5 Kebun Binatang Terbaik di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi Bersama Keluargamu

Indonesia mungkin adalah salah satu negara yang tergolong memiliki jenis satwa yang sangat beragam. Dari mulai ujung barat hingga unjung timur Indonesia mungkin tidak terhitung jumlahnya, bahkan mungkin dari beberapa satwa itu kini sudah menjadi salah satu dari satwa yang tergolong langka keberadaannya. Sebagian banyak satwa yang ada, kini mungkin bisa kamu melihatnya di beberapa kebun binatang yang tersebar di wilayah Indonesia.

kebun binatang
kebun binatang [ image source ]

Kebun binatang adalah salah satu tempat yang cocok di gunakan untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga. Bagi yang memiliki anak kecil, kebun binatang sangat di rekomendasikan untuk mengajari anak mengenal beberapa jenis satwa yang ada di dalamnya. Bagi kamu yang sedang kebingungan mencari kebun binatang yang bagus, berikut adalah beberapa kebun binatang terbaik yang bisa kamu kunjungi. Yuk simak ulasan berikut agar kamu nggak bingung milih kebun binatang yang ada di Indonesia.

1. Kebun Binatang Ragunan

Jika kamu lagi berada di kawasan Jakarta Selatan, jangan lewatkan untuk mengunjungi kebun binatang Ragunan. Kebun binatang inni berdiri di area seluas 140 hektar, yang cocok di jadikan tempat wisata bersama keluargamu atau teman-temanmu. Di kebun binatang ini setidaknya ada sekitar 295 satwa yang bisa di jadikan sarana pembelajaran untuk anak kecil dalam mengenal jenis-jenis hewan.

Kebun Binatang Ragunan
Kebun Binatang Ragunan [ image source ]

Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1986 yang hingga kini tidak pernah sepi pengunjung, bahkan ketika akhir pekan kebun binatang ini kebanjiran pengunjung. Selain menyaksikan beberapa satwa yang ada di sini, para pengunjung juga bisa menikmati wahana lain yang telah di sediakan di sini seperti menunggangi kuda, onta dan yang lainnya. salah satu tempat di kebun binatang ini yang selalu ramai di kunjungi adalah lokasi dari pusat primata yang spesiesnya langsung di datangkan dari Amerika, Afrika dan tentunya juga Primata Indonesia.

2. Taman Safari Indonesia

Taman Safari berdiri sejak tahun 1980 dengan luas 168 hektar di kawasan puncak yang berada di Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Taman safari adalah tempat yang sangat cocok buat mengenalkan satwa yang berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. Keunikan yang ada pada Taman Safari ini adalah pengunjungnya bisa berinteraksi langsung dengan berbagai macam satwa secara dekat menggunakan mobil pribadi ataupun menggunakan bus yang telah disediakan oleh pihak pengelola kebun binatang ini.

Taman Safari Indonesia
Taman Safari Indonesia [ image source ]

Taman Safari memiliki banyak selaki koleksi satwa langka dari seluruh penjuru dunia seperti harimau benggala, jerapah, singa, komodo dan lainnya. Selain dapat berinteraksi dengan satwa secara langsung, para pengunjung di sini juga bisa menikmati wahana rekreasi yang telah di sediakan seperti danau buatan, sepeda air, kano kolam renang, sirkus dan masih banyak lagi lainnya. Pokoknya Taman Safari adalah tempat yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburanmu bersama keluarga ataupun bersama teman-teman.

3. Kebun Binatang Gembira Loka

Gembira Loka adalah kebun binatang yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta yang telah berdiri sejak tahun 1933. Lokasi dari kebun binatang ini tidak jauh dari pusat keramaian kota, sehingga bagi kamu yang lagi berada di Yogyakarta lokasi kebun binatang ini tidak susah untuk di cari. Di kebun binatang ini pengunjung bisa menyaksikan koleksi berbagai macam satwa dari yang ada di seluruh dunia. Bahkan di kebun binatang ini para pengunjung juga melihat spesies dari pinguin.

Kebun Binatang Gembira Loka
Kebun Binatang Gembira Loka [ image source ]

Selain jenis pinguin, di sini kamu juga bisa melihat ikan besar yang tergolong dari jenis ikan purba yaitu arapaima yang berada di aquarium. Selain itu pengunjung juga bisa datang ke tempat pusat reptile yang mengkoleksi banyak sekali jenis dari reptile langka. Jangan lupa untuk mengajak anak anda untuk berinteraksi langsung dengan banyak burung di pusat satwa burung atau bermain wahana lainnya di sini seperti naik super boat, perahu, atau melihat pertunjukan sirkus.

4. Bali Safari & Marine Park

Jika kamu lagi berwisata di pulau Bali, maka harus kamu sempatkan untuk mengunjungi tempat wisata kebun binatang Bali Safari & Marine Park. Bali Safari & Marine Park adalah kebun binatang yang bakal memberikan pengalaman safari terbaik yang cocok untuk di jadikan sarana pembelajaran bagi anak-anak dalam mengenal berbagai macam jenis satwa. Bali Safari& Marine Park sering juga di sebut dengan Taman Safari Bali, kebun binatang ini mengusung konsep yang sama dengan Taman Safari yang ada di wilayah Bogor yaitu berorientasi satwa yang berada di alam bebas dengan luas 40 hektar.

Bali Safari & Marine Park
Bali Safari & Marine Park [ image source ]

Kebun binatang ini di bangun dengan perpaduan konsep budaya daerah Bali, dan di kelola oleh pihak yang sama dengan Taman Safari di Bogor. Lokasinya hanya satu jam di tempuh dari bandara Ngurah Rai, yang letaknya berada di tiga desa wilayah kabupaten Gianyar. Di kebun binatang ini pengunjung bisa menyaksikan beberapa satwa langka dari Indonesia dan dua negara Lainnya seperti India dan Afrika yang terdiri dari 60 species dan 400 ekor satwa langka.

5. Kebun Binatang Batu

Kebun binatang ini berdiri dengan konsep kebun marga satwa modern yang berada di Malang, Jawa Timur. Meskipun di bangun dengan konsep yang modern, kebun binatang ini tetap tidak melupakan suasana alami dari habitat para satwa yang ada di sana. Kebun binatang ini di bangun pada tahun 2010 di sekitar area yang luasnya mencapai 15 hektar, kebun binatang ini merupakan bagian dari jatim Park 2.

Kebun Binatang Batu
Kebun Binatang Batu [ image source ]

Berbagai jenis satwa langka juga dapat pengunjung saksikan di kebun binatang ini, selain terdapat melihat langsung koleksi hewan yang ada di sana, para pengunjung juga bisa mengakses informasi mengenai data informasi dari satwa dengan layar sentuh yang telah di sediakan. Kebun Binatang Batu juga memiliki sebuah museum satwa dan juga terdapat wahana seru lainnya. bagi anda pengunjung yang mulai kelelahan dapat beristirahat di cafetaria yang telah di sediakan sambil menunggu anak-anak bermain di fantasy land.

Sahabat iyakan.com, itulah beberapa kebun wisata yang di rekomendasikan untuk kamu kunjungi bersama keluarga atau teman. Jangan lupa untuk mengajak anak, karena kebunbinatang ini adalah kebun binatang terbaik yang sangat cocok untuk mengenalkan anak kepada berbagai macam satwa secara langsung. Jangan lupa, kalau lagi berada di wilayah dimana kebun binatang tersebut berada, kamu harus sempetin mengunjunginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *