Sedang memuat 6 Cara Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Kamu Sudah Ngantuk Tapi Nggak Bisa Tidur

6 Cara Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Kamu Sudah Ngantuk Tapi Nggak Bisa Tidur

Tidur adalah salah satu aktivitas rutin yang memiliki banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh makhluk hidup seperti manusia dan makhluk hidup lainnya. Namun meskipun tidur adalah salah satu aktivitas kebutuhan yang di butuhkan manusia, tapi tidak sedikit loh banyak orang yang justru sering mengalami gangguan susah untuk tidur atau sering di sebut dengan Insomnia. Ciri-cirnya adalah di mana tubuh sudah merasa lelah, mata sudah merasa ngantuk tapi tetap saja nggak bisa tidur.

susah tidur
susah tidur [ image source ]

Menderita Insomnia tentunya akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh, terutama dalam segi kesehatan yang tentunya dapat menurunkan daya tahan fisik seseorang yang menderitanya. Nah bagi kamu yang akhir-akhir ini mengalami hal seperti itu, ngantuk tapi tetap nggak bisa tidur. Yuk coba atasi masalah susah tidurmu dengan 6 cara berikut di bawah ini.

1. Matikan Lampu

matikan lampu
matikan lampu [ image source ]

Meski terlihat sepele, namun langkah ini bisa kamu coba lakukan jika kamu sudah merasa ngantuk tapi masih saja nggak bisa pejamin matakamu untuk tidur. Nggak usah takut gelap, karena gelap akan lebih membantumu mengatasi rasa ngantuk yang ujung-ujungnya nggak bisa tidur. menurut penelitian, kondisi gelap ternyata dapat membantu menurunkan kadar stres yang kerap membuat orang menjadi susah tidur. Untuk itulah bagi kamu yang sudah ngantuk tapi nggak bisa tidur, coba deh mulai saat ini kamu selalu matikan lampu kamarmu saat mau bobok.

2. Gunakan Bantal Guling Yang Nyaman

tidur dengan bantal guling yang nyaman
tidur dengan bantal guling yang nyaman [ image source ]

Kenyamanan tentunya adalah salah satu faktor utama yang dapat menunjuang agar seseorang dapat tidur dengan lelap. Nah bagi kamu yang sudah ngantuk, sudah rebahan di tempat tidur tapi tetap nggak bisa menjamin mata, mungkin bisa jadi itu karena bantal dan gulingmu. Nah jika memang seperti itu keadaannya, coba deh kamu kondisikan lagi posisi bantal dan gulingmu, buat senyaman mungkin tubuhmu. Jika perlu cobalah ganti bantal gulingmu itu dengan bantal guling yang benar-benar dapat membuatmu lebih merasa nyaman. Jangan lupa juga untuk selalu rajin membersihkan kamar tidurmu agar kamu juga lebih merasa nyaman dengan suasananya.

3. Gunakan Pakaian Yang Nyaman Untuk Tidur

gunakan pakaian yang nyaman
gunakan pakaian yang nyaman [ image source ]

Selain kamu harus memiliki bantal guling, serta ruangan yang nyaman digunakan untuk tidur, maka jangan lupa juga untuk mengenakan pakaian yang nyaman. Sebab pakaian yang nyaman tentunya akan membuat tubuhmu lebih nyaman pastinya, jadi pakaianmu nggak bakal bikin kamu gelisah karena bahannya yang panas di kulit. Sebisanya hindari menggunakan pakaian yang ketat, karena dapat pakaian ketat dapat menghambat proses sirkulasi darah di kulit sehingga dapat membuat kulit jadi merasa tidak nyaman. Sebaiknya gunakanlah pakaian yang kainnya dingin di kulit seperti bahan katun, dan carilah yang kainnya memiliki tekstur halus.

4. Minum Susu Atau Air Hangat Sebelum Tidur

minum susu sebelum tidur
minum susu sebelum tidur [ image source ]

Langkah berikutnya yang harus kamu coba jika kamu mengalami susah tidur saat sudah benar-benar merasakan ngantuk. Maka kamu bisa melakukannya dengan minum susu atau air putih hangat sebelum menjelang waktumu tidur. Susu sendiri ternyata memiliki kandungan yang bernama Triptofan yang merupakan zat yang dapat berubah menjadi hormon melatonin. Zat melatonin sendiri adalah zat yang dapat membuat seseorang merasa ngantuk, dan tidak hanya itu zat tersebut juga akan membuat seseorang menjadi nyenyak dalam tidurnya. Jika tidak suka dengan susu, kamu juga bisa menggantinya dengan air putih hangat.

5. Lakukan Peregangan Sebelum Tidur

lakukan peregangan sebelum tidur
lakukan peregangan sebelum tidur [ image source ]

Jangan terlalu menyepelekan aktivitas peregangan otot pada saat tidur, karena langkah ini ternyata juga mampu membantumu mengatasi susah tidur. Melakukan peregangan atau pemanasan sebelum tidur ternyata dapat membantu melemaskan otot-otot tegang di bagian tubuh. Stres adalah pemicu seseorang menjadi susah tidur, sedangkan stres mengakibatkan semua otot tubuh menjadi tegang. Memang sih terkadang kamu nggak akan ngerasa secara langsung otot yang tegang saat stres, tapi melakukan peregangan atau pemanasan sebelum tidur bisa kamu lakukan untuk melemaskan otot di seluruh tubuh yang lagi tegang. Selain otot, tentunya peredarah darah juga bisa kembali lancar sehingga akan membuat kamu lebih rileks menjelang saat-saat mau tidur.

6. Mandi Dengan Air Hangat

mandi dengan air hangat
mandi dengan air hangat [ image source ]

Tentunya selain dapat membersihkan badan, mandi dengan air hangat dapat menimbulkan efek yang dapat merilekskan seluruh anggota badan. Sifatnya hampir sama dengan melakukan peregangan yang dapat membantu melemaskan semua otot-otot yang tegang akibat stres dan juga mampu memperlancar peredaran darah di tubuh. Maka dari itu, jika kamu sudah ngantuk tapi kok tetap saja nggak bisa mejamin mata alias tetap nggak bisa tidur, langkah yang harus di coba adalah dengan mandi dengan air hangat agar bisa merilekskan anggota tubuhmu. Selain dapat merilekskan otot yang tegang, masalah seperti nyeri punggung, pusing pun juga dapat teratasi dengan mandi dengan air hangat.
Nah sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu gunakan jika kamu mengantuk tapi tetap tidak dapat tidur. Jika kamu sudah melakukan dari langkah-langkah di atas namun kamu masih juga tidak bisa tidur, maka sebaiknya segeralah mengkonsultasikannya ke dokter agar masalahmu bisa teratasi. Bukan melarang minum obat tidur, tapi sebaiknya minumlah obat tidur atas anjuran yang telah di berikan oleh dokter agar obat yang kamu minum tidak menimbulkan efek yang membahayakan bagi tubuhmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *