Sedang memuat Tidak Sekedar Makanan, 5 Makanan Asli Indonesia Ini Ternyata Menyimpan Banyak Makna Tentang Kehidupan

Tidak Sekedar Makanan, 5 Makanan Asli Indonesia Ini Ternyata Menyimpan Banyak Makna Tentang Kehidupan

Indonesia merupakan negara yang kaya raya, terlebih dalam berbagai macam budaya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Tidak hanya terkenal dari kekayaan budayanya, melainkan juga terkenal dengan bentang alamnya yang terkenal akan keindahan yang begitu memukau. Selain itu tentunya Indonesia juga di kenal sebagai kawasan yang sangat kaya akan keberadaan berbagai macam menu kuliner yang lezat-lezat.

5 makanan
5 makanan

Ngomongin soal kuliner, tentunya di Indonesia memiliki banyak sekali makanan khas yang tersebar di setiap daerah di Indonesia. Namun perlu di ketahui bahwa selain lezat, beberapa makanan di Indonesia itu di buat dengan di baluti berbagai macam makna yang menyertainya yang kebanyakan mengajarkan tentang arti kehidupan. Nah berikut ini adalah beberapa makanan asli Indonesia yang dalam pembuatannya mengandung banyak sekali syarat makna tentang kehidupan.

1. Kue Apem

apem
apem [ image source ]

Semua orang pasti tahu kue manis yang bernama apem, kue jajanan yang hampir sama dengan surabi namun memiliki tekstur yang lebih padat. Kebanyakan kue manis ini di sajikan dalam acara-acara tradisional seperti kalau di Pulau Jawa ada acara kenduri. Namun perlu di ketahui bahwasannya apem tidak hanya sekedar menjadi kue yang lezat, tapi juga menjadi makanan yang memiliki unsur pengetahuan untuk kehidupan. Apem sendiri berasal dari kata Afuan atau afuwwun yang berarti ampunan. Nah untuk itulah apem sendiri sering ada untuk melengkapi dalam acara-acara seperti kenduri yang di maksudkan untuk memohon maaf dan ampunan jika keluarga memiliki kesalahan. Selain itu tentunya keberadaan apem di maksudkan untuk selalu mengingatkan seseorang agar tidak lupa memohon ampunan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala dosa-dosanya.

2. Lontong

lontong
lontong [ image source ]

Lontong banyak di kenal orang sebagai makanan pelengkap pengganti dari nasi, yang biasanya sering di gunakan pada hidangan sate ataupun sayur opor. Namun siapa sangka di balik pembuatan lontong ternyata juga memiliki banyak unsur tentang makna-makna kehidupan. Lontong sendiri berasal dari kata Olone dadi Kothong, yang artinya adalah Olone adalah keburukannya sedangkan kothong adalah kosong. Jadi jika di gabungkan kata tersebut menjadi keburukannya atau kejelekannya menjadi kosong atau hilang. Filosofi dari lontong ini ternyata dulu sangat erat kaitannya dengan bulan ramadhan yang dimana menjadi bulan penuh berkah, yang dimana merupakan bulan umat muslim membersihkan dari segala dosa-dosanya.

3. Ketupat

ketupat
ketupat [ image source ]

Secara teknis, lontong dan ketupat adalah merupakan makanan yang sama-sama terbuat dari beras. Bahkan antara ketupat dan lontong itu tidak memiliki perbedaan jika di lihat dari segi teksturnya. Ketupat juga sama memliki peran sebagai makanan pengganti nasi, namun yang membedakannya hanya dari proses pembuatannya yang di mana lontong di balut dengan daun pisang, sedangkan lontong dengan daun kelapa. Tidak berbeda dengan lontong, ketupat ternyata juga sarat akan banyak makna tentang kehidupan. Ketupat berasal dari kata Kupat yang maksudnya adalah ngaku lepat atau dalam bahasa indonesia adalah mengaku salah. Maka dari itulah kupat sendiri sering kali di temui sebagai pengganti nasi di hari raya Idul Fitri yang dimana mayoritas muslim saling meminta maaf atas segala kesalahan yang terjadi.

4. Kolak

kolak
kolak [ image source ]

Salah satu alasannya kenapa rasa kolak yang manis gurih menjadikannya sangat cocok di santap untuk berbuka puasa. Kolak pada umumnya terbuat dari bahan-bahan seperti umbi, ketela, kolang kaling, pisang hingga durian. Sepintas kolak mungkin memang terlihat seperti makanan yang biasa, namun ternyata kolak juga menjadi salah satu makanan yang penuh akan sarat makna tentang arti kehidupan. Kolak yang pada umumnya di buat dengan adanya bahan seperti ubi atau ketela yang dalam bahasa Jawa di sebut dengan polo pendem, mengajarkan tentang arti kehidupan bahwa semua manusia itu nanti akan mati dan di kubur. Oleh karena itu, manusia di tuntut sebaiknya selalu berbuat baik seperti manisnya rasa pada kolak untuk bekal mati. Sedangkan rasa gurih yang di peroleh dari santan atau dalam bahasa Jawa santen ” salah nyuwun ngapunten” , mengajarkan setiap orang selalu meminta maaf dari semua kesalahan baik kepada sesama maupun kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

5. Lemper

lemper
lemper [ image source ]

Bagi orang jawa tentu keberadaan lemper menjadi salah satu makanan yang tidak pernah absen dalam acara-acara seperti pernikahan maupun yang lainnya. Tapi tahukah kamu jika lemper ternyata menjadi salah satu makanan yang juga mengandung unsur filosofi yang mengajarkan tentang makna kehidupan. Kata lemper sendiri memiliki makna “yen di alem ojo dadi memper”, atau yang dalam bahasa Indonesia berarti ketika di puji janganlah menjadi sombong. Maksudnya sebaik-baiknya pujian yang di berikan kepada kita, maka selalu berendah hati itu lebih baik agar tidak menjadi orang yang sombong. Semua itu di maksudkan agar sehebat apapun manusia, maka tidak boleh menjadi sombong jika menerima pujian karena mengingat di atas langit masih ada langit.

Nah Sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa ulasan mengenai makanan-makanan Indonesia yang penuh dengan sarat makna dari arti kehidupan terlebih pada pesan moral yang baik. Intinya beberapa makanan itu di buat sebagai pengingat untuk semua manusia terlebih karena manusia hanyalah makhluk lemah yang tidak pernah luput dari dosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *