Sedang memuat Terungkap, Inilah 5 Modus Baru Dalam Pencurian Ikan Yang Membuat Menteri Susi Geram

Terungkap, Inilah 5 Modus Baru Dalam Pencurian Ikan Yang Membuat Menteri Susi Geram

Pada periode pemerintahan Presiden Jokowi-JK, pembenahan sektor perikanan kini mulai di perbaiki demi terciptanya negara yang menjadi poros maritim dunia. Susi Pudjiastuti adalah salah satu orang yang di percaya menjadi Menteri di sektor kelautan dan perikanan, guna memberantas dan membasmi para pelaku pencurian ikan di Indonesia. Menteri Susi memang adalah seorang perempuan, namun dalam soal menjalankan amanat yang telah di embankan kepadanya, Menteri Susi ketegasannya melebihi para kaum pria, bahkan bisa bikin para pencuri mulai berpikir ulang untuk berani mencuri ikan di Indonesia.

Menteri Susi Pudjiastuti
Menteri Susi Pudjiastuti [ image source ]

Ngomongin soal ketegasan Menteri Susi, mungkin usahanya sudah banyak membuat para pelaku ilegal fishing di perairan Indonesia berpikir ulang untuk menjarah ikan di perairan laut Indonesia. Namun ternyata dari ketegasannya itu masih banyak sering kecolongan, karena ternyata kini para pelaku Ilegal fishing memiliki cara lain yang di lakukan secara tidak terang-terangan. Beberapa modus yang tercium kini telah membuat Menteri Susi begitu geram sehingga membuatnya semakin ekstra dalam mengawasi Ilegal fishing. Dari pada penasaran, yuk simak ulasan berikut tentang modus baru yang bikin Meteri Susi ini geram.

1. Modus Mengubah Tampilan Kapal

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudji Astuti geram dengan adanya modus yang banyak untuk melakukan ilegal fishing di Indonesia. salah satu contohnya adalah dengan mengubah bentuk kapal seolah-olah menjadi kapal dalam lokal yang kemudian mendaftarkan kapal tersebut pada izin kapal perikanan dalam negeri. Perubahan bentuk tersebut di mulai dari merubah bahan yang mulanya fiber lantas di ganti menjadi berbahan kayu.

kapal nelayan indonesia
kapal nelayan indonesia [ image source ]

Setelah banyak di selidiki akhirnya modus ini terbongkar karena kapal yang mirip dengan kapal Indonesia tersebut di isi oleh ABK yang orangnya adalah oirang asing. Untuk mengatasi hal tersebut, kini Menteri Susi Pudjiastuti mulai memperketat perijinan dalam masalah tata kelola dokumen dan administrasi kapal perikanan. Kedepannya para pelaku ilegal fishing yang menyamar dengan menggunakan kapal yang telah di rubah menjadi kapal Indonesia akan benar-benar di berantas dan tidak akan benar-benar berulah lagi di erairan Indonesia untuk mencuri ikan.

2. Modus Menggunakan Kargo Pesawat Terbang

Pemerintah Indonesia kini telah mengeluarkan peraturan ketat yang membahas tentang aturan yang terkait dalam masalah komoditas perikanan. Meskipun begitu ternyata, masih ada sejumlah oknum yang mencari celah untuk melakukan penyelundupan ikan Indonesia ke luar negeri untuk mencari keuntungan tersendiri. Salah satu yang sering di selundupkan adalah benih lobster yang sejatinya tidak boleh sembarangan di ekspor kepasar internasional tanpa ijin yang jelas dari pemerintah.

bibit lobster yang di selundupkan
bibit lobster yang di selundupkan [ image source ]

Seperti yang telah terungkap dari modus tersebut, sejatinya Menteri Susi menjelaskan tentang adanya dua modus operandi yang sering di lakukan oleh beberapa oknum. Penyelundupan yang pertama dilakukan dengan cara melalui bagasi penumpang yang di bawa kurir dengan koperatau travel bag. Untuk modus yang ke dua, adalah penyelundupan menggunakan cargo yang sejatinya menyamakan isi muatan dengan pakaian dan sayuran yang telah di ganti airwaybillnya atau Surat Muatan Udara.

3. Modus Menggunakan KTP Indonesia Palsu

Modus penjarahan ikan yang membuat geram Menteri Susi lainnya adalah ketika para penjarah dari negara lain menggunakan identitas KTP Indonesia palsu. Hal ini terungkap saat sebelumnya para nelayan asing sedang menjarah dan merampok ikan di perairan Indonesia yang tertangkap tangan oleh pengawas perikanan PSDKP Hiu Macan Tutul 401 dan Hiu Macan 308. Pada saat berlangsungnya operasi tersebut, setidaknya ada 8 kapal yang di tangkap saat berada di laut Sulawesi bagian utara pada tanggal 22 hingga 26 September 2016.

modus nelayan asing menggunakan KTP Indonesia palsu
modus nelayan asing menggunakan KTP Indonesia palsu [ image source ]

Dalam modus ini, para nelayan menggunakan asing sengaja membuat KTP Palsu Indonesia agar tidak terjaring dalam operasi yang di lakukan oleh para pengawas kelautan dan perikanan. Setelah di selidiki, akhirnya para ABK ber-KTP palsu ini akhirnya mengaku bahwa mereka adalah berwarga negara Filipina. Setidaknya dari modus yang terungkap ini, maka polisi kini telah berhasil menangkap oknum pemerintahan yang telah membantu membuat KTP palsu tersebut.

4. Modus Dengan Cara Perbudakan Tenaga Kerja Indonesia

Salah satu hal yang membuat geram Menteri Susi adalah ketika mendengar pabrik pengolahan ikan milik asing yaitu PT Pusaka Bejina Resources kembali aktif beroperasi. Pasalnya perusahaan ini pernah di kecam sebagai perusahaan yang tersandung kasus tentang perbudakan dan juga perdaganan manusia. Kasus tersebut tentunya telah banyak melanggar nilai kemanusiaan, yang seharusnya perusahaan tersebut tidak pantas lagi untuk ada di Indonesia.

modus perbudakan ABK untuk menangkap ikan di perusahaan asing
modus perbudakan ABK untuk menangkap ikan di perusahaan asing [ image source ]

Berdasarkan bebrapa laporan yang di terima oleh Menteri Susi, perusahaan tersebut mulai beroperasi kembali sejak awal September yang lalu. Menteri Susi berharap semoga kelak masalah yang terkait pada perusahaan tersebut segera terselesaikan agar tidak ada lagi banyak orang yang di rugikan. Harapannya tersebut adalah di latar belakangi oleh satu hal, agar nantinya Indonesia tidak di cap sebagai negara yang merestui adanya perbudakan dan penjualan manusia.

5. Modus Penyelundupan Bom

Belum lama ini Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti telah melakukan konferensi pers terkait penggagalan 3 kasus penyelundupan yang mencapai miliyaran rupiah. 3 kasus penyelundupan besar tersebut terdiri dari penyelundupan Amonium Nitrat sebanyak 166.475 kg dari negara Malaysia, 1 Kontainer Cumi Beku dari negara China, dan penyelundupan 71250 ekor bibit Lobster.

modus penyelundupan amonium nitrat untuk bahan bom ikan
modus penyelundupan amonium nitrat untuk bahan bom ikan [ image source ]

Dari ketiga kasus penyelundupan tersebut, salah satu yang paling bikin geram adalah tentang kasus penyelundupan Amonium Nitrat Ke Indonesia. Pasalanya Amonium Nitrat adalah salah satu bahan yang di gunakan untuk meledakan terumbu karang. Alhasil kini kerusakan terumbu karang di Indonesia akibat Amonium Nitrat kini sudah terbilang semakin parah hingga mencakup wilayah Raja Ampat yang terkenal dengan keindahan Terumbu karangnya.

Nah sahabat iyakan.com, itulah beberapa modus yang telah membuat Menteri Kelautan dan Perikanan ini menjadi geram. Pasalnya modus-modus tersebut sejatinya adalah tindakan yang sangat begitu besar merugikan negara hingga miliyaran rupiah. Menteri Susi Pdjiastuti berharap semoga modus-modus operandi tersebut segera sirna yang nantinya akan menjadikan negara Indonesia terutama di sektor kelautan kembali berjaya sehingga tujuan untuk menjadi poros maritim dunia segera tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *