Sedang memuat Jangan Lupa Sempatkan Cicipi 5 Kuliner Lezat Ini Kalau Lagi Berkunjung Ke Pontianak

Jangan Lupa Sempatkan Cicipi 5 Kuliner Lezat Ini Kalau Lagi Berkunjung Ke Pontianak

Tidak perlu di ragukan lagi bahwa hampir di setiap penjuru wilayah daerah di Indonesia di pastikan memiliki banyak sekali ragam hidangan kuliner yang lezat dan unik. Bahkan keberadaan menu hidangan kuliner kini kerap di jadikan sebagai buruan orang-orang yang sedang melakukan wisata. Maka tidak jarang kini selain berwisata untuk menikmati panorama yang indah, tidak sedikit orang juga berbruru kuliner terkenal yang ada di setiap wilayah yang sedang di kungjungi.

Kuliner Sotong Pangkong Khas Pontianak
Kuliner Sotong Pangkong Khas Pontianak [ image source ]

Ngomongin soal ragam kuliner di Indonesia, mungkin memang tidak akan pernah habisnya jika ditelisik satu persatu. Namun bagi kamu yang lagi berkunjung ke daerah Pontianak sepertinya tidak lengkap kunjunganmu jika tidak mencoba mencicipi beberapa kuliner yang bakalan memanjakan lidah dan perutmu. Dari pada kamu penasaran apa saja kuliner dari Pontianak yang harus kamu cicipi, yuk simak saja ulasan berikut ini.

1 . Sotong Pangkong

Sotong Pangkong
Sotong Pangkong [ image source ]

Sotong Pangkong adalah salah satu makanan khas Pontianak yang kerap kali hadir di temui pada bulan Ramadhan. Seperti dengan namanya, Sotong Pangkong adalah merupakan sotong atau cumi kecil yang telah di keringkan lalu di masak dengan cara di panggang yang kemudian di pangkong atau di pukul-pukul. Jadi secara keseluruhan sotong pangkong adalah cumi yang di pukul agar daging dari cumi kecil tersebut menjadi lebih empuk. Biasanya hidangan ini di sajikan dengan di goreng terlebih dahulu dengan tambahan kuah sambal kacang yang akan memberikan tambahan sensai gurih pada kuliner yang satu ini. Bagi kamu pecinta cumi, tentunya Sotong Pangkong ini akan menjadi menu spesial yang bakal bikin kangen untuk menyantapnya lagi di Pontianak.

2. Bubur Pedas Pontianak

Bubur Pedas Pontianak
Bubur Pedas Pontianak [ image source ]

Keberadaan kuliner bubur memang sudah menjadi makanan yang menjamur hampir di seluruh wilayah Indonesia. Di Indonesia sendiri keberadaan bubur memiliki khas nya masing-masing di setiap daerah, tidak berbeda dengan Pontianak yang memiliki bubur khas yang di beri nama bubur pedas. Namun bubur pedas ini sejatinya bukanlah bubur yang rasanya pedas, melainkan bubur yang terbuat dari beraneka ragam sayur tradisional. Beberapa sayuran yang di pakai dalam bubur tersebut adalah pucuk daun pakis, daun lengkus, daun kencur, kangkung dan daun rempah lainnya. Bagi kamu yang lagi berkunjung ke Pontianak, jangan lupa ya untuk mencoba mencicipi bubur yang pastinya sangat bergisi karena terbuat dari banyak sayuran yang kaya gizi dan menyehatkan tubuh.

3. Lek Tau Suan

Lek Tau Suan
Lek Tau Suan [ image source ]

Menu kuliner sekanjutnya yang harus kamu cicipi jika lagi berada di Pontianak adalah Lek Tau Suan, yang bisa kamu temukan di jalan Gajahmada. Kuliner khas Pontianak ini adalah merupakan makanan berkuah kental bening dengan rasa manis yang berbahan baku dari tepung tapioka. Sedangkan isinya adalah merupakan kacang hijau yang sudah di kupas kulitnya yang nantinya di campurkan kedalam kuah dan di sertai toping Ca Kwee gurih yang telah di goreng garing di atasnya. Pemberian dari nama Lek Tau Suan adalah berasal dari bahasa Tionghoa dialek Tio Ciu yang artinya adalah mengacu dari tampilan kuliner ini yang berbiji-bji dan berkilauan seperti layaknya mutiara yang terkena sinar. Bagi kamu yang p[enasaran dengan rasanya, jangan lupa sempetin ya cari Lek Tau Suan jika lagi berada di Pontianak.

4. Peng Kang

Peng Kang Pontianak
Peng Kang Pontianak [ image source ]

Jika kamu lagi berada di Pontianak, maka jangan lupa juga untuk menyisir wilayah jalur utara dari Pontianak menuju arah Mempawah, karena di daerah tersebut kamu bisa menikmati hidangan kuliner yang tidak kalah lezatnya dengan kuliner Pontianak sebelumnya. Kuliner enak yang satu ini bisa kam ubeli di Resto Pondeok Pengkang yang menjual panganan khas lempar atau juga di sebut dengan Peng Kang. Kelezatan Peng Kang dijamin akan membuatmu ketagihan, pasalnya Peng Kang terbuat dari bahan ketan dengan di isi ebi yang kemudian di bungkus daun pisang membentuk kerucut lalu di bakar. Salah satu yang bikin nambah nampol dari Peng Kang adalah jika di santap bersama sambal kepah atau sambal kerang yang pasti bakal bikin kamu ketagihan untuk kembali merasakan makanan khas Pontianak yang satu ini.

5. Burung Punai

Burung Punai Goreng
Burung Punai Goreng [ image source ]

Kuliner berikutnya khas dari Pontianak yang juga harus kamu coba adalah hidangan bernama Burung Punai. Hidangan burung Punai sendiri memiliki dua pilihan menu yaitu burung punai goreng ataupun burung punai bakar. Namun kebanyakan orang lebih suka dengan menyantap hidangan burung punai goreng. Burung punai sejatinya adalah burung yang mirip dengan burung merpati atau burung derkuku yang berwarna hijau dengan paruh berwarna merah. Burung Punai adalah merupakan burung yang memiliki karakteristik rasa daging yang sangat gurih. Untuk itulah burung punai menjadi salah satu hidangan yang paling banyak di minati di Pontianak karena kelezatan dari citarasa dagingnya.

Itulah beberapa menu kuliner yang harus di coba oleh sahabar iyakan.com jika lagi berkunjung ke Pontianak. Pokoknya rugi benget deh kalau kamu sudah jauh-jauh datang ke Pontianak namun tidak menyempatkan untuk mencicipi kuliner yang lezat di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *