Sedang memuat 5 Presiden Yang Tegas Terhadap Pelaku Korupsi Di Pemerintahannya, Semoga Presiden Indonesia Mengikuti Langkah Mereka

5 Presiden Yang Tegas Terhadap Pelaku Korupsi Di Pemerintahannya, Semoga Presiden Indonesia Mengikuti Langkah Mereka

Dari sekian banyak kasus kejahatan yang melibatkan masalah uang yang paling parah ada di seluruh negara di dunia ini adalah kasus korupsi. Kasus korupsi mungkin adalah sebuah kasus yang sudah tidak asing lagi di temui pada jajaran pemerintahan negara di dunia. Pada dasarnya korupsi itu terjadi akibat naluri perilaku dari hawa nafsu manusia yang tidak terbendung. Bahkan mungkin memang tidak terbendung, melainkan sengaja tidak di bendung karena menurut sebagian orang uang adalah sumber kebahagian dalam kehidupan manusia.

lawan korupsi
lawan korupsi [ image source ]

Tidak bisa di pungkiri bahwa kehidupan sehari-hari membutuhkan uang, oleh sebab itu tidak sedikit yang di silaukan oleh uang untuk kepentingan pribadi. Korupsi adalah salah satu wujud memperkaya diri dengan jalan yang salah karen sama saja halnya dengan perilaku pencurian atau mencuri. Bahkan beberapa negara di dunia sangat membenci perilaku korupsi, karena korupsi adalah perbuatan yang sangat merugikan negara. Saking bencinya terhadap kasus korupsi yang terjadi di negaranya, beberapa Presiden ini tidak segan-segan memberi hukuman yang berat bagi para koruptor. Yuk simak siapa saja Presiden yang tegas menindak para koruptor di negaranya.

1. Presiden Peru – Ollanta Humala

Ollanta Humala adalah salah satu kandidat calon presiden yang memenangkan pemilu di tahun 2011. Humala memperoleh suara kemenangannya pada putaran ke dua setelah menglahkan perolehan suara dari kandidat lainnya Keiko Fujimori. Humala adalah merupakan mantan seorang perwira tentara, yang kemudian terjun di dunia politik dan menjadi ketua Partai Nasionalis Peru.

Presiden Peru – Ollanta Humala [ image source ]
Presiden Peru – Ollanta Humala [ image source ]

Berawal dari sepak terjang pengalamannya yang pernah menjaba sebagai perwira tentara, ketegasan Humala mulai di tampakkan saat selesai di lantik menjadi seorang presiden Peru. Tidak berselang lama setelah menjabat presiden, Humala langsung membuat keputusan besar yang memerangi aksi korupsi di pemerintahannya. Ketegasannya terlihat dari pemberhentian 30 jendral di kepolisian yang di sinyalir terlibat kasus korupsi yang sangat merugikan negara peru.

2. Presiden Korea Selatan – Lee Myung Bak

Sikap tegas dari aksi penolakan korupsi di sebuah pemerintahan negara juga di tunjukkan oleh presiden Korea Selatan Lee Myung Bak. Pada saat masih menjabat sebagai presiden Korea Selatan, sikap tegas Lee akan kasus korupsi terbilang cukup di rasa sangat tegas. Lee Myung Bak bahkan tidak segan menyuruh anggota kepolisian untuk menangkap kakaknya sendiri yang bernama Lee Sang Duek karena terlibat kasus penyuapan.

Presiden Korea Selatan – Lee Myung Bak
Presiden Korea Selatan – Lee Myung Bak [ image source ]

Meski pada saat itu kakaknya sedang menjabat sebagai anggota parlemen Korea Selatan, Lee tidak merasa canggung untuk menangkapnya meski dia adalah bagian dari keluarganya. Pada waktu itu kakanya diduga telah menerima suap dari pimpinan bank yang meminta pertolongan Duek agar terhindar dari masalah audit yang di lakukan pemerintahan Korea Selatan. Atas kejadian tersebut, Lee sebagai Presiden sangat menyayangkan perilaku yang di miliki oleh kakanya, bahkan Lee tidak sungkan untuk langsung meminta maaf kepada rakyatnya atas kejadian tersebut.

3. Presiden Filipina – Benigno Aquino III

Filipina adalah merupakan salah satu negara yqang berdekatan dengan negara Indonesia yang juga pernah memiliki seorang presiden yang tegas terhadap kasus korupsi di negaranya. Presiden tersebut adalah Benigno Aquino III yang merupakan presiden yang sangat terkenal ketegasannya dalam menangani kasus korupsi yang merugikan negaranya. Salah satu prestasinya dalam memberantas korupsi di negaranya adalah ketika saat keberhasilannya menangkap mantan presiden Gloria Macapagal Arroyo.

Presiden Filipina – Benigno Aquino III
Presiden Filipina – Benigno Aquino III [ image source ]

Mantan presiden Gloria Macapagal Arroyo berhasil di tahan karena di duga menyalah gunakan dana lotere yang benilai hingga Rp.84 miliyar. Kasus korupsi yang merugikan banyak warganya ini masih dalam tahap pemeriksaan lebih lanjut. Namun hukuman penjara seumur hidup telah menanti Gloria karena kesenang-wenangannya dalam menggunakan uang lotere tersebut.

4. Presiden Liberia – Ellen Johnson Sirleaf

Presiden lain yang sangat benci dengan korupsi adalah berasal dari Liberia yang bernama Ellen Lohnson Sirleaf. Presiden ini di kenal dengan ketegasanya dalam memberantas kasus korupsi di negaranya. Presiden yang menjabat sejak tahun 2006 ini telah banyak sekali menangani kasus korupsi yang telah merugikan negaranya.

Presiden Liberia – Ellen Johnson Sirleaf
Presiden Liberia – Ellen Johnson Sirleaf [ image source ]

Salah satu prestasi dari pemberantasan kasus korupsi yang sangat menggemparkan adalah dengan pemecatan anaknya yang ikut menjabat dalam pemerintahannya. Anaknya di pecat beserta dengan 45 orang pejabat Liberia lainnya karena tidak mau menyerahkan daftar kekayaan yang dimiliki untuk keperluan audit pemerintahan Liberia. Selama belum bisa menunjukkan hasil dari daftar kekayaan yang di miliki, maka semua orang yang di pecat ini masih akan terus menjadi tersangka yang di duga telah melakukan upaya korupsi yang merugikan negara.

5. Presiden Meksiko – Felipe Calderon

Jika ditanya siapakah orang yang paling anti dengan perilaku korupsi di negara Meksiko, maka jawabannya adalah Felipe Calderon. Calderon adalah salah satunya dari sekian banyak presiden yang ada di dunia yang sangat tegas menindak tindak perilaku korupsi di negaranya. Bahkan Calderon adalah salah satu presiden Meksiko yang telah banyak memberikan keputusan dalam membarantas korupsi di negaranya.

Presiden Meksiko -  Felipe Calderon
Presiden Meksiko – Felipe Calderon [ image source ]

Mungkin terlihat seperti hal yang mustahil ketika Calderon tidak segan memecat 4500 anggota kepolisian yang di sinyalir terkait kasus penyuapan. Kasus pemecatan ini adalah kasus terbesar yang pernah terjadi di Meksiko, dan menjadi salah satu kasus penyuapan terparah melibatkan banyak anggota dari kepolisian Meksiko yang menyalah gunakan wewenang jabatannya untuk segala jenis tindakan yang banyak merugikan negara. Semua masalah itu tidak terlepas dari masalah suap dalam kejahatan terorganisir meliputi narkoba dan yang lainnya.

Nah sahabat iyakan.com, itulah beberapa presiden yang sangat benci terhadap kasus penyuapan maupun korupsi di negaranya. Sejatinya memang seharusnya kasus korupsi itu mendapatkan perlakuan tegas agar menimbulkan efek jera. Hukuman seberat-beratnya mungkin adalah hukuman yang pasntas untuk seorang koruptor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *