Sedang memuat 6 Ritual Perkawinan Binatang Paling Aneh, Beberapa Diantaranya Sangat Mematikan

6 Ritual Perkawinan Binatang Paling Aneh, Beberapa Diantaranya Sangat Mematikan

Dalam dunia binatang, setiap makhluk yang di ciptakan pastinya memiliki cara tersendiri dalam berkembang biak untuk menghasilkan generasi berikutnya. Untuk urusan berkembangbiak, dalam dunia binatang juga di ketahui memiliki dua kelompok yaitu binatang yang dapat melakukan reproduksi dengan cara vegetatif atau sering di kenal dengan proses membelah diri, atau dengan perkembangbiakan secara generatif yang di lakukan dengan proses perkawinan.

perkawinan landak
perkawinan landak [ image source ]

Sekilas perkembangbiakan vegetatif dengan cara membelah diri terlihat memiliki proses yang sangat ekstrem karena harus memutuskan anggota tubuh demi terciptanyan generasi baru. Namun di balik ekstremnya membelah diri, ternyata dari cara perkembangbiakan generatif juga ada yang tidak kalah ekstremnya yaitu dalam beberapa proses perkawinan yang dilakukan, satu dari pelakunya harus mengalami kematian. Bahkan kematian dalam beberapa ritual perkawinan binatang itu sudah menjadi tradisi yang harus tercapai. Ngomongin soal perkawinan binatang, berikut ini adalah beberapa ritual perkawinan binatang yang paling aneh.

1. Perkawinan Siput Pisang

siput pisang
siput pisang [ image source ]

Siput pisang adalah salah satu hewan yang banyak ditemui di benua Amerika yang hidup tanpa dengan adanya cangkang. Siput pisang memiliki nama latin dolichophallus, dan seirng di sebut dengan siput pisang karena warna bentuk dan warna tubuhnya mirip dengan buah pisang. Salah satu hal yang menarik dari siput ini adalah, cara perkawinannya yang tergolong cukup unik. Pasalnya siput pisang tergolong kedalam kelompok jenis hewan hemaprodit yang artinya berkelamin ganda. Dalam beberapa kesempatan, siput pisang dapat melakukan hubungan seksual dengan dirinya sendiri. Jika memungkinkan harus melakukan perkawinan dengan siput lainnya, syarat utamanya adalah pasangannya harus benar-benar sama dalam segi ukuran tubuhnya. Jika memaksakan untuk melakukan perkawinan dengan siput yang lebih kecil, maka kemungkinan alat kelaminnya akan tersangkut dan harus di potong jika ingin terlepas dan di potong sama saja dengan bunuh diri.

2. Perkawinan Belalang Sembah

belalang sembah
belalang sembah [ image source ]

Perkawinan yang berlangsung dengan mengharuskan salah satu diantaranya mati, adalah salah satu hal tragis jika terjadi pada perkawinan manusia. Namun pada dunia binatang, kematian dalam setiap perkawinan adalah tujuan utama dalam hidup karena memang seperti itulah kodrat yang harus di jalani demi terbentuknya generasi baru. Bagi belalang sembah kematian yang terjadi dalam proses perkawinannya saja tidaklah cukup, karena bagi belalang sembah kematian yang terjadi harus disertai dengan proses kanibalisme terhadap pasangannya. Kodrat inilah yang harus di alami oleh belalang sembah jantan yang harus rela dimakan belalang sembah betina setelah melangsungkan ritual perkawinannya. Meskipun beberapa belalang sembah jantan dapat melarikan diri ketika hendak di makan oleh betina, namun fakta yang terjadi belalang sembah jantan seolah-olah lebih memilih untuk rela di makan sang betina yang telah dikawininya.

3. Perkawinan Gurita

Enterectopus dofleini
Enterectopus dofleini [ image source ]

Perkawinan binatang yang berimbas kepada kematian tidak hanya di alami oleh belalang sembah saja, melainkan juga dialami oleh gurita. Pasalnya bagi gurita pasifik yang bernama latin Enterectopus dofleini, perkawinan atau berhubungan seks sejatinya adalah awal dari sebuah kematian. Hal tersebut di sebabkan oleh proses perkawinannya yang cukup membuat gurita menderita, karena gurita jantan akan meniggalkan kelaminnya di kelamin betina untuk dapat membuahi ribuan sel telur. Setelah selesai maka keduanya akan mengalami infeksi akibat virus dan bakteri yang akan membuat kedua gurita menjadi pikun. Saat terkena infeksi, gurita jantan yang pada akhirnya akan mati terlebih dahulu karena akan mengalami kepikunan hebat. Sedangkan untuk gurita betina, kematiannya akan terjadi setelah pada akhirnya telur-telur yang di buahi menetas.

4. Perkawinan Anjing Laut Bertudung

Anjing Laut Bertudung
Anjing Laut Bertudung [ image source ]

Tidak hanya dari golongan manusia saja yang menyukai pasangan dengan hidung mancung, di dunia binatang juga ada ternyata yaitu anjing laut bertudung yang betinanya menyukai pejantan dengan hidung besar. Bagi anjing laut bertudung atau Cystophora cristata berjenis kelamin betina, semakin besar hidung dari sang pejantan maka semakin tinggi peluang untuk dapat mengawininya. Sejatinya hidung pada anjing laut uini bukanlah hidung asli, melainkan bagian kulit dalam rongga hidung yang mengalami perubahan menjadi sebuah kantung. Kantung tersebut adalah merupakan bagian tubuh yang di gunakan untuk memikat betina dengan cara meniup sebesar-besarnya kantung tersebut. setelah membesar, pejantan akan mencoba menarik perhatian dengan menggoyang-goyangkan kantung hidungnya. Bagi betina, pejantan yang memiliki kantung terbesar dengan semangat paling tinggi maka itulah yang akan dipilih oleh sang betina.

5. Perkawinan Angler Fish

Angler Fish
Angler Fish [ image source ]

Angler fish adalah salah satu ikan laut yang hidupnya di perairan dalam, dan termasuk kedalam salah satu diantara banyaknya ikan yang berwajah menyeramkan. Antara jantan dan betina memiliki perbedaan ukuran tubuh yang tidak lazim karena perbandingannya sangat jauh sekali berbeda. Tubuh angler fish betina mampu tumbuh mencapai panjang 20 cm lebih, sedangkan jantan hanya mampu tumbuh rata-rata mencapai 8 cm. Saat melakukan perkawinan, ikan jantan akan berusaha menancapkan gigi-gigi tajamnya ke tubuh sang betina agar angler fish jantan bisa menempel permanen. Setelah menempel, pejantan akan mengalami nasib tragis karena harus mati dan bersatu dengan tubuh sang betina hingga pada akhirnya hanya tinggal kelenjar kelaminnya saja. Sisa kelenjar kelamin sang jantan yang menempel kemudian akan di gunakan untuk membuahi telur pada saat betina membutuhkannya.

6. Perkawinan Landak

landak
landak [ image source ]

Jika manusia menggunakan parfum sebagai salah satu daya pikat kepada lawan jenis, maka untuk binatang penuh dengan duri yang di sebut landak justru menggunakan air kencingnya untuk memikat betina. Ketika landak jantan tertarik dengan landak betina, maka sang pejantan akan mengencingi sang betina dari jarak dua meter hingga basah kuyup. Air kencing yang di siramkan ke tubuh sang betina ternyata nantinya akan membuat sang betina terangsang. Jika tidak mengalami rangsangan dari air kencing pejantan tersebut, maka landak betina akan segera pergi untuk mencoba mendekati landak jantan lainnya. Bagi landak pejantan, gagal membuat sang betina terangsang dengan air kencingnya adalah salah satu kekecewaan terbesar, pasalnya landak betina hanya mampu birahi dalam waktu 8-12 jam saja pertahunnya, dan itu pun harus menunggu waktu pada musim panas atau di awal musim gugur. Gagal sama saja dengan harus bersabar untuk menunggu selama setahun lagi.

Nah sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa perkawinan di dalam dunia binatang yang tergolong unik. Pasalnya beberapa diantaranya, salah satu dari binatang tersebut harus mau mengalami kematian. Menurutmu, binatang mana yang paling romantis dari kisah perkawinan binatang diatas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *