6 Makanan Yang Akan Membuat Gaji 5 Bulanmu Ludes Dalam Sekejap.

Makanan-Makanan Yang Langka Dan Super Mahal

Pada umumnya orang makan untuk memperoleh nutrisi dan agar bisa menjalani hidup sehat. Namun ada juga lo orang yang makan untuk menunjukkan kelas sosial serta kekayaannya. Jika orang-oorang biasa sekali makan, biaya yang di keluarkan hanya berkisar pilihan ribu, maka ada juga orang-orang tertentu yang sekali makan menghabiskan uang ratusan hingga jutaan rupiah.

Makanan Paling Mahal di Dunia
Makanan Paling Mahal di Dunia. image [source]

Makan apa saja ya sehingga sekali makan biaya yang dibayarkan ratusan hingga jutaan rupiah? padahal di warung makan padang uang 20 ribu saja sudah bisa dipakai untuk makan nasi sayur lauk lengkap plus masih dapat kembalian. Berikut ini jenis-jenis makanan yang harganya super mahal. Sekali makan makanan didaftar ini mungkin kamu harus puasa selama 5 bulan atau lebih. Makanan apa saja itu? Ini daftarnya.

1. Saffron

Makanan ini dikenal dengan kuma kuma. Sebetulnya saffron merupakan rempah rempah yang di peroleh dari pengolahan bunga crocus sativus. Saffron ini diambil dari bagian tangkai putik yang dikeringkan. Tiap 1 bunga crocus sativus ini Cuma menghasilkan 3 helai saffron. Jika di pakai sebagai bumbu pada makanan, safron menghasilkan warna kuning seperti kunyit. Tanaman kuma kuma berasal dari asia barat daya. Pertama kali di budidayakan di Yunani.Bagi penggemarnya saffron memiliki rasa khas sedikit pahit dan berbau harum. Aroma khas saffron ini berasal dari zat kimia yang disebut sebagai pirocrovon dan Safranal. Crocin ini membuat makanan berwarna kuning keemasan. Saffron ini juga dipakai untuk mengobati 90 macam penyakit. Tanaman ini sudah dibudidayakan sejak 3000 tahun yang lalu.

Gambar saffron serta bunga penghasilnya
Gambar saffron serta bunga penghasilnya. image [source]

Berbagai masakan dari Arab, India, Maroko, Asia Tengah, Iran, Eropa menggunakan saffron ini sebagai pewarna dan penambah aroma. Sering juga di pakai pada kue kue, permen dan minuman keras bunga safflower. Selain sebagai rempah rempah dan penambah aroma makanan, dalam ilmu kedokteran saffron berkhasIat sebagai zat antikarsinogen (anti kanker), anti mutagenik, meningkatkan sistem imun dan antioksidan. Harga saffron ini mahal karena untuk memproduksi satu pon (450 gram) saffron diperlukan 50.000-75000 kuntum bunga. Sebagai gambaran untuk menghasilkan 50000 bunga safron lahan yang diperlukan adalah seluas lapangan sepakbola. Harga rata rata dari saffron ini berkisar antara 1100 $ hingga 11000 $ amerika tiap kilogramnya. Mau mencoba makanan yang satu ini? Pastikan bawa uang saku yang banyak ya?

2. Semangka Densuke.

Semangka Densuke ini merupakan semangka berkulit hitam yang dibudidayakan di Hokaido. Satu buah melon Densuke ini pernah terjual dengan harga $6100 waktu diadakan lelang di Jepang. Kenapa harga sebuah semangka saja bisa semahal itu? Menurut ahli pertanian dari Hokaido Jepang, semangka Densuke ini ketika digigit terasa renyah dan agak keras. Tidak lembek seperti semangka pada umumnya. Semangka Densuke ini mempunyai tingkat kemanisan yang berbeda dari semangka jenis lain. Di samping itu harganya mahal karena dipanen dalam jumlah yang terbatas tiap musimnya.

Gambar semangka langka densuke
Gambar semangka langka densuke. image [source]

Semangka seberat 17 pound yang terjial seharga $6100 tersebut hanya diproduksi sejumlah 65 buah saja di seluruh dunia pada musim lalu. Semangka Densuke ini hanya mampu dibudidayakan di bagian utara pulau Hokaido. Mungkin itulah yang membuat semangka Densuke laku dijual dengan harga yang fantastis.

3. Melon Yubari

Jepang memang pusatnya barang barang aneh dan mahal. Seperti yang satu ini, melon Yubari. Pernahkan anda membayangkan ada melon seharga Rp. 116 juta. Hah, melon apa itu? Berapa banyak? Uang Rp 116 juta jika dibelikan melon di pasar buah bisa dapat 5 truck itupun masih ada kembalian. Namun uang Rp 116 juta ini jika dipakai untuk membeli melon Yubari Cuma dapat 1 buah. Sangat mahal bukan.

Gambar melon yubari dari Jepang yang renyah dah juicy
Gambar melon Yubari dari Jepang yang renyah dah juicy. image [source]

Melon Yubari ini merupakan melon hasil persilangan 2 jenis melon lain dan dibudidayakan di dalam rumah kaca. Melon Yubari mempunyai rasa daging buah yang lembut dan juicy. Melon ini di jual dengan harga sangat mahal karena diproduksi dakam jumlah yang terbatas. SeIrIng semakin populernya melon Yubari ini, harganyapun semakin tinggi dari waktu ke waktu. Saking mahalnya, melon Yubari ini hanya bisa dikonsumsi oleh orang orang tertentu.

4. Jamur Matsutake

Jamur Matsutake ini dikenal juga dengan nama jamur pinus. Jamur ini tumbuh bersimbiosis dengan akar tanaman pinus. Wilayah yang cocok untuk pertumbuhan jamur pinus ini antara lain: Asia, Eropa dan Amerika Utara. Oleh orang Jepang dan Cina Jamur ini dihargai sangat mahal. Rasa pedas serta aroma yang khas menyebabkan jamur ini diburu banyak orang. Jamur ini di jual dengan harga sangat mahal, yaitu $2000 atau 19 juta rupiah

Gambar jamur matsutake
Gambar jamur matsutake. image [source]

.
Penyebab mahalnya jamur Matsutake ini adalah karena untuk tumbuh dia memerlukan syarat khusus, yaitu harus di akar pinus di hutan tropis yang lebat. Selain itu untuk mencarinya juga harus bersaing dengan hewan hewan seperti tupai, kelinci dan rusa yang juga menyukai jamur Matsutake ini. Produksi jamur ini rata rata kurang dari 1000 ton pertahun.

5. Chocopologie

Coklat Chocopologie ini berharga $2600 tiap 450 gramnya. Coklat produksi Knipschildt ini mengandung black truffie serta 70% coklat carihola dari equador dan dibuat secara handmade. Oya, coklat ini juga hanya dibuat ketika ada pesanan saja.

Gambar coklat Chocopologie yang berharga mahal dan buatan tangan
Gambar coklat Chocopologie yang berharga mahal dan buatan tangan. image [source]

Coklat Chocopologie pertama kali di bangun pertama kali oleh Fritz Knipschildt seorang chef yang menempuh pendidikannya di Denmark pada tahun 1999. Yang membuat coklat ini sangat mahal adalah proses pembuatannya membutuhkan banyak waktu dan tenaga

6. Jamur Truffle Putih Itali

Jamur truffle sendiri sudah merupakan komuditas yang mahal harganya. Penyebabnya adalah karena jamur ini hanya bisa tumbuh alamai dan tidak bisa di budidayakan. Tumbuhnya jamur truffle ini pun hanya di akar pohon ek dan pohon birch saja. Celakanya lagi produksi jamur truffle alami ini tidak tetap setiap tahun. Jika ingin membudidayakannya, orang harus menanam pohon ek dan pohon birch dulu dan menunggunya hingga besar. Selain membutuhkan waktu lama, di itali lahannya juga terbatas.

Jamur Truffle Putih Itali
Jamur Truffle Putih Itali. image [source]

Umumnya jamur truffle berwarna hilan dengan ada alur alur mirip otak di permukaannya. Terkadang di temui jamur truffle yang berwarna putih. Oleh karena jarang ditemui dan langka tersebut, jamur truffle putih ini harganya sangat mahal. Jamur truffle putih terbesar yang pernah ditemukan di alam liar memiliki berat 1.5 kg. Jamur truffle putih tersebut kemudian terjual dengan harga $160 ribu dolar. Jumlah tersebut jika di rupiahkan menjadi sekitar 1.6 milyar rupiah. wah gaji berapa tahun itu habis hanya untuk sekali makan jamur truffle putih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *