Sedang memuat Misteri 5 Kapal Karam Yang Paling Banyak Menyimpan Harta Karun

Misteri 5 Kapal Karam Yang Paling Banyak Menyimpan Harta Karun

Pada zaman dahulu, kapal adalah salah satu alat transportasi yang di pergunakan untuk mengangkut berbagai macam barang. Dari mulai bahan pokok seperti sandang, pangan bahkan hingga berbagai macam bentuk perhiasan untuk di jual ke suatu daerah lain. Tidak hanya meliputi dalam satu wilayah, kapal-kapal besar tersebut mengarungi lautan hingga ke berbagai belahan negara dengan tujuan utamanya adalah perdagangan.

kapal karam
kapal karam [ image source ]

Seperti yang kita ketahui dalam sejarah, sebagian besar dari perdagangan dunia waktu itu terpusat dan terakomodasi menggunakan kapal. Dahulu barang yang menjadi primadona untuk di perjualbelikan adalah berupa rempah-rempah, kain sutra, batu perhiasan, emas, perak, dan berbagai macam barang berharga lainnya. Bagi yang berhasil berlayar sampai ketujuannya, maka pasti akan mendapatkan keuntungan yang berlimpah dari hasil penjualan barang dagangannya. Akan tetapi bagi yang tidak beruntung, kapal harus tenggelam berserta barang berharga yang di bawanya di tengah lautan. Seperti pada nasib kapal-kapal berikut ini yang menjadi kapal misterius berisi harta karun yang sangat banyak.

1. Kapal Kargo Atocha

ilustrasi tenggelamnya Nuestra Senora de Atocha
ilustrasi tenggelamnya Nuestra Senora de Atocha [ image source ]

Pada tahun 1622 pernah terjadi sebuah insiden yang mengakibatkan tenggelamnya kapal cargo yang di beri nama Nuestra Senora de Atocha di Florida Keys. Salah satu yang bikin heboh dari karamnya kapal kargo tersebut adalah di sinyalir harta yang terdapat pada kapal tersebut mencapai USD 450 juta atau sama dengan nominal 6,3 triliyun rupiah. Todal dari keseluruhan yang di perkirakan tersebut berasal dari gabungan beberapa barang yang di bawanya seperti emas, perak, permata dan masih banyak lagi barang berharga lainnya. Pada tahun 1985, akhirnya seorang pria bernama Mel Fisher berhasil berhasil menemukan lokasi kapal kargo karam tersebut setelah sebelumnya selama hampir 17 tahun melakukan penyisiran. Dari penemuannya tersebut, Mel Fisher akhirnya juga ikut menemukan harta karun yang selama ini banyak di buru oleh para pemburu harta karun lainnya.

2. Kapal S.S Gairsoppa

harta karun S.S Gairsoppa
harta karun S.S Gairsoppa [ image source ]

Kapal S.S Gairsoppa adalah merupakan sebuah kapal pengangkut atau kapal kargo yang membawa barang berharga berupa logam mulia seperti perak dan emas. Pernah suatu ketika kapal kargo ini memuat barang logam dari perak seberat kurang lebih tujuh juta ons perak untuk di pasok kenegara lain. Namun pada saat mengangkut perak tersebut, salah satu tragedi mengenaskan harus di terima olah kapal S.S Gairssopa pada tahun 1941, pasalnya kapal tersebut harus tenggelam setelah kapal Jerman U-boat berhasil menembaknya dengan tepat menggunakan torpedo. atas tragedi penembakan tersebut, kapal tersebut di juluki sebagai kapal kargo metal terbesar yang pernah di temukan di lautan. Pada tahun 2012 yang lalu, tim eksplorasi laut bernama Odyssey Marine memenangkan kontrak dalam pencarian kapal karam tersebut dengan total yang keuntungan yang di taksir mencapai 2,8 triliyun rupiah.

3. Kapal S.S Central Amerika

ilustrasi tenggelamnya S.S Central Amerika
ilustrasi tenggelamnya S.S Central Amerika [ image source ]

Jika kapal S.S Garisoppa adalah pengangkut perak, maka untuk kapal kargo S.S Central Amerika adalah merupakan kapal kargo pengangkut logam emas. Kapal kargo S.S Central mengalami hal tragis yang tidak jauh berbeda dengan kapal Garisoppa dengan harus mengalami insiden tenggelam di tengah laut. Namun yang membedakannya adalah kapal ini tenggelam akibat tidak kuat melawan badai ganas pada tahun 1857, yang akibatnya teggelam beserta kurang lebih 15 ton emas di dalamnya. Atas insiden yang terjadi pada kapal S.S Central ini akhirnya ikut mempengaruhi krisis ekonomi yang terkenal dengan sebutan krisis panic 1857. Selang 30 tahun dari tragedi tenggelamnya kapal tersebut, akhirnya bangkai kapal berhasil di temukan beserta dengan isinya. Dari penemuan kapal tersebut, setidaknya 30 perusahaan saling berebut atas klaim harta yang ada di kapal tersebut yang total nilainya mencapai hingga 2,1 triliun.

4. Kapal San Jose Spanyol

ilustrasi kapal San Jose
ilustrasi kapal San Jose [ image source ]

Beberapa tahun yang lalu, pemerintah Kolumbia mengumumkan bahwa pihaknya telah berhasil menemukan bangkai kapal Spanyol San Jose yang di sinyalir dari abad ke 17 yang berada di perairan Cartagena. Bahkan sang presiden Kolumbia saat itu yang bernama Juan Manuel Santos mengungkapkan bahwa kapal tersebut berisi banyak sekali ribuan koin emas, perhiasan dan berbagai macam barang berharga lainnya. Menurut perusahaan Sea Search Armada dari Amerika memperkirakan bahwa seluruh yang terdapat pada kapal lengkap dengan isinya tersebut bernilai hingga Rp. 41,3 triliyun. Menurut presiden Santos, penemuan kapal San Jose ini adalah merupakan salah satu penemuan harta karun paling berharga sepanjang sejarah manusia. Kapal San Jose adalah merupakan kapal jenis galleon yang merupakan utusan resmi raja Phillip V untuk melakukan perdagangan di laut Karibia, yang pada akhirnya harus karam di tahun 1708 saat kalah bertempur dengan kapal Inggris.

5. Kapal Flor De La Mar

bangkai Flor De La Mar
bangkai Flor De La Mar [ image source ]

Menurut sejarah, Indonesia adalah salah satu negara yang turut memiliki andil besar terhadap kelangsungan perdagangan dunia. Semua itu terjadi karena wilayah Indonesia dulunya menjadi jalur perdagangan laut yang dilalui oleh para pedagang dari seluruh dunia. Maka tidak jangan heran jika di Indonesia sejatinya memiliki banyak sekali kapal karam dengan harta karun yang berlimpah. Salah satunya seperti kapal Flor de la Mar, yang merupakan kapal karam incaran para pemburu harta karun di seluruh dunia. Tidak terlepas kapal ini juga menjadi incaran sang produser yang pernah menggarap film titanic, namnun produser tersebut tidak mengincar hartanya melainkan akan membuat film tentang kapal ini jika benar-benar telah di temuakn. Kapal Flor de la Mar adalah merupakan kapal milik portugis yang karam di wilayah selat Malaka, yang di sinyalir penuh dengan 400 ton harta rampasan tentara Portugis. Setelah sebelumnya berlayar mengarungi samudera selama 9 tahun, akhirnya kapal ini harus karam di tahun 1511 beserta dengan isinya yang hingga kini belum di temukan.

Sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa ulasan mengenai kapal karam dengan memiliki harta karun yang bernilai sangat tinggi. Sangat wajar sekali jika para pemburu harta karun pada berebut untuk mendapatkannya, terlebih karena memang harta karun di dalamnya bisa bikin kaya mendadak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *