6 Standarisasi Unik Untuk Kecantikan Bagi Para Wanita Yang Ada di Dunia

Bagi sebagian orang, kecantikan mungkin adalah salah satu hal yang masih banyak di perbedatkan dalam urusan patokan atau standarisasi cantiknya wanita itu seperti apa. Pasalnya cantiknya seorang wanita itu terbilang sangat relatif dari sudut pandang masing-masing. Dari mulai yang mengatakan cantik itu harus memiliki tubuh tinggi kurus, berpipi tirus, berhidung mancung dan masih banyak lagi lainnya.

wanita cantik
wanita cantik [ image source ]

Memang sih ngomongin soal kecantikan itu nggak bakal ada habisnya, apalagi kalau sudah menjurus pada fisiknya. Namun untuk standarisasi kecantikan berikut ini mungkin sedikit terlihat lebih unik karena mungkin nggak banget di lakukan oleh orang-orang modern seperti sekarang. Nah daripada penasaran, yuk simak saja ulasan berikut ini tentang standarisasi kecantikan unik yang ada di dunia.

1. Telinga Yang Semakin Panjang Semakin Cantik

telinga panjang suku maasai
telinga panjang suku maasai [ image source ]

Bagi masyarakat Suku Maasai Kenya Selatan, standarisasi kecantikan bagi para kaum wanitanya mungkin sangat berbeda jauh dengan wanita modern di zaman sekarang. Pasalnya kecantikan wanita Suku Maasai ini tidak di lihat dari alisnya yang tebal atau bibirnya yang merah merona, melainkan dengan melihat panjangnya telinga. Mungkin bagi orang modern ini adalah salah satu hal yang sangat unik, tapi ini adalah merupakan tradisi yang masih di jaga oleh masyarakat Suku Maasai . Agar bisa mendapatkan telinga yang panjang, biasanya kuping yang telah di lubangi kemudian di beri beban berat dengan berbagai macam benda atau perhiasan. Semakin panjang telinganya, maka semakin pula wanita itu akan di sebut-sebut sebagai wanita yang paling cantik.

2. Semakin Lebar Bibir Maka Semakin Cantik

bibir lebar suku maasai
bibir lebar suku maasai [ image source ]

Standarisasi kecantikan yang unik nggak cuma ada di Maasai Kenya Selatan dengan daun telinga yang panjang , tapi juga ada bibir lebar dari Suku Mursi di Ethiopia. Menurut mereka, wanita yang memiliki bibir lebar adalah termasuk kedalam kategori wanita cantik. Untuk memperoleh bibir yang lebar, biasanya wanita dari Suku Mursi ini melubangi bibirnya kemudian menaruh benda agar bibirnya bisa semakin melebar. Kebanyakan dari kaum wanita Suku Mursi banyak melakukan prosesi pelebaran bibir tersebut di saat umurnya menginjak usia 13 tahun. Benda yang dipakai untuk melebarkan bibir biasanya berupa sebuah piringan yang terbuat dari tanah liat, yang kemudian nantinya benda tersebut kalau sudah menikah akan di gunakan sebagai alat penghidang makanan bagi suaminya.

3. Semakin Memiliki Bentuk Kaki Yang Mungil Maka Semakin Cantik

kaki mungil di tiongkok
kaki mungil di tiongkok [ image source ]

Standarisasi kecantikan berikutnya berasal dari negeri Tirai Bambu Tiongkok yang menganggap semakin kecil dan mungilnya sebuah kaki maka dianggap semakin cantik. Untuk bisa mendapatkan kaki yang mungil, maka para wanita akan memakai sepatu yang telah di desain khusus untuk mengecilkan bagian kaki. Nggak kebayang kan gimana rasanya memakai sepatu biasa yang ukurannya lebih kecil dari ukuran kaki kita. Nah terus bagaimana rasanya memakai sepatu yang sudah di desain khusus agar bisa mengecilkan bentuk kaki kita, ya tentunya pasti sagat menyiksa. Namun sekalipun menyiksa, faktanya banyak wanita di zamannya rela memakainya mendapat demi predikat sebagai wanita tercantik. Tradisi seperti ini dulu menjadi tradisi yang sangat populer bagi masyarakat Tiongkok, namun sayang kini sudah mulai di tinggalkan.

4. Semakin Gemuk Maka Semakin Cantik

gemuk itu cantik
gemuk itu cantik [ image source ]

Kebanyakan orang modern sih bilang kalau wanita yang cantik itu adalah wanita yang meiliki berat badan yang ideal. Ideal itu nggak gemuk juga nggak kurus, tapi memiliki bentuk tubuh yang proporsional. Namun ternyata standarisasi kecantikan itu tidak berlaku bagi masyarakat Mauritania yang lebih menganggap semakin gemuk badan wanita maka akan semakin cantik. Untuk alasan itulah mengapa banyak khususnya wanita Mauritania yang berbadan gemuk, karena predikat semakin gemuk akan membuat mereka semakin cantik. Nggak tanggung-tanggung, untuk bisa mendapatkan gemuk para orang tua telah memulainya sejak usia balita kepada anak-anak perempuannya dengan memberi berbagai macam asupan gizi yang mengandung tinggi kalori.

5. Semakin Banyak Goresan Luka Maka Semakin Cantik

sayatan suku karo ethiopia
sayatan suku karo ethiopia [ image source ]

Mungkin adanya bekas luka adalah salah satu hal yang menjadi momok bagi para kaum wanita. Pasalnya banyak yang beranggapan bahwa bekas luka yang terlihat, akan menjadikannya tidak menarik untuk dilihat. Namun hal tersebut tidaklah berlaku untuk para wanita dari masyarakat Suku Karo di Ethiopia yang justru beranggapan bahwa semakin banyak bekas luka yang terlihat maka akan semakin menjadi cantik. Kebanyakan sih bekas luka tersebut memang sengaja dibuat, karena itu adalah merupakan simbol kecantikan. Beberapa cara yang dilakukan untuk mendapatkan bekas luka itu adalah dengan menyayat atau menusuk bagian tubuh khususnya pada bagian wajah. Semakin banyak luka yang membekas, bagi kaum wanita maka semakin pula wanita di suku Karo Ethiopia dianggap semakin cantik.

6. Semakin Panjang Leher Maka Semakin Cantik

leher panjang suku kayan
leher panjang suku kayan [ image source ]

Yang berikut ini nggak kalah ekstrimnya soal untuk mendapatkan predikat sebagai wanita paling cantik di kalangannya, yaitu dengan harus memiliki leher yang panjang. Standarisasi kecantikan ini ada dan dilakukan oleh banyak kaum wanita dari masyarakat Suku Kayan di Myanmar. Intinya untuk memperoleh predikat sebagai wanita cantik, mereka harus menjadikan lehernya semakin panjang. Caranya adalah dengan mengenakan tumpukan ring atau kalung besi pada leher, yang dimana semakin banyak di pasang maka akan semakin pula menjadikan leher semakin menjadi panjang. Sebetulnya ini adalah hal yang menyiksa, namun
demi mendapatkan predikat cantik, semua wanita dari Suku Kayan rela melakukannya, bahkan dilakukan sejak dari usia 5 tahun.
Nah sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa standarisasi kecantikan yang ada di dunia dengan segala keunikannya. Memang sih beberapa diantaranya terlihat sangat ekstrim, tapi sekalipun seperti itu ternyata tidak sedikit wanita banyak yang rela untuk melakukannya. Tentu alasannya adalah untuk mendapatkan predikat sebagai wanita paling cantik di komunitasnya. Ya pokoknya nggak berbeda jauh dengan zaman modern seperti sekarang yang rela merogoh uang banyak agar bisa tampil maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *