6 Helm Perang Yang Disebut-sebut sebagai Helm Perang Zaman Kuno Yang Paling Unik di Dunia

Peperangan antar kelompok manusia sejatinya sudah dilakukan sejak zaman kuno, dan biasanya terjadi karena dipicu oleh hal perebutan wilayah kekuasaan. Tentu peperangan yang terjadi di zaman kuno tidaklah sama dengan zaman yang sudah mulai mengenal alat modern seperti senjata api, atau kendaraan tempur yang serba menggunakan mesin. Senjata yang di gunakan oleh masayarakat zaman kuno dahulu hanya sebatas senjata seperti pedang, golok, tombak, panah dan masih banyak lagi lainnya.

helm perang unik dari jepang
helm perang unik dari jepang [ image source ]

Nggak hanya sebatas membawa senjata untuk membela diri dan membunuh lawannya, zaman dahulu kebanyakan masyarakat di zaman kuno juga melindungi tubuhnya dengan memakai baju zirah atau baju perang. Nah yang nggak kalah pentingnya adalah kebanyakan dari mereka pmasyarakat kuno juga membuat helm perang. Helmnya pun nggak seperti helm pasukan militer di zaman sekarang, tapi sengaja dibentuk sedemikian mungkin agar dapat memberi kan kesan kepada lawannya bahwa pasukan perangnya terlihat lebih kuat bahkan mengerikan. Dan berikut inilah beberapa contoh helm perang dengan bentuk unik yang di gunakan pasukan perang pada zaman kuno.

1. The Royal Coats Of Arms

The Royal Coats Of Arms
The Royal Coats Of Arms [ image source ]

The Royal Coats Of Arms adalah merupakan helm perang yang dibuat pada tahun 1399 di masa pemerintahan Raja King Henry IV. Helm perang ini terbuat dari besi yang dimana pada bagian muka di hiasi dengan lambang kerajaan Inggris. Kalau di lihat-lihat memang helm perang The ROyal Coats Of Arms ini memiliki bentuk yang unik, namun sekalipun unik helm ini akan sempat bertahan hingga beberapa generasi. Yang pasti helm perang ini akan membuat prajurit yang memakainya terlihat lebih kuat dan gagah. Helm perang ini sejatinya di buat satu paket dengan baju zirah, dan paketan baju dan helm perang ini adalah merupakan baju perang yang paling sukai oleh Raja James II. The Royal Coats Of Arms sendiri memiliki arti yaitu Simbol Keadilan Raja.

2. Horned Helm

Horned Helm
Horned Helmet [ image source ]

Helm Horned adalah bagian dari baju zirah yang merupakan hadiah dari Maximilian I untuk Raja Henry VIII. Bentuk helm perang yang aneh ini menjadikan Raja Henry VIII bingung tentang makna yang terkandung dari model pembuatan helm perang ini. Desainnya yang aneh dan tak lazim ini bahkan sempat menimbulkan banyak perdebatan yang seru di dalam pihak kerajaan sendiri. Ada yang berpendapat bahwa helm perang ini menyuplik wajah dari badut yang sering ada di pengadilan milik raja Henry VIII. Pemberian nama Horned sendiri adalah karena helm ini memiliki dua buah tanduk atau artinya adalah Helm yang bertanduk. Horned helm ini sekarang tinggal menjadi satu-satunya helm perang yang keberadaannya hanya tinggal satu buah di dunia, dan menjadi barang langka yang kini dilindungi pemerintah Inggris.

3. Namea Lion’s Head

Namea Lion's Head
Namea Lion’s Head [ image source ]

Helm perang yang diberi naman Namea Lion’s Head ini adalah helm perang yang dibuat atau dibentuk menyerupai dengan kepala singa. Menurut cerita, helm ini dibuat karena terinspirasi oleh kisah Hercules yang berhasil mengalahkan seekor singa yang bernama Namea. Dalam kisah tersebut, Hercules sendiri menjadikan kepala singa Namea menjadi penutup kepala, dan menjadikan kulit tubuh singa tersebut menjadi jubah. Helm perang yang satu ini adalah salah satu helm perang yang paling dianggap spesial oleh masyarakat atau pasukan kerajaan Romawi Kuno di zamannya. Salah satu alasannya adalah karena helm perang ini melambangkan arti dari kekuatan, keberanian, dan ketekunan dari seorang prajurit perang.

4. Kawari Kabuto

Kawari Kabuto
Kawari Kabuto [ image source ]

Sesuai dengan namanya yang berbau bahasa Jepang, helm Kawari Kabuto ini memang berasal dari negara Jepang. Helm Kawari Kabuto ini biasanya di gunakan oleh para pemimpin samurai di medan peperangan antara tahun 1467-1603. Isnpirasi dari pembuatan helm perang ini sendiri adalah karena terinspirasi dari sosok wajah iblis Jepang dan berbagai macam sosok dari wajah binatang buas. Dalam pemakaian Kawari Kabuto sendiri ternyata ada aturannya, yaitu semakin tinggi jabatan orang maka sosok yang digunakan adalah Kawari Kabuto yang memiliki sosok paling terkuat. Contohnya adalah jika posisi seseorang menjabati pangkat jendral maka sosok yang dipakai adalah topeng dengan sosok dari Iblis yang dianggap paling kuat, begitu pula tentang sosok dari karakter hewan buas.

5. Bearded Parade Helmet

Bearded Parade Helmet
Bearded Parade Helmet [ image source ]

Helm perang yang satu ini adalah merupakan hadiah yang diperoleh pangeran Charles V dari kakeknya Macimilian I. Meskipun usianya tergolong masih sangat belia, namun pangeran Charles V sudah sering sekali menerima berbagai macam baju zirah yang megah. Bearded Parade Helmet sendiri adalah helm yang paling unik diantara helm perang yang dihadiahkan untuk pangeran Charles V. Helm ini dibuat khusus oleh tukang pembuat senjata yang terletak di Filippo Negroli. Desainnya yang hampir menutupi semua bagian kepala lengkap dengan ukiran rambut dan brewok yang menandakan arti keperkasaan. Desain dari Helm Breaded Parade Helmet tersebut juga melambangkan makna lain yang berarti adalah kejayaan dan kekuatan kerajaan Romawi Kuno.

6. Bamen

Bamen
Bamen [ image source ]

Helm perang unik yang terakhir adalah Bagai dan Bamen yang juga berasal dari negara Jepang. Sama-sama digunakan untuk berperang, namun Bagai dan bamen ini tidak di khususkan dipakai oleh manusia, melainkan dipakaikan untuk kuda perang milik samurai Jepang. Bagai sendiri adalah merupakan baju perang untuk kuda yang dibuat dari pecahan keramik yang dirajut sedemikian rupa, sedangkan Bamen adalah helm perang yang di desain menyerupai kepala naga. Menurut kisah sejarah, seorang yang mengendarai kuda yang dilengkapi Bagai dan Bamen hampir tidak pernah mengalami kekalahan pada saat berlangsungnya perang. Intinya Bagai dan Bamen ini dibuat untuk melindungi tubuh kuda, serta menambah kesan gagah bagi pengendara kuda tersebut.
Sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa ulasang mengenai Helm unik yang di pakai pada masa peperangan zaman kuno. Mungkin di luar sana masih banyak helm-helm perang unik zaman kuno yang belum sempat terekspos oleh dunia. Setiap daerah dan wilayah tentu memiliki keunikannya masing-masing dalam membuat helm perang. Nah menurutmu dari ke enam diatas, mana sih yang kamu anggap sebagai helm perang paling unik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *