Sedang memuat 5 Ritual Bayi Paling Aneh Dan Mengerikan Yang Bakal Bikin Emaknya Ngelus Dada

5 Ritual Bayi Paling Aneh Dan Mengerikan Yang Bakal Bikin Emaknya Ngelus Dada

Ritual adalah salah satu rangkaian kegiatan yang sering di lakukan sebagai sarana, kegiatan simbolis, atau langkah cara untuk mencapai tujuan tertentu berdasarkan keyakinan dari masing-masing penganutnya. Faktanya dari zaman dahulu hingga sekarang, keberadaan dari pelaksanaan ritual hampir tidak pernah mengalami kepunahan. Buktinya di dunia modern seperti sekarang masih banyak orang-orang yang melakukan berbagai macam ritual khusus demi mendapatkan atau mencapai sesuatu yang di inginkannya.

ritual bayi paling aneh
ritual bayi paling aneh [ image source ]

Fenomena dari prosesi ritual memanglah sangat beragam dengan keunikannya masing-masing, seperti contoh dengan adanya ritual untuk memanggil hujan, ritual untuk mendapatkan jodoh dan masih banyak lagi ritual lainnya. Ngomongin soal berbagai macam ritual, mungkin untuk prosesi ritual berikut ini bisa di bilang sangat unik lantaran prosesi yang di lakukan di khususkan untuk para bayi. Beberapa di antara ritual bayi berikut ini memang ada yang terbilang ekstrem. Dari pada penasaran dengan bagaimana prosesi ritual unik untuk para bayi ini, yuk simak saja ulasan berikut ini.

1. Ritual Mengasapi Bayi

Ritual Mengasapi Bayi
Ritual Mengasapi Bayi [ image source ]

Bagaimana menurutmu jika ada seorang bayi yang baru lahir kemudian harus menjalani ritual dengan di taruh di atas asap yang aromanya sangat pedas yang bisa membuat mulut, hidung dan mata menjadi pedih ibarat terkena gas airmata. Mungkin sebagian dari kamu akan menjawabannya bahwa ritual tersebut sangatlah ekstrem, namun itulah realita dari ritual yang masih banyak di lakukan di kawasan Afrika khususnya oleh orang-orang dari Umtata di Eastern Cape. Ritual tersebut di sebut dengan ritual Sifudu, yaitu ritual untuk membersikan jiwa bayi yang baru lahir agar kelak menjadi seseorang yang pemberani dan kuat. Porosesi ritualnya adalah dengan menyiapkan daun sifudu yang di bakar untuk membuat asap kemudian sang bayi di jungkir dengan posisi kepala di bawah lalu di posisikan persis berada di atas asap yang telah di buat.

2. Ritual Menginjak Bayi

Ritual Menginjak Bayi
Ritual Menginjak Bayi [ image source ]

Tidak perlu di perhitungkan lagi bahwa faktanya tubuh manusia dewasa itu lebih berat dari berat tubuh anak kecil, oleh sebab itulah kemungkinan buruk yang terjadi jika tubuh manusia dewasa menginjak tubuh anak kecil dapat mengakibatkan patah tulang hingga kematian. Meskipun hal tersebut sudah jelas kebenarannya, namun faktanya di dunia ini pernah ada praktek ritual yang di lakukan dengan cara menginjak tubuh bayi oleh orang dewasa. Praktek tersebut dilakukan oleh orang India bernama Jamun Yadav yang merupakan seorang ahli pengobatan alternatif. Salah satu yang paling parah adalah ritual menginjak bagian leher bayi yang menurut Yadav adalah cara untuk mengatasi masalah radang tenggorokan. Alhasil akibat ritual yang di jalaninya tersebut, Yadav akhirnya harus berada di balik jeruji besi setelah di tangkap oleh polisi atas ritualnya tersebut.

3. Ritual Melempar Bayi

Ritual Melempar Bayi
Ritual Melempar Bayi [ image source ]

India mungkin adalah salah satu dari sekian banyak negara yang terdapat banyak sekali melakukan prosesi ritual dalam kesehariannya. Jika pada sebelumnya terdapat ritual yang di lakukan oleh Yadav dengan menginjak bayi, maka untuk yang satu ini adalah ritual dari tradisi turun temurun yang masih eksis yaitu ritual melempar bayi dari ketinggian tertentu. Tentunya dalam pelemparan bayi yang di lakukan, di bawahnya telah di siapkan benda berupa kain yang di bentangkan dan di pegang oleh banyak orang untuk menangkap bayi yang di lemparkan. Ritual ini di sebut dengan nama Okali , yang merupakan prosesi ritual melempar bayi dari atas kuil agar menjadikan bayi menjadi seorang pemberani dan kuat. Meskipun ritual Okali telah banyak sekali menuai kecaman, namun ternyata beberapa masyarakat yang mempercayai khasiat dari ritual ini tetap tidak bergeming dengan terus melakukan ritual ini di setiap tahunnya.

4. Ritual Mengubur Anak Hingga Sebatas Leher

Ritual Mengubur Anak Hingga Sebatas Leher
Ritual Mengubur Anak Hingga Sebatas Leher [ image source ]

Salahs atu kebiasaan yang di lakukan saat bermain di pantai adalah bermain dengan pasir pantai dan salah satu yang kerap sekali di lakukan adalah mengubur diri dengan pasir pantai. Masih berkaitan dengan pasir pantai yang kerap di jadikan media untuk bermain ketika di pantai, ternyata pasir pantai juga di gunakan oleh sebagian orang untuk menjalankan ritual yang di percayainya. Lagi-lagi ritual ini masih banyak di lakukan oleh orang-orang India jika memiliki keturunan yang lahir mengalami cacat. Menurut dari kepercayaan beberapa orang India yang melakukan ritual mengubur anak ini mengatakan bahwa anak yang terlahir cacat di akibatkan karena gerhana matahari, maka untuk itu harus di lakukan ritual penguburan sebatas leher saat terjadinya gerhana matahari selama 6 jam lamanya. Meskipun beberapa ahli di Ilmu Kesehatan Mental dan Neuro Bangalore telah mengatakan tidak ada keterkaitan mengenai cacat dengan gerhana matahari, namun beberapa orang di India masih melakukan ritual dari kepercayaan mengubur bayi di waktu terjadinya gerhana matahari.

5. Ritual Melompati Bayi

Ritual Melompati Bayi
Ritual Melompati Bayi [ image source ]

Ritual melompati bayi ini mungkin terlihat sedikit lebih tidak se ekstrem dari ritual bayi-bayi sebelumnya. Pasalnya ritual melompati bayi ini hanya di lakukan dengan cara seperti orang sedang melompati sesuatu seperti biasa. Sebelumnya beberapa bayi yang di ikutkan dalam ritual ini telah di kenakan pakaian putih yang kemudian di letakkan kasur yang di letakan di tanah lapang. Setelah itu para bayi akan di lompati oleh seseorang yang mengenakan kostum iblis. Ritual lompat bayi ini masih sering di lakukan oleh orang-orang yang berada di Castrillo de Murcia, Spanyol Utara dengan sebutan ritual El Cholaco. Salah satu resikonya adalah jika sang pelompat gagal melakukan aksinya, maka kemungkinan besarnya adalah sang bayi akan tertimpa tubuh pelompat. Meskipun terlihat berbahaya, namun justru ritual lompat bayi ini adalah merupakan ritual yang kerap di tungu-tunggu oleh masyarakat sekitar karena di percaya mampu menghapuskan dosa dari bayi-bayi tersebut.

Sahabat iyakan.com, itulah beberapa ritual pada bayi yang tentunya bisa bikin emaknya ngelus dada karena berdebarnya melihat prosesi ritual tersebut. Meski bebera ahli telah menyebutkan bahwa ritual tersebut tidak ada sangkut autnya dengan kepercayaan yang mereka yakini, faktanya tidak sedikit para orang tua justru sangat percaya untuk mengikut sertakan anaknya meskipun resikonya bisa sangat fatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *