Sedang memuat 5 Kisah Kesalahan Kecil Yang Berujung Tragis Dalam Sejarah Dunia

5 Kisah Kesalahan Kecil Yang Berujung Tragis Dalam Sejarah Dunia

Manusia yang ada didunia ini memang tidak ada satupun yang terlahir sempurna, karena pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh sebab itulah maka sangatlah wajar jika manusia itu tidak pernah luput dari yang namanya berbuat kesalahan. Entah kesalahan yang terjadi secara disengaja hingga kesalahan yang memang tidak sengaja terjadi. Kesalahan yang terjadi memang akan tetap menjadi kesalahan, namun kesalahan yang terjadi tentunya akan memberikan hikmah kepada manusia untuk bisa berinstropeksi yang tentu tujuannya adalah agar bisa terhindar dari kesalahan yang sama.

Raja Louis XVI dijatuhi hukuman
Raja Louis XVI dijatuhi hukuman [ image source ]

Ngomongin soal kesalahan yang pernah dilakukan manusia dari dulu hingga zaman sekarang, tentu banyak sekali macam kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi. Seperti contohnya adalah kesalahan-kesalahan kecil berikut ini yang justru menimbulkan efek yang besar. Terlihat sangat sepele, tapi kesalahan kecil berikut ini justru berdampak pada masalah yang sangat besar. Nah daripada tambah penasaran tentang kesalahan-kesalahan kecil tersebut, yuk simak saja ulasan berikut ini.

1. Pintu Gerbang Yang Lupa Ditutup

gerbang konstantinopel
gerbang konstantinopel [ image source ]

Jatuhnya Konstantinople pada tahun 1453 adalah merupakan tanda awal dimana kejayaan Eropa mulai berakhir. Tahun tersebut juga menjadi tanda awal kejayaan dari dominasi Kekaisaran Ottoman Turki berjaya di Eropa. Sejarah tersebut memang telah berlalu, kekaisaran Ottoman mungkin telah berhasil menaklukkan Konstantinopel dengan sangat mudah. Namun dibalik sejarah kekalahan Konstantinopel oleh kekaisaran Ottoman tersebut ternyata terjadi akibat kesalahan kecil yang di lakukan pasukan Konstantinopel yang lupa menutup pintu gerbang saat terjadinya penyerangan. Serangan yang mendadak membuat pasukan penjaga pintu gerbang Konstantinopel merasa panik, hingga membuatnya lupa untuk menutup pintu gerbang yang kemudian mengakibatkan pasukan dari Ottoman berhasil masuk dengan mudah. Setelah pasukan Ottoman berhasil masuk dan merebut bendera, akhirnya pasukan Konstantinopel pun dibuat menyerah dengan mudah.

2. Ratu Yang Tersesat di Kerajaannya Sendiri

Raja Louis XVI dan Ratu Marie Antoinette
Raja Louis XVI dan Ratu Marie Antoinette [ image source ]

Jika saja waktu itu Raja Louis XVI dan Ratu Marie Antoinette berhasil kabur dari istana kerajaannya sendiri sebelum di kepung massa, mungkin sejarah dari revolusi Prancis akan berakhir dengan cerita yang berbeda. Penyebab mengapa Raja dan Ratu Prancis tersebut gagal melarikan diri adalah karena hal sepele yang dilakukan oleh sang Ratu. Sang Ratu yang selalu bergaya hidup mewah tersebut justru terlalu sibuk mengumpulkan barang bawaan untuk dibawa dalam pelariannya, padahal Raja Louis sendiri telah menunggu dan menyiapkan kereta kuda untuk melarikan diri. Setelah mengumpulkan banyak barang, Ratu Marie yang tanpa pengawalan pun akhirnya justru tersesat didalam istananya yang begitu sangat luas dan megah. Hal inilah yang membuat Raja dan Ratu menjadi tertangkap, padahal Raja Louis sendiri dan kereta kudanya sudah lama menantinya untuk membawanya melarikan diri dari kerajaannya yang mulai oleh penduduk yang melakukan revolusi.

3. Merayakan Ulang Tahun Sang Istri

Erwin Rommel
Erwin Rommel [ image source ]

Salah satu penyebab mengapa Jerman kalah dalam perang dunia II melawan tentara sekutu adalah karena dipicu hal sepele yang dilakukan oleh Erwin Rommel. Erwin Rommel sendiri adalah merupakan perwira Nazi yang di perintahkan oleh Hitler untuk menjaga perbatasan Prancis. Pada saat itu Erwin beranggapan bahwa pasukan musuh tidak akan menyerang disaat cuaca buruk yang sedang terjadi, dan saat itulah Erwin mengambil keputusan untuk pulang kerumah demi bisa merayakan ulang tahun istrinya. Salah dugaan tentang cuaca buruk itu, tepat setelah sehari Erwin berangkat ke rumahnya pihak Sekutu justru melancarkan serangan. Tanpa ahli strategi perang seperti Erwin, semua pasukan Nazi pun dibuat kocar kacir oleh pihak Sekutu. Meskipun Erwin sempat berbalik arah ketika mendapat kabar penyerangan, namun semuanya sudah menjadi hal yang sia-sia.

4. Sopir Yang Salah Belok ke Markas Musuh

Franz Ferdinand von Habsburg di tembak
Franz Ferdinand von Habsburg di tembak [ image source ]

Latar belakang terjadinya perang dunia I adalah karena kasus pembunuhan atas Archduke Ferdinand yang menjadi salah satu pewaris utama kekaisaran Austria-Hongaria. Pembunuhan itu terjadi karena hal yang dianggap sepele akibat sang sopir pribadinya yang salah berbelok ke arah markas musuh. Tepatnya pada tanggal 28 Juni 1914 Ferdinand bersama istri berkeliling mengunjungi kota Sarajevo. Ketika itu seorang pemberontak bernama Gavrilo Princip mencoba membunuh dengan melemparkan granat kedalam mobil yang di tumpangi Ferdinand. Beruntung usaha tersebut gagal dilakukan, lantaran granat justru terpental dari mobil. Setelah berhasil lolos dari kematian, akhirnya Ferdinand berniat mengunjungi para korban yang terluka akibat granat yang terpental dari mobilnya. Alih-alih menuju ke rumah sakit, sopir malah salah berbelok menuju markas Gavrilo yang justru mengakibatkan semua orang dalam mobil tewas akibat diberondong peluru oleh Gavrilo.

5. Telat Mendapat Pertolongan Karena Aturannya Sendiri

Joseph Stalin terkena serangan stroke
Joseph Stalin terkena serangan stroke [ image source ]

Meskipun kematian dari seorang diktaktor bernama Stalin pemimpin Uni Soviet kala itu masih banyak di perdebatkan, namun rasa takut yang berlebihan konon menjadi pemicu utamanya. Hampir tidak berbeda dengan diktaktor lainnya, Stalin juga sangat memperhatikan keamanan pribadinya. Hal itu membuat Stalin mengeluarkan aturan bahwa tidak ada yang boleh masuk kamar Stalin tanpa ijin darinya, dan bagi yang melanggar akan mendapat hukuman berat. Pada suatu pagi para pengawal pribadi Stalin mulai curiga karena di waktu itu tidak melihat Stalin keluar dari kamar seperti biasanya. Meskipun khawatir, namun apa daya rasa takut mereka akan melanggar perintah menjadi alasan untuk tetap tidak masuk kdalam kamar. Dan ternyata benar, setelah pengawal menghubungi dokter pribadi Stalin akhirnya memberanikan untuk masuk kedalam kamar. Stalin pun ditemukan terkapar didalam kamarnya karena terkena serangan Stroke dan berselang 4 hari menjalani perawatan akhirnya Stalin meninggal karena telat mendapatkan pertolongan.

sahabat iyakan.com itulah tadi beberapa kisah dimana kesalahan kecil yang justru mengakibatkan masalah yang besar. Dari mulai lupa menutup pintu gerbang karena panik, hingga telat mendapat pertolongan karena aturannya sendiri, semoga kisah tersebut bisa menambah wawasan kita bahwa sekalipun sepele ternyata juga dapat menimbulkan masalah yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *