Sedang memuat Kamu Sering Pakai High Heels, Khawatir Nggak Sama 7 Efek Samping Berikut Ini !?

Kamu Sering Pakai High Heels, Khawatir Nggak Sama 7 Efek Samping Berikut Ini !?

Sepatu high heels atau sepatu berhak tinggi memang kini sudah menjadi bagian dari trend modis kaum wanita. Bahkan di setiap harinya sudah tidak menjadi barang yang asing di kenakan wanita dari semua kalangan umur dari kecil hingga dewasa. Sepatu ini kebanyakan di jadikan sebagai penunjang oleh beberapa orang yang ingin terlihat lebih tinggi.

efek samping memakai high heels
efek samping memakai high heels [ image source ]

Memakai sepatu high heels memang membuat seseorang yang memakainya akan terlihat lebih kece terlebih yang memiliki tinggi tubuh pas-pasan. Memang tidak ada salahnya jika seseorang menyukai mengenakan sepatu high heels, tapi perlu di ketahui bahwa sering mengenakan high heels dapat menimbulkan beberapa efek samping bagi pemakainya. Dari pada penasaran yuk simak efek samping dari keseringan memakai high heels.

1. Dapat Memperpendek Otot Kaki

Penggunaan high heels yang terlalu sering dan lama ternyata dapat menimbulkan efek samping pada otot kaki. Pemakaian high heels ternyata secara tidak sadar membuat posisi tubuh menjadi kurang seimbang.

Dapat Memperpendek Otot Kaki
Dapat Memperpendek Otot Kaki [ image source ]

Efek sampingnya kalau keseringan memakai high heels dalam jangka waktu yang lama bisa memperpendek otot kaki. Efek samping tersebut bisa terjadi karena posisi kaki dipaksa untuk berjinjit saat berjalan.

2. Merubah Postur Tubuh

Selain dapat mencederai otot kaki, memakai high heels secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama bisa membuat postur tubuh menjadi berubah. Pemakaian high heels secara tidak langsung akan merubah pinggul dan tulang belakang menjadi tidak sejajar.

Merubah Postur Tubuh
Merubah Postur Tubuh [ image source ]

Posisi yang tidak sejajar tersebut nantinya akan berimbas hingga membuat postur tubuh menjadi melengkung. Selain membuat tubuh melengkung, imbas lainnya dari keseringan memakai high heels adalah dapat merubah pola berjalan seseorang ketika tidak memakai high heels.

3. Bisa Memicu Tumbuhnya Tumor Jinak

Efek samping ini bukan bermaksud untuk menakut-nakuti seseorang yang gemar memakai high heels dalam kesehariannya. Namun hanya memberikan informasi tentang efek samping dari penggunaan high heels yang mungkin bisa beresiko parah.

Bisa Memicu Tumbuhnya Tumor Jinak
Bisa Memicu Tumbuhnya Tumor Jinak [ image source ]

Salah satunya dapat mengakibatkan tumbuhnya tumor jinak di area kaki. Bentuk high heels yang tinggi dapat mengkibatkan penebalan di jaringan saraf pada jari kaki ketiga dan keempat. Rasa nyeri yang di timbulkan akibat pemakaian high heels dapat berakibat memicu tumbuhnya tumor jinak di bagian kaki.

4. Dapat Menyebabkan gampang Keseleo

Penggunaan high heels dalam aktifitas keseharian seharusnya mulai dibatasi penggunaannya karena banyak efek samping yang dapat merugikan pemakainya. Pemakaian high heels dengan intensitas tinggi dapat memicu kakimu menjadi gampang keseleo dengan tingkat cidera yang diakibatkan bisa sangat parah.

Dapat Menyebabkan gampang Keseleo
Dapat Menyebabkan gampang Keseleo [ image source ]

Hal itu terjadi karena beban tumpuan pada kaki menjadi berat sehingga membuat kaki tidak bisa bebas bergerak leluasa sehingga dapat mengakibatkan kaki mudah terkilir atau keseleo. Mulai sekarang kamu harus mulai mencoba memilih alternatis alas kaki lainnya yang tidak ber hak tinggi. Jika memang tidak bisa serta merta meninggalkannya maka paling tidak kamu bisa memakai alas kaki dengan bergantian dari high heels dan dengan alas yang teper.

5. Menyebabkan Varises

Salah satu efek dari keseringan pemakaian high heels dapat mengakibatkan kaki terkena masalah otot yang sering di sebut dengan varises. Tidak berbeda dengan kasus lain yang di timbulkan akibat keseringan memakai high heels seperti otot yang memendek.

Menyebabkan Varises
Menyebabkan Varises [ image source ]

Mungkin in imasih ada kaitannya dengan masalah tersebut, posisi perjinjit akan secara otomatis membuat oto tumit belakang dan betis terasa kaku atau tegang. Tidak berbeda dengan setelah melakukan aktifitas berlari, otot yang tegang jika tidak di lemaskan dapat mengakibatkan kaki menjadi terkena varises.

6. Merubah Bentuk Kaki

Pemakaian high heels dengan intesitas yang tinggi alias sering banget menggunakannya dapat juga membuat bentuk kaki berubah. Secara tidak langsung, tekanan pada telapak kaki bagian depan akibat menahan beban tubuh yang akan membuat kaki akan menjadi bengkok.

Merubah Bentuk Kaki
Merubah Bentuk Kaki [ image source ]

Pemakaian high heels model ujung lancip juga bisa merubah letak posisi tulang jari kaki dari posisinya yang semula. Bentuk ujung jari yang menyempit dapat membahayakan karena posisi tulang akan berubah dari mana semestinya berada, maka jangan heran jika terlalu sering memakai high heels akan mebuat bentuk kakimu menjadi aneh.

7. Berimbas ke Bagian Tubuh Lainnya

Keseringan memakai high heels ternyata tidak hanya kan berdampak pada bagian seputar wilayah kaki saja. Jika kamu suka banget menggunakan high heels lalu kamusering merasa nyeri-nyeri di bagian tubuh lain, mungkin itu bisa di akibatkan karena efek dari pemakaian high heels.

Berimbas ke Bagian Tubuh Lainnya
Berimbas ke Bagian Tubuh Lainnya [ image source ]

Sejatinya pemakaian high heels secara wajar mungkin tidak akan menimbulkan dampak negatif yang terlalu buruk bagi tubuh. Efek negatif yang terjadi akibat pemakaian high heels sejatinya bisa terjadi karena sesungguhnya tubuh manusia tidak disiapkan untuk mengenakannya. Karena ketinggian dari high heels bisa membuat otot betis menjadi kaku dan tegang yang juga akan berimbas ke daerah tubuh lainnya seperti masalah nyeri pada tulang belakang, leher dan bagian bahu.

Sahabat iyakan.com, itulah beberapa efek samping yang bakal terjadi dari seringnya menggunakan high heels. Semoga efek samping tersebut bisa membuatmu lebih mengerti akan kesadaran mengurangi intensitas pemakaiannya agar supaya terlepas dari bahayanya menggunakan high heels. Gunakanlah high heels pada waktu tertentu saja, seperti bisa kamu gunakan pada acara-acara penting saja. Terlepas dari efek samping tersebut, semua kembali kepada penilaian masing-masing pribadi, baik dan buruknya kamu yang memilih untuk menggunakan high heels.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *