mematikan. Tips agar tidak tertular penyakit tersebut, sebaiknya selalu menjaga pola hidup bersih yang juga tidak terlepas dari lingkup kesehatan hewan yang mungkin kamu pelihara di rumah. Semoga dengan adanya ulasan mengenai jenis penyakit tersebut di atas, kita semua menjadi lebih waspada akan bahaya penyakit tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *