5 Pohon Cinta Yang Lekat Dengan Mitos Sebagai Pohon Pembawa Jodoh, Jomblo Apakabarnya?

Indonesia adalah salah satu negara kaya akan budaya yang masih kepercayaan sangat kental mengenai hubungannya mitos. Meskipun mitos hanyalah salah satu hal yang belum dapat di pastikan kebenarannya, namun hingga kini tidak sedikit orang di Indonesia masih begitu mempercayai akan keberadaannya. Salah satu contohnya adalah mitos tentang mempercayai keberadaan pohon yang di anggap sakral hingga dapat mendatangkan jodoh.

sepasang kekasih di bawah pohon
sepasang kekasih di bawah pohon [ image source ]

Ngomongin soal jodoh, mencari pasangan yang tepat pas di hati memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Oleh karena sebab mencari atau menemukan jodoh dianggap oleh sebagian orang adalah hal yang susah, maka keberadaan mitos semakin mengentalkan sudut pandang akan keberadaan pohon yang di percaya dapat membantu menemukan jodohnya. Nah, berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai pohon cinta yang di mitoskan sebagai pohon pembawa jodoh. Dari pada kamu penasaran dengan pohon cinta tersebut, yuk simak yang berikut ini.

1. Pohon Cinta di Pulau Kemaro

Pohon Cinta di Pulau Kemaro
Pohon Cinta di Pulau Kemaro [ image source ]

Pulau Kemaro adalah sebuah wilayah yang terkenal dengan alamnya yang indah ini berada di tengah sungai Musi, Palembang. Keberadaan pulau Kemaro ini ternyata juga tidak terlepas dari keberadaan mitos yang di percaya oleh masyarakat sekitar. Salah satunya adalah mitos tentang keberadaan pohon cinta yang mampu menjadikan sepasang kekasih selalu langgeng dengan cinta yang abadi. Menurut warga sekitar, salah satu cara agar bisa menjadi sepasang kekasih yang abadi adalah dengan menuliskan kedua nama dari sepasang kekasih tersebut di pohon cinta. Bahkan bagi yang belum memiliki pasangan alias jomblo, katanya juga bisa kok menuliskan namanya dengan seseorang yang menjadi incarannya agar nantinya bisa menjadi pasangan sejati.

2. Pohon Jodoh Keraton Sumenep

Pohon Jodoh Keraton Sumenep
Pohon Jodoh Keraton Sumenep [ image source ]

Keberadaan pohon cinta kini kerap dijadikan sebagai pohon buruan untuk di kunjungi bagi orang-orang yang mempercayai akan mitos-mitosnya. Pasalnya memiliki cinta sejati adalah merupakan salah satu hal yang di idam-idamkan oleh hampir semua pasangan terlebih pasangan yang benar-benar tulus saling mencintai. Di daerah Keraton Sumenep, ternyata juga di ketahui memiliki pohon yang kental dengan mitos perjodohan yang di sebut dengan pohon jodoh Keraton Sumenep. Menurut beberapa orang dua pohon jodoh tersebut adalah merupakan pohon laki-laki dan pohon perempuan dengan kaunikan masing-masing memiliki bagian pohon yang menyerupai organ tubuh laki-laki dan perempuan. Mitos dari pohon ini adalah bagi siapa saja yang menyentuh pohon ini katanya akan segera mendapatkan jodoh yagn di idam-idamkan.

3. Pohon Jodoh Pulau Bidadari

Pohon Jodoh Pulau Bidadari
Pohon Jodoh Pulau Bidadari [ image source ]

Untuk pohon cinta berikutnya berada di wilayah Kepulauan Seribu tepatnya di pulau Bidadari, merupakan pohon besar sejenis dengan pohon kapuk yang mendadak menjadi booming lantaran kejadian unik di balik mitosnya. Suatu ketika Pulau Bidadari pernah kedatangan rombongan komunitas tidak menikah. Seperti dengan namanya, komunitas tersebut berisi oleh orang-orang yang memiliki komitmen untuk benar-benar tidak menjalin hubungan pernikahan. Namun uniknya setelah komunitas tidak menikah di Pulau Bidadari ini melakukan sesi foto-foto yang salah satunya berada di pohon jodoh ini, beberapa hari kemudian justru ada anggota dari komunitas tersebut yang malah bertemu dengan jodoh atau pasangannya hinga melangsungkan pernikahan. Sontak atas tragedi unik tersebut, pohon cinta atau pohon jodoh di Pulau Bidadari ini langsung terkenal hingga membuat banyak orang berbondong-bondong untuk mengunjungi pulau Bidadari untuk membuktikan kebenaran mitos dari pohon jodoh tersebut.

4. Pohon Beringin Kembar di Alun-alun Yogyakarta

Pohon Beringin Kembar di Alun-alun Yogyakarta
Pohon Beringin Kembar di Alun-alun Yogyakarta [ image source ]

Keraton Yogyakarta memang sudah sejak zaman dahulu adalah salah satu kawasan yang terkenal memiliki aura magis yang sangat tinggi. Bahkan Keraton Yogyakarta juga tidak terlepas dari berbagai macam mitos yang telah melekat di masyarakatnya. Salah satunya adalah mitos mengenai keberadaan dua pohon beringin besar yang berada di tengah-tengah alun-alun selatan Keraton Yogyakarta yang di percaya dapat mengabulkan permintaan seseorang termasuk meminta jodoh. Cara yang kerap di lakukan adalah dengan cara melakukan Masangin alias berjalan menuju ke arah tengah-tengah pohon beringin tersebut dengan cara di tutup pada bagian matanya. Menurut mitos yang telah melekat sejak dahulu, bagi siapa saja yang berhasil berjalan lurus melewati tengah-tengah pohon beringin tersebut maka segala permintaannya bakal terkabulkan termasuk meminta jodoh. Uniknya, banyak orang yang mencoba melakukannya namun hampir sebagian besar justru berjalan melenceng sangat jauh dari tengah-tengah pohon beringin tersebut, kalau tidak percaya silahkan di buktikan.

5. Pohon Jodoh Kebun Raya Bogor

Pohon Jodoh Kebun Raya Bogor
Pohon Jodoh Kebun Raya Bogor [ image source ]

Pohon terakhir yang kerap di kaitkan dengan mitos sebagai pohon jodoh adalah berada di kawasan Kebun Raya Bogor. Bagi masyarakat Bogor sendiri tentunya sudah tidak asing lagi dengan keberadaan pohon jodoh tersebut, pasalnya pohon jodoh tersebut memang sudah sangat terkenal. Dua pohon yang berusia sekitar 140tahun ini di kaitkan dengan mitos pohon jodoh karena posisinya yang bersebelahan terlihat seperti pohon kembar karena tinggi dan bentuknya hampir sama. Sedangkan di antara pohon tersebut atau di tengah-tangah pohon tersebut terdapat sebuah bangku kayu yang di percaya mampu mendekatkan jodoh. Bahkan beberapa mitos juga menyebutkan bahwa bagi siapa saja pasangan kekasih yang duduk berduaan di bangku tersebut maka akan menjalani kisah cinta yang langgeng hingga pernikahan.

Sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa ulasan mengenai keberadaan pohon yang di kaitkan dengan mitos sebagai pohon jodoh. Entah atas hal apa pohon-pohon tersebut di kaitkan dengan mitos percintaan, maka atas benar atau tidaknya mitos yang melekat semua itu di serahkan kepada kepercayaan masing-masing. Yang jelas dari masalah jodoh semua itu sudah ada yang mengatur. Jika memang kamu belum memiliki atau menemukan jodoh yang tepat, maka hal yang paling baik adalah selalu berusaha mencari dan selalu rajin berdoa kepada Tuhan YME untuk meminta agar segera di dekatkan jodohmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *