Sedang memuat 6 Jalur Rel Kereta Api Yang Disebut-sebut Sebagai Jalur Kereta Api Paling Unik Di Dunia

6 Jalur Rel Kereta Api Yang Disebut-sebut Sebagai Jalur Kereta Api Paling Unik Di Dunia

Kereta api adalah salah satu jalur transportasi darat yang keberadaannya juga tidak kalah favorit dengan jenis transportasi lainnya. Semua itu tentunya karena dengan menggunakan kereta api dapat menghemat waktu perjalanan ketimbang menggunakan transportasi darat seperti bis atau yang lainnya. Pokoknya naik kereta api itu nggak bakal terkena macet, dan terlebih lagi harganya kini juga cukup terjangku untuk semua kalangan.

Jalur Kereta Api Paling Unik
Jalur Kereta Api Paling Unik [ image source ]

Kereta api memang nggak pernah kena macet seperti halnya kendaraan transportasi seperti bis di jalan raya. Penyebabnya tentu tidak lain karena kereta api memiliki jalur khusus yang memang hanya di peruntukkan untuk di lewati kereta api. Nah ngomongin soal jalur kereta api, penah dengar belum tentang jalur lintasa kereta api yang di sebut-sebut sebagai jalur kereta api paling unik di dunia? Kalau belum tahu, yuk simak ulasan berikut ini tentang jalur kereta api paling mengerika di dunia.

1. Hindenburgdamm – Jerman

Jalur Rel Kereta Api Hindenburgdamm Jerman
Jalur Rel Kereta Api Hindenburgdamm Jerman [ image source ]

Jalur kereta api Hindenburgdamm adalah jalur kereta api yang disebut-sebut sebagai jalur pesiar. Jalur kereta api yang memiliki panjang sekitar 11 km ini menjadi jalur yang sangat penting karena menghubungkan dua pulau antara pulau Frisian dengan kota Schleswig-Holstein, Jerman. Yang bikin jalur kereta api ini di sebut-sebut sebagai jalur kereta api unik adalah karena jalur ini dibangun melintas tepat ditengah laut. Jika pada waktu musim pasang tiba, maka air yang ada di sekitar jalur kereta api dapat mencapai lintasan rel kereta yang tentunya dapat mengakibatkan masalah pada kereta api.

2. Maeklong Market Railway – Thailand

Jalur Rel Kereta Api Maeklong Market Railway Thailand
Jalur Rel Kereta Api Maeklong Market Railway Thailand [ image source ]

Di Indonesia mungkin sudah banyak sekali keberadaan pemukiman yang ada di sekitaran jalur berbahaya kereta api. Memang sih membangun tempat tinggal di kawasan perlintasan kereta api itu sangat berbahaya, namun meskipun begitu masih saja banyak orang yang nekat tinggal meskipun resikonya sangatlah besar. Tidak Kalah ngerinya dengan rumah yang dibangun di kawasan rel kereta api yang ada di Indonesia, salah satu pasar yang ada di Thailand ternyata juga disebut-sebut menjadi pasar paling ekstrim di dunia. Pasar itu adalah Maeklong Market Railway, pasar yang ditengah-tengahnya ada jalur kereta apinya. Keberadaan pasar tersebut menjadikan jalur kereta api tersebut menjadi jalur lintasan rel kereta api yang tergolong unik. Uniknya adalah meskipun jalur tersebut masih aktif, namun kegiatan pasar masih saja tetap dilakukan sekalipun itu adalah merupakan lintasa kereta api.

3. Brusio Spiral Viaduct – Swiss

Jalur Rel Kereta Api Brusio Spiral Viaduct Swiss
Jalur Rel Kereta Api Brusio Spiral Viaduct Swiss [ image source ]

Negara Swiss adalah salah satu negara yang juga terkenal memiliki keindahan alamnya yang indah. Contohnya adalah dengan adanya gunung Alpen yang menjadi salah satu tempat surganya wisata sky di dunia. Dibalik keindahan panorama yang ada di negara ini, Swiss sendiri ternyata juga memiliki jalur lintasan kereta api yang tergolong sangat unik. Jalur kereta api itu adalah jalur Brusio Spiral Viaduct yang jalurnya sengaja dibuat melingkar untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kereta yang melintas. Alasannya adalah karena lokasi jalur kereta tersebut memiliki tingkat kemiringan yang sangat curam.

4. Rail Transit No.2 – China

Jalur Rel Kereta Api Rail Transit No 2 China
Jalur Rel Kereta Api Rail Transit No 2 China [ image source ]

Nah untuk jalur lintasan rel kereta api berikutnya tidak kalah uniknya dengan jalur-jalur rel kereta api sebelumnya. Mungkin sangat wajar ditemukan jika rel kereta api itu di sebelahnya dibangun gedung bangunan yang tinggi. Namun berbeda dengan lintasa yang ada di negara China satu ini yang disebut dengan Rail Transit No.2. Yang membuat jalur rel kereta api ini unik adalah jalur lintasan rel kereta api ini dibuat dengan menembus gedung-gedung telah dibangun disekitar kota Chongqing. Jalur rel kereta api monorail ini sengaja dibuat untuk dapat mengatasi masalah dari tingkat kemacetan yang terjadi di negara China.

5. Rovos Railway – Afrika Selatan

Jalur Rel Kereta Api Rovos Railway Afrika Selatan
Jalur Rel Kereta Api Rovos Railway Afrika Selatan [ image source ]

Selanjutnya jalur rel kereta api yang dianggap unik adalah berada di kawasan negara Afrika Selatan yang disebut dengan Rovos Railway. Awal mulanya jalur rel kereta api ini adalah jalur yang dibuat dan dimiliki oleh perusahaan Rovos. Namun pada akhirnya jalur rel kereta api ini sekarang difungsikan sebagai jalur untuk kereta api wisata. Uniknya dari jalur rel kereta Rovos ini adalah disepanjang jalur yang akan di lewati semuanya hampir menyajikan pemandangan alam yang begitu fantastis. Bahkan kereta ini sengaja di seting hanya melaju pada kecepatan 20-30km/jam, yang tentunya di tujukan agar para wisatawan dapat secara puas menikmati pemandangan alam sekitar sambil naik kereta.

6. Napier Gisborne Railway – Selandia Baru

Jalur Rel Kereta Api Napier Gisborne Railway Selandia Baru
Jalur Rel Kereta Api Napier Gisborne Railway Selandia Baru [ image source ]

Jalur rel kereta api yang terakhir adalah bernama Nepier Gisborne di Selandia Baru yang juga disebut-sebut sebagai jalur rel kereta api paling unik di dunia. Gimana nggak unik jika jalur rel kereta api ini membelah kawasan landasan pesawat terbang. Jika beruntung para penumpang kereta api tersebut dapat melihat pemandangan yang tidak lazim yaitu dapat melihat dengan mata kepala langsung pesawat yang sedang mencoba lepas landas. Meskipun terlihat agak menyeramkan karena bisa saja di tabrak oleh pesawat, jalur rel kereta api yang membelah landasan pacu bandara Gisborne ini nyatakan aman untuk di lintasi sekalipun ada pesawat yang mau melakukan lepas landas.
Sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa dari jalur rel kereta api yang tergolong kedalam jalur kereta yang unik di dunia. Dari mulai yang berada di tengah laut hingga yang membelah landasa pacu pesawat terbang, mana sih jalur yang ingin kamu coba lewati?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *