Sedang memuat Jangan Hanya Lihat Kesuksesannya , Lihat Juga 5 Hal Yang Bikin Anak Kedokteran Menderita Sebelum Mereka Sukses

Jangan Hanya Lihat Kesuksesannya , Lihat Juga 5 Hal Yang Bikin Anak Kedokteran Menderita Sebelum Mereka Sukses

Profesi dokter adalah salah satu jenis profesi yang sangat banyak di cita-citakan oleh banyak anak-anak. Namun terlepas dari hal tersebut melihat kehidupan seorang dokter tentunya terkadang bikin timbul rasa iri karena kesuksesannya. Meskipun kebanyakan tulisan dari dokter itu seperti cakaran ayam, hal tersebut ternyata tidak berpengaruh dalam faktor penghasilan yang di dapatkannya.

ilmu kedokteran
ilmu kedokteran [ image source ]

Tidak ada salahnya kok jika kita selalu beranggapan bahwa kehidupan dari kebanyakan dokter itu serba terpenuhi. Namun di balik kehidupannya yang kini bisa dikatakan enak ada beberapa hal yang tidak kamu ketahui dalam proses menuju karir sebagai dokter. Bahkan dibalik kesuksesan dokter terdapat kisah perjuangan yang bisa di bilang sangat menyedihkan, pokoknya sangat penuh perjuangan yang bakal bikin kamu mikir ternyata berat untuk menjadi seorang dokter.

1. Biaya Kuliahnya Bisa Buat Beli Rumah

Jangan salah kira kalau kehidupan dokter yang kamu lihat sekarang bukan berarti tanpa harus mengeluarkan kocek yang sedikit untuk pendidikannya. Mungkin ini adalah salah satu derita yang harus di alami banyak mahasiswa jurusan kedokteran. Pasalnya biaya kuliah di kedokteran itu tidak bisa di bilang murah karena bisa lebih mahal dari jurusan lainnya.

biaya kuliah kedokteran mahal
biaya kuliah kedokteran mahal [ image source ]

Bayangkan saja jika masuk di fakultas jurusan selain kedokteran bisa di katakan habis kira-kira 10 hingga 20juta, tapi untuk kedokteran bisa berlipat-lipat dari jurusan lainnya. Masalah mahalnya biaya juga tidak hanya untuk masuk di fakultas ini tapi biaya mahalnya sampai ke masalah SPP juga loh. Mungkin kalau di akumulasi dari keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk kuliah di kedokteran, uangnya mungkin bisa untuk membeli rumah mewah.

2. Kepintaran Itu Mutlak Untuk Menjadi Dokter

Penderitaan lainnya tidak hanya tentang masalah biaya yang harus di keluarkan sangat banyak, melainkan juga untuk masuk di fakultas kedokteran itu juga harus memiliki tingkat kepandaian yang mumpuni. Salah satu alasannya adalah, jurusan ini termasuk dari jurusan yang ilmunya sangat banyak dan susah-susah untuk di pelajari. Pokoknya ilmu kedokteran itu tidak hanya berbau tentang biologi dan fisika saja tapi juga harus menuntut keterampilan seseorang.

calon dokter itu harus pintar
calon dokter itu harus pintar [ image source ]

Bayangkan jika seorang dokter tidak memiliki keterampilan saat harus melakukan operasi, pastinya bisa berakibat fatal bagi pasien. Tidak hanya di tuntut terampil dan pandai analisa, seorang mahasiswa kedokteran juga harus memiliki daya ingat yang tajam untuk mampu mengingat segala jenis macam penyakit dan obatnya. Tidak kebayang kan jika dokter salah memberikan resep hanya karena tidak ingat obat yang seharusnya di berikan bagi pasien.

3. Selalu Belajar Adalah Kewajiban

Belajar adalah salah satu hal yang wajib selalu di lakukan oleh semua mahasiswa kedokteran, karena ilmu kedokteran itu memiliki banyak sekali ilmu. Saking banyaknya ilmu pengetahuan di jurusan kedokteran, mustahil jika mahasiswa kedokteran bisa lulus dalam 4 tahun jika keseharian mereka hanya bersantai. Maka jangan heran jika kamu memiliki teman mahasiswa jurusan kedokteran selalu melihat keseharian mereka di sibukkan dengan membaca buku, karena itulah syarat yang harus ia tempuh agar dapat lulus dalam waktu 4 tahun.

calon dokter itu harus rajin belajar
calon dokter itu harus rajin belajar [ image source ]

Kewajiban belajarnya tidak hanya untuk mengusai ilmu mata kuliah saja, namun juga untuk mendapatkan nilai yang bagus ketika menghadapi ujian semester. Jangan anggap remeh tentang soal-soal ujian yang di berikan untuk para mahasiswa kedokteran. Kerumitan dan kesusahannya soal ujian yang di berikan membuat para mahasiswa kedokteran menghilangkan yang namanya waktu untuk bersantai. Alih-alih minggu depan ujian, maka bisa sebulan sebelumnya mereka selalu giat belajar agar bisa melalui ujian dengan mudah.

4. Harga Buku Refrensinya Bikin Nyesek

Buku adalah salah satu media yang sering di sebut sebagai jendela dunia atau jendela ilmu pengetahuan. Nah bagi mahasiswa kedokteran, buku termasuk dari salah satu hal yang membuat mereka terkadang menderita. Bagaimana tidak menderita jika harga buku referensi dari ilmu kedokteran itu semuanya bisa bikin nyesek alias mahal-mahal.

buku refrensi ilmu kedokteran itu mahal
buku refrensi ilmu kedokteran itu mahal [ image source ]

Bayangkan jika mahasiswa harus membeli satu buku yang harganya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, nah kalo bukunya ada banyak bisa ngerti kan konsidi mereka bagaimana? Fakta lainnya masih terkait buku, selain harganya mahal buku-buku yang harus di beli untuk menunjang pendidikan kedokterannya dikenal juga sangat runyam. Kebayang nggak bagaimana penderitaannya ketika bukunya runyam, semua bahasa di bukunya kebanyakan berbahasa asing dan memiliki ribuan halaman, capek nggak loh mikirinnya.

5. Harus Memiliki Mental Yang Kuat

Ini nih bagian yang sangat di rasakan menderita bagi para mahasiswa kedokteran yaitu harus memiliki mental yang sangat kuat. Bagaimana jadinya jika para mahasiswa kedokteran tidak memiliki mental yang kuat, bisa di bayangkan jika dari segi ilmu pengetahuannya saja sudah rumit pasti bikin orang gampang menyerah. Nah selain harus kuat menghadapi realita memahami sulitnya ilmu kedokteran, para mahasiswa juga di tuntut kuat mental saat ada kegiatan praktik yang tergolong mengerikan.

calon dokter harus memiliki mental yang kuat
calon dokter harus memiliki mental yang kuat [ image source ]

Salah satu contoh praktik yang mengharuskan mahasiswa memiliki mental kuat adalah ketika di wajibkan mempelajari anatomi manusia atau makhluk hidup lainnya. Mahasiswa di tuntut banyak belajar dari seseorang yang sudah meninggal yang terkadang sudah berbau busuk. Kebayang kan bagaimana bau busuk harus mereka lalui dengan bentuk mayat yang mengerikan

.

Nah sahabat iyakan.com, itulah beberapa hal penderitaan di balik kesuksesan yang di raih oleh para dokter pada umumnya. Perjuangannya ternyata sungguh sangat memilukan, karena semua hal harus di kuasai mulai dari ilmu pengetahuan hingga dari segi mental yang mereka lalui. Sejatinya para dokter itu terlahir dari proses yang begitu penuh dengan derita, namun semua penderitaan itu tentunya yang mebuat mereka jadi seperti yang sering kamu lihat sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *