Sedang memuat 5 Predator Buas Hasil Dari Perkawinan Silang Yang Sangat Unik

5 Predator Buas Hasil Dari Perkawinan Silang Yang Sangat Unik

Perkawinan silang adalah merupakan perkawinan yang dilakukan pada dua jenis individu yang berbeda namun masih dalam lingkup satu spesies. Salah satu maksud dari tujuannya adalah untuk menghasilkan varietas keturunan baru dan terbaik dari gabungan sifat kedua induknya, oleh sebab itulah perkawin silang selalu di lakukan dengan memilih indukan yang unggul dari keduanya. Kini perkawinan silang tidak hanya bisa di lakukan pada dunia tanaman saja, melainkan juga telah masuk pada dunia hewan.

liger hercules hasil dari persilangan singa dan harimau
liger hercules hasil dari persilangan singa dan harimau [ image source ]

Dalam masalah perkawinan silang, manusia ikut memiliki peranan yang sangat besar dalam proses beberapa perkawinan silang yang salah satunya terjadi pada dunia binatang. Salah satu contoh perkawinan yang sering di lakukan oleh manusia terhadap hewan adalah seperti perkawinan silang terhadap spesies anjing, sapi, bahkan kuda. Salah satu yang menkajubkan adalah jika perkawinan silang berhasil maka persilangan tersebut akan menghasilkan keturunan unik yang lahir dengan membawa sifat dari kedua induknya. Seperti yang terjadi pada hasil persilangan pada 5 predator buas berikut ini, hasil dari keturunannya justru terlihat sangat unik dan begitu keren.

1. Liger

Liger
Liger [ image source ]

Nama liger adalah sebuah nama yang di gabungkan dari kata lion dan tiger, dari nama tersebut tentunya liger adalah merupakan hasil persilangan antara singa jantan dengan harimau betina. Liger merupakan spesies kucing berukuran besar terbaru yang mempunyai sifat unik gabungan dari kedua indukannya dan liger sering sekali di sebut sebagai kucing terbesar dari beberapa kucing besar lainnya. Jika singa tidak suka dengan air, maka kebalikannya liger menuruni sifat sang harimau yang suka dengan air. Sedangkan jika harimau suka menyendiri, maka sifat liger justru menurun dari sifat singa yang suka berkelompok. Disebut sebagai kucing terbesar adalah karena liger jantan mampu tumbuh mencapai panjang 3,5 meter, dan liger terbesar saat ini adalah Hercules yang kini menjadi penghuni taman rekerasi di Miami, Amerika.

2. Tigon

Tigon
Tigon [ image source ]

Jika liger adalah merupakan persilangan antara singa jantan dengan harimau betina, maka tigon adalah merupakan persilangan dari kebalikan liger yaitu dari antara singa betina dengan harimau jantan. Jika persilangan antara singa jantan dan harimau betina menghasilkan kucing terbesar liger, untuk persilangan singa betina dan harimau jantan justru menghasilkan seekor kucing berbentuk singa namun memiliki corak loreng seperti harimau pada umumnya. Dari hasil persilangan singa betina dengan harimau jantan, tigon tidak mampu tumbuh besar seperti liger karena berat tubuh rata-ratanya hanya mampu mencapai 180 kilogram. Bahkan keberadaan tigon kini sangat sulit untuk di temui karena jumlahnya tidak sebanyak liger. Namun pada zaman dahulu sekitar abad-19, tigon sangat mudah sekali di temui karena jumlah tigon lebih banyak ketimbang dengan jumlah liger.

3. Leopon

Leopon
Leopon [ image source ]

Bila liger dan tigon keberadaannya bisa di temui di alam liar, maka untuk hasil persilangan yang satu ini yaitu leopon, keberadaannya hanya bisa di temui di dalam penangkaran saja. Salah satu alasannya adalah karenasepertinya sangat mustahil sekali seekor harimau tutul jantan mau melakukan perkawinan dengan singa betina di alam liar. Leopon hampir memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan tigon, namun perbedaannya adalah jika tigon adalah kucing berbentuk singa namun bercorak harimau loreng, sedangkan leopon adalah kucing berbentuk singa namun dengan corak macan tutul. Jenis dari hasil persilangan leopon pertama diketahui di kembangbiakkan di wilayah Kolhapur, India pada tahun 1910. Leopon menuruni sifat dari macan tutul yang suka memanjat, bahkan leopon juga sama seperti tigon yang suka dengan berenang di air.

4. Jaglion

jaglion
jaglion [ image source ]

Dari segi bentuk penampilannya, mungkin bentuk dari fisik jaglion terlihat lebih sangat garang dan meyeramkan ketimbang pada kucing hasil persilangan sebelumnya. Pasalnya Jaglion adalah merupakan hasil keturunan dari persilangan jaguar jantan dengan singa betina. Dari hasil persilangan tersebut jaglion tampil dengan warna dasar coklat muda kehitaman dengan corak totol bunga yang jadi ciri khas dari jaguar. Bahkan beberapa diantaranya terlahir dengan bulu yang lebih gelap dengan tubuh yang terlihat sangat kekar dan berotot sehingga menjadikannya nampak lebih tegap ketimbang semua fisik kucing hasil persilangan lainnya. Seperti contoh pada jaglion hasil dari perkawinan antara jaguar bernama diablo dengan singa betina bernama lola yang di beri nama dengan Jahzara dan Tsunami. Uniknya kedua jaglion tersebut merupakan hasil persilangan yang perkawinannya terjadi secara alami yang dalam penangkaran, semua itu bisa terjadi lantaran diablo dan lola adalah hewan yang sejak bayi di besarkan secara bersamaan di penangkaran.

5. Grolar

beruang grolar
beruang grolar [ image source ]

Grolar adalah merupakan hasil dari persilangan antara beruang kutub yang berwarna putih dengan beruang grizzly atau beruang hitam. Jika dilihat dari bentuk fisiknya mungkin Grolar hampir tidak memiliki perbedaan yang menonjol dari fisik beruang kutub. Namun jika di lihat dari bulunya, warna bulu dari grolar terlihat cukup unik dengan bagian kepala dan tubuh berwarna putih keabuan, sedangkan pada bagian kaki berwarna coklat. Pada mulanya grolar pertama kali di temukan pada tahun 1864, dan penemuan tersebut adalah merupakan penemuan dari jenis grolar tertua. Beberapa ilmuan berpendapat, adanya grolar mungkin terjadi akibat dahulu beruang kutub terdesak oleh hilangnya salju dan es akibat pemanasan global yang kemudian bermigrasi dan bertemu dengan beruang Grizzly. Fakta lain yang mengejutkan dari Grolar adalah beruang ini menuruni sifat dari beruang Grizzly yang mampu hidup di alam tropis jauh dari salju.

Sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa hasil dari perkawinan silang predator buas yang menghasilkan keturunan unik dan sangat keren karena memiliki gabungan dari kedua sifat induknya. Bener-bener sangat unik dan keren kan hasil perkawinan silang tersebut? menurutmu mana dari kelima hewan tersebut yang pantas kamu jadikan hewan peliharaan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *