Nggak Kalah Dengan Kota Lainnya, Surabaya Juga Punya 5 Taman Yang Sangat Cantik

Kota Surabaya adalah salah satu kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Timur dan juga merupakan kota terbesar ke dua setelah Ibukota Jakarta. Dalam perkembangannya, kota Surabaya memiliki kemajuan yang cukup signifikan dari beberapa aspek seperti kinerja pemerintahan, tata kota dan lainnya. Mungkin masyarakat Surabaya harus bangga dengan kepemimpinan Walikotanya yang membawa banyak perubahan untuk Surabaya. Kinerja sang Walikota Sri Rismaharani atau sering di sebut dengan Risma memang pantas mendapatkan acungan jempol, karena hingga masalah yang terkecil pun di perhatikannya.

taman kota surabaya
taman kota surabaya [ image source ]

Sosok dari wanita super yang satu ini melejit membawa kota Surabaya menuju kota yang tertata dan indah. Salah satu wujud kecintaan terhadap Surabaya adalah dengan di bangunnya beberapa taman yang ada di kota ini, bahkan taman ini tidak kalah indahnya dengan taman yang ada di kota lain. Yuk simak beberapa tempat yang di ubah menjadi taman indah atas dari hasil karya Ibu Risma.

1. Taman Bungkul

Pasti masyarakat Surabaya tidak asing dengan yang namanya taman bungkul, salah satu taman indah yang berada di jalan raya Darmo. Taman ini adalah salah satu taman yang kini menjadi icon dari kota Surabaya. Dulunya taman bungkul di penuhi oleh banyak pedagang kaki lima, bahkan taman ini terlihat sebagai taman kota yang tergolong kumuh.

Taman Bungkul
Taman Bungkul [ image source ]

Namun semenjak masa kepemimpinan walikota Sri Rismaharani, taman ini menjadi terlihat lebih bersih, indah dan terbebas dari kata kumuh. Berbagai tanaman yang indah kini banyak sekali tertanam di taman ini yang pastinya bakalan membuat pemandangan semakin cantik. Selain keindahannya, kini area parkirnya juga tampak begitu tertata rapi sehingga kendaraan yang di parkir tidak menggangu lalu lintas sekitar taman.

2. Taman Mundu

Taman mungkin dulunya adalah sebuah taman yang memiliki sejarah yang sama dengan taman Bungkul. Taman ini dulu terlihat kumuh dan tidak terawat, bahkan bau dari aroma pesing yang menyengat selalu tercium di taman Mundu. Banyak orang yang tidak bertanggung jawab kerap melakukan hal jorok dengan menjadikan taman ini sebagai toilet cepat.

Taman Mundu
Taman Mundu [ image source ]

Kini taman Mundu telah di sulap kembali menjadi taman dengan penuh keindahan yang menjadi kebanggaan warga Surabaya. Taman Mundu berada di jalan Tambaksari yang berada di seberang Stadion Gelora Sepuluh November Tambaksari Surabaya. Di taman ini terdapat beberapa fasilitas yang dapat di gunakan sebagai area bermain anak. Selain itu dekorasi air mancur, kolam air, lampu-lampu hias toilet mewahdan hiasan lainnya juga menambah kesan bahwa taman Mundu kini adalah taman yang super indah.

3. Taman Flora

Seperti dengan namanya, taman Flora adalah merupakan taman yang di lingkupi oleh banyak jenis dari bibit tanaman. Taman ini adalah merupakan salah satu paru-paru hidup di kota Surabaya yang kerap di jadikan tempat rekreasi oleh masyarakat Surabaya. Taman ini sangat cocok di jadikan tempat rekreasi sambil belajar tentang beberapa hal mengenai Flora.

Taman Flora
Taman Flora [ image source ]

Taman flora adalah merupakan taman indah dan murah yang biasanya di padati pengunjung pada hari sabtu dan minggu. Di taman ini terdapat banyak sekali dari jenis bibit tanaman yang di kembang biakkan, selain itu di taman ini juga terdapat fasilitas bermain anak, kolam ikan dan masih banyak lagi lainnya. Taman Flora ini diresmikan Walikota Surabaya Ibu Risma di tahun 2007, sekarang taman ini beroperasi di bawah naungan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Pemerintahan Kota Surabaya.

4. Taman Balaikota

Taman Balaikota dahulunya juga seperti dengan taman-taman lainnya yang memiliki sejarah kelam akan kesan kumuh yang melekat. Namun kini pemandangannya bisa berbanding terbalik dengan taman Balaikota yang belum mendapat perhatian khusus. Tekad dari Risma menjadikan kota Surabaya cantik dengan tamn-tamannya kini terwujud dengan hasil perubahan yang terjadi salah satunya di taman Balaikota.

Taman Balaikota Surabaya
Taman Balaikota Surabaya [ image source ]

Kini keindahan dari taman Balaikota telah banyak menarik para warganya untuk emadati kawasan taman ini setiap harinya. Banyak dari masyarakat Surabaya memberi apresiasi yang positif karena taman balaikota kini terlihat sangat cantik. Adanya air mancur yang menyembur secara bergantian menjadikan tempat ini tidak sepi di kungjungi oleh anak-anak yang gemar bermain air.

5. Taman Mpu Tantular

Taman mpu Tantular adalah taman yang di penuhi dengan berbagai jenis tumbuhan hijau yang membuat area sekitar taman ini terlihat cantik. Salah satu icon yang ada di taman ini adalah adanya patung mpu Tantular yang ada menghiasi di tengah taman ini. Suasana sejuk taman ini dengan banyaknya tumbuhan yang rindang pastinya bakal membuat betah berada di taman ini.

Taman Mpu Tantular
Taman Mpu Tantular [ image source ]

Taman ini berada di jalan Mayangkara, setiap harinya taman ini mendapatkan perawatan ekstra yang membuat taman ini selalu terjaga kebersihandan keindahannya. Hasil kerja nyata dari Risma ternyata berbuah hasil yang memuaskan bagi para masyarakat kota Surabaya. Taman ini lokasinya juga tidak jauh dengan kebun binatang Surabaya, jadi jika sudah mulai jenuh berada di taman maka para pengunjung bisa melanjutkan wisatanya ke kebun binatang.

Itulah beberapa taman yang sengaja di garap oleh Sri Rismaharani untuk di fungsikan sebagai paru-paru kota Surabaya dan juga tempat rekreasi murah untuk masyarakatnya. jika kamu lagi berada di Surabaya, jangan lupa ya mampir ke beberapa taman kota tersebut, di jamin nggak kalah indahnya dengan taman di kota lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *