Nggak Cuma Sebagai Sumber Nutrisi Bagi Anak, Ini Dia 5 Manfaat Lain Dari ASI Yang Perlu Kamu Ketahui

Pada faktanya ASI adalah merupakan satu-satunya sumber asupan nutrisi terbaik untuk seorang bayi yang telah keluar dari rahim ibunya. Di dalam kandungannya, ASI terdapat banyak kandungan yang sangat berkhasiat bagi tumbuh kembang bayi, salah satunya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang akan membuat sang buah hati tidak gampang mengalami sakit. Untuk itulah seorang ibu di wajibkan memberikan asupan ASI kepada anaknya setidak-tidaknya minimal selama 6 bulan agar bayi benar-benar siap dengan asupan lainnya.

manfaat ASI
manfaat ASI [ image source ]

Ngomongin soal ASI, mungkin sebagian orang hanya mengetahui bahwa ASI hanya di ketahui sebagai sumber makanan bagi sang bayi. Ternyata jika di telisik lebih dalam lagi, ASI memiliki banyak sekali memberikan manfaat selain menjadi sumber nutrisi bagi bayi. Faktanya ASI memiliki beberapa manfaat lainnya untuk manusia, dan berikut inilah beberapa manfaat dari ASI untuk manusia selain sebagai nutrisi untuk bayi.

1. ASI Dapat Mengatasi Masalah Ruam Pada Bayi

asi mampu mengatasi ruam pada bayi
asi mampu mengatasi ruam pada bayi [ image source ]

Saat lahir ke dunia, kulit bayi adalah bagian tubuh yang kerap sekali menjadi sensitif terhadap segala sesuatu benda yang tersentuh, dan salah satunya adalah popok. Di zaman yang semakin berkembang ini, popok mungkin salah salah satu benda yang tidak pernah bisa jauh dari kehidupan para bayi. Oleh sebab itulah pemakaian popok dalam jangka waktu yang lama dengan kondisi popok yang lembab ternyata menjadi salah satu penyebab timbulnya iritasi kulit, yang salah satunya di kenal dengan ruam. Ternyata ASI tidak hanya bermanfaat sebagai sumber nutrisi, melainkan juga dapat di pergunakan untuk menyembuhkan masalah ruam pada anak. Di kutip dari vemale.com, langkah pengobatan dalam mengatasi ruam pada bayi dengan ASI adalah dengan cara membersihkan area kulit yang mengalami ruam dengan air bersih. Setelah itu kemudian oleskan cairan ASI kebagian kulit yang bermasalah tersebut, dan biarkan hingga ASI tersebut mengering.

2. ASI Juga Mengatasi Masalah Pada Mata Dan Jerawat Pada Orang Dewasa

asi dapat mengobati jerawat
asi dapat mengobati jerawat [ image source ]

Kebanyakan dari bayi setelah pasca melahirkan umumnya banyak mengalami masalah infeksi pada mata. Salah satunya seperti mata lengket, mata pink atau mata merah yang tentunya kerap membuat resah para orang tua. Namun hal tersebut tidak perlu di khawatirkan karena salah satu pencegahannya dapat di lakukan dengan menggunakan ASI. Langkah untuk mengatasi mata lengket adalah dengan cara menggunakan kapas steril yang telah di tetesi ASI kemudian di usapkan secara perlahan ke bagian mata yang bermasalah. Sedangkan untuk mengatasi mata pink dan mata merah, langkah tepatnya adalah dengan meneteskan cairan ASI ke bagian mata secara rutin. Bagi orang dewasa yang memiliki masalah jerawat yang sangat mengganggu, maka cobalah mempergunakan ASI untuk mengatasinya. Langkahnya adalah dengan cara mengoleskan ASI ke bagian kulit yang bermasalah dan tunggu hingga mengering. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka selalu lakukan terapi ASI tersebut dengan secara rutin.

3. ASI Dapat Mengatasi Problem Dari Efek Sengatan Serangga Dan Gigitan Nyamuk

asi dapat mengatasi iritasi akibat sengatan serangga
asi dapat mengatasi iritasi akibat sengatan serangga [ image source ]

Salah satu yang membuat mengapa ASI sangat di anjurkan sebagai asupan inti pada bayi adalah karena ASI merupakan sumber nutrisi yang di produksi secara stetil dan terbebas dari kuman. Untuk itulah ASI memiliki banyak fungsi selain sebagai sumber nutrisi pokok pada bayi, juga memiliki manfaat lainnya bagi manusia. Salah satunya adalah untuk mengatasi masalah dari sengatan serangga dan masalah gigitan nyamuk. Semua itu berdasarkan fakta bahwa ASI adalah salah satu disinfektan steril alami yang di produksi oleh manusia, Untuk itulah alasan itulah ASI dapat di pergunakan untuk mengatasi dan menghilangkan rasa gatal akibat terkena sengatan serangga atau gigitan nyamuk. Salah satu caranya adalah dengan meneteskan ASI secara merata ke bagian kulit yang mengalami infeksi akibat sengatan atau gigitan serangga lalu biarkan hingga mengering. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengobatui masalah akibat sengatan serangga, maka lakukanlah secara rutin tahap-tahap tersebut hingga infeksi hilang.

4. ASI Dapat Mengatasi Masalah Kulit Kering Dan Bibir Pecah-pecah

asi dapat mengatasi masalah bibir pecah-pecah
asi dapat mengatasi masalah bibir pecah-pecah [ image source ]

Mengalami problem kulit seperti masalah bibir pecah-pecah bagi wanita tentunya hal tersebut adalah salah satu masalah yang kerap sekali membuat risau. Pasalnya bagian bibir adalah salah satu bagian tubuh yang acap kali menjadi sorotan dalam penampilan seseorang terutama pada wanita. Kebanyakan wanita mengatasinya masalah bibir pecah-pecah dengan menggunakan lipbalm atau menggunakan minyak seperti minyak zaitun dan juga madu. Namun perlu di ketahui khususnya bagi ibu menyesui yang mengalami masalah bibir pecah-pecah yang ternyata ASI dapat juga di pergunakan untuk mengatasi hal tersebut. Salah satu caranya adalah mengusapkan cairan ASI ke bagian bibir yang pecah-pecah secara rutin. Bahkan ASI juga dapat mengatasi problem pada kulit tubuh yang mengalami kekeringan sehingga menyebabkan iritasi, caranya yaitu dengan langkah yang sama seperti yang di lakukan untuk mengatasi pada bibir pecah-pecah.

5. ASI Dapat Melangsingkan Tubuh Para Ibu Menyusui

menyusui dapat melangsingkan tubuh
menyusui dapat melangsingkan tubuh [ image source ]

Salah satu kendala yang selalu dianggap masalah bagi para ibu hamil adalah naiknya berat badan berlebih secara signifikan sehingga mengaibatkan kegemukan. Tentunya kegemukan adalah salah satu momok terbesar yang kerap sekali di hindari oleh para wanita. Namun pada dasarnya sangatlah wajar jika sejatinya wanita hamil itu kebanyakan mengalami perubahan fisik dengan menjadi gemuk. Sejatinya hal tersebut tidak perlu terlalu di khawatirkan, pasalnya perlu di ketahui oleh para ibu hamil, bahwa ternyata kegiatan memberikan ASI eksklusif kepada sang buah hati dapat juga membantu menunjang kembalinya berat badan tubuh ke berat yang ideal. Semua itu terjadi karena aktifitas menyusui bayi adalah salah satu kegiatan yang membutuhkan tenaga ekstra dan menguras tenaga terlebih pada saat tubuh memproduksi ASI dari mengambil sari makanan dari tubuh sang Ibu. Nah bagi para ibu yang mengalami kegemukan pasca melahirkan, maka sebisanya selalu berikan ASI eksklusif secara rutin agar dapat menjaga berat badan kembeli normal. Hal tersebut tentunya akan berimbas besar jika juga di imbangi dengan rutin berolahraga.

Sahabat iyakan.com, itulah beberapa ulasan mengenai manfaat dari ASI selain menjadi sumber nutrisi bagi para bayi. Bahkan beberapa hal positifnya juga dapat mengatasi problem yang sering dialami oleh orang dewasa seperti yang telah di bahas pada ulasan di atas. Selain beberapa hal di atas, tentunya keberadaan ASI juga dapat membuat seseorang berhemat dari pengeluaran untuk membeli susu formula, untuk itulah para ibu yang berlimpah ASInya wajib bersyukur karenanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *