Pengen sukses? Yuk Belajar Merencanakan Penggunaan Waktu

Penggunaan Waktu Yang Efektif

Waktu adalah uang, itulah salah satu pepatah untuk menggambarkan bahwa waktu sangat berharga. Setiap orang hanya punya waktu 24 jam. Sedangkan aktivitas yang ingin dikerjakan sangat banyak. Dari banyak hal yang ingin dikerjakan tersebut ada yang penting dan ada pula yang tidak. Jika ingin berhasil dalam hidup, kita harus pandai dalam memanfaatkan waktu yang hanya 24 jam tersebut.

10 Cara Orang Sukses Merencanakan Waktu Mereka.
6 Cara Orang Sukses Merencanakan Waktu Mereka. image [source]

Orang orang sukses seperti Bill gates, Barack Obama dan Mark Zuckerber mempunyai perencannan waktu yang bagus. Berikut ini 6 cara orang orang sukses merencanakan waktu mereka.

1. Hanya Mengambil Keputusan Keputusan Penting.

Orang orang sukses menyimpan otak mereka hanya untuk mengambil keputusan keputusan penting. Itu sebabnya hal hal kecil seperti, baju apa yang di pakai pagi ini, mau sarapan apa, mau mengerjakan apa duluan, tidak perlu diputuskan tiap hari karena sudah terjadwal.

Hanya Mengambil Keputusan Keputusan Penting
Hanya Mengambil Keputusan Keputusan Penting. image [source]

Itulah sebabnya beberapa orang sukses seperti Obama, dan Mark Zuckeberk selalu punya pakaian yang sama hampir setiap hari. Demikian juga soal makan. Untuk urusan sarapan misalnya, orang orang sukses sudah punya jadwal rutin menu makanan yang akan mereka makan. Sehingga tiap hari mereka tidak perlu membuat keputusan, hari ini sarapan apa, hari ini sarapan apa. Ketika hal hal kecil sudah terjadwal maka otak dapat berpikir dengan cepat saat harus membuat keputusan yang penting.

2. Punya Daftar Rutinitas di Pagi Hari.

Orang yang sukses selalu mempunyai kondisi yang fit ketika mereka beraktivitas seharian. Salah satu penyebabnya karena mereka benar benar mempersiapkan diri untuk menghadapi aktivitas seharian bekerja. Di waktu pagi tubuh mereka masih segar karena baru bangun dari istirahat. Agar tetap segar bugar selama beraktivitas seharian, mereka melakukan aktivitas aktivitas yang meningkatkan semangat dan energi. Rutinitas di pagi hari yang dilakukan oleh satu orang dengan orang lain bisa berbeda-beda. Beberapa aktivitas di pagi hari yang bisa menambah tenaga ketika mereka harus beraktivitas seharian misalnya: olah raga, yoga, meditasi, sarapan, membaca koran pagi dan berbagai aktivitas lainya.

Punya Daftar Rutinitas di Pagi Hari
Punya Daftar Rutinitas di Pagi Hari. image [source]

Mengenai apa saja daftar aktivitas yang mereka lalukan setiap paginya tersebut, mereka peroleh dari mencoba coba pada awalnya. Setelah mereka menemukan pola rangkaian kegiatan yang mampu membangkitkan energi di pagi hari, mereka melakukannya secara rutin.

3. Punya Rutinitas di Malam Hari.

Segala sesuatu perlu persiapan agar bisa dilakukan dan memberikan hasil yang baik. begitu juga dengan yang dilakukan orang orang sukses tersebut. Ketika malam hari, mereka punya daftar rutinitas yang jelas kegiatan kegiatan untuk mempersiapkan tugas tugas di esok harinya. Misal jika pagi hari esok mereka harus meeting dengan klient, maka malam itu ia menyiapkan segala peralatan serta materi yang diperlukan. Demikian juga jika dia akan pergi ke luar kota, dia di malam harinya sudah menyiapkan tempat hotel menginap, pakaian apa saja yang harus dibawa hingga tiket-tiket yang diperlukan.

Punya Rutinitas di Malam Hari
Punya Rutinitas di Malam Hari. image [source]

Dengan adanya persiapan tersebut. Setiap tindakan yang diambil dipagi harinya adalah tindakan yang terencana. Bukan tindakan yang reaktif tanpa diperhitungkan keuntungan dan kerugiannya. Dengan tindakan yang teratur dan terencana tersebut, maka keberhasilan dari usaha yang ia lakukan bisa terukur.

4. Mereka Membuat Perencanaan.

Bila aku diberi waktu 5 jam untuk menebang pohon, maka aku akan menghabiskan 4 jam di awalnya untuk mengasah kapak. Demikianlah bunyi kata kata bijak dari Abraham Lincoln. Kata kata bijak tersebut menunjukkan bahwa perencanaan sangatlah penting. Kata kata Abraham Lincoln di atas menunjukkan bahwa jika diberi tugas yang memakan waktu 5 jam, maka yang 4 jam ia gunakan untuk persiapan dan 1 jam nya untuk eksekusi. Membuat perencanaan ini berarti juga melihat tujuan itu secara keseluruhan. Mereka melihat jauh kedepan mengenai masalah masalah apa saja yang mungkin muncul. Dengan mendaftar masalah masalah yang mungkin muncul tersebut, maka ketika masalah benar benar datang di masa depan dia langsung bisa mengantisipasi. Orang yang sudah melakukan perencanaan tidak kelabakan saat masalah tiba tiba menyergap.

Mereka Membuat Perencanaan
Mereka Membuat Perencanaan. image [source]
Bill Gates, pendiri Microsoft pun ternyata menyediakan waktu-waktu khusus untuk melakukan perencanaan ini. Dalam setahun ia sediakan minimal 1 minggu dimana dia bebas dari gangguan apapun, bebas dari gangguan siapapun. Selama seminggu tersebut ia melihat kembali apakah langkah langkah nya sudah tepat. Dia menentukan langkah selanjutnya yang harus diambil apa.

5. Orang Yang Sukses Punya Prioritas.

Orang sukses menyadari bahwa mereka perlu menentukan prioritas. Mereka tahu bahwa jika tidak dibuat prioritas, maka aktivitas aktivitas tertentu bisa tergeser oleh aktivitas lain yang menyenangkan untuk dilakukan tetapi kurang penting. Akibatnya pekerjaan tidak selesai dan hasilnya jauh dari yang direncanakan.

Orang Yang Sukses Punya Prioritas
Orang Yang Sukses Punya Prioritas. image [source]

Jika sudah membuat prioritas, maka orang akan dengan mudah memilah-milah dan menilai kegiatan yang akan dilakukannya di hari ini tersebut sudah seuai belum dengan tujuan secara keseluruhan. Jika sudah menentukan prioritas, dia biasa mengevaluasi tiap hari kegiatan yang perlu di lakukan. Jika perlu menyusun ulang jika ada penyebab-penyebab yang berubah. Untuk memudahkan penentuan prioritas ini, Stephen L Covey mengklasifikasikan hal hal menjadi 4 kelompok yaitu: mendesak dan penting, penting tapi tidak mendesak, mendesak tapi tidak penting, dan tidak mendesak serta tidak penting. Dengan melihat aktivitas sehari hari, kira kira jenis aktivitas mana yang sering anda lakukan?

6. Orang Sukses Mengerjakan Hal Hal Yang Penting Dulu.

Pernahkan anda merasa ketika di awal melakukan sesuatu yang baru, ketika mengerjakan proyek baru kemauan anda sangat kuat. Anda sangat bersemangat. Namun seiring berjalannya waktu kemauan yang menggebu-gebu diawal tersebut kemudian berkurang, menyusut dan kemudian hilang. Ya orang orang sukses menyadari bahwa kemauan kuat dan semangat terbatas dan cenderung berkurang. Dengan menyadari bahwa semangat dan kemauan itu bisa berkurang, orang orang sukses memastikan bahwa mereka melakukan hal hal penting ketika kemauan mereka sedang kuat-kuatnya. Ketika melakukan sesuatu dengan kemauan yang sedang kuat-kuatnya, melakukan sesuatu dengan semangat yang besar maka hasilnya pun akan lebih bagus

Orang Sukses Mengerjakan Hal Hal Yang Penting Dulu
Orang Sukses Mengerjakan Hal Hal Yang Penting Dulu. image [source]
Jika aktivitas yang penting sudah selesai semua, maka nanti ketika semangat dan kemauan sudah menurun aktivitas yang tersisa adalah yang kurang penting saja, tidak berpengaruh besar pada hasil akhir pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *