Sedang memuat Cara Mudah Atasi Masalah Bau Mulut Yang Menggangu Dengan Mengkonsumsi 7 Makanan Ini

Cara Mudah Atasi Masalah Bau Mulut Yang Menggangu Dengan Mengkonsumsi 7 Makanan Ini

Memiliki bau mulut yang kurang sedap memang bisa menimbulkan banyak masalah bagi diri sendiri atau juga orang lain. Selain kerap membuat enggak percaya diri, tentunya bau mulut yang tidak sedap juga bakal membuat orang lain merasa terganggu. Apalagi di saat momen-momen penting yang pastinya bakal membuat tidak jenak atas kehadiran bau mulut.

bau mulut
bau mulut [ image source ]

Pernah enggak ngalamin ketika kamu lagi pengen ngobrol sama orang lain tapi mendadak beberapa saat setelah kamu bicara, orang yang kamu ajak ngobrol seperti tidak betah dan mulai mencari alasan untuk menghidarimu. Kalau pernah ngalamin yang seperti itu, mungkin seperti itulah contoh dari efek bau mulut yang ada padamu. Tapi jangan khawatir jika memang kamu sering sekali mengalami masalah bau mulut, semua itu ternyata bisa di atasi dengan beberapa makanan. Nah dari pada kamu penasaran makanan apa yang bisa mengusir bau mulutmu, yuk simak saja ulasannya di bawah ini.

1. Buah Apel

apel
apel [ image source ]

Buah apel tidak hanya mampu melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang membahayakan tubuh, melainkan juga dapat membantu kita dalam mengusir masalah bau tak sedap pada mulutmu. menurut hasil penelitian, aktivitas mengunyah buah apel ternyata memiliki kesamaan seperti saat kita sedang sikat gigi. Menguyah dan menggigit buah apel akan membuat gigi menjadi bersih dari sisa makanan yang sering menyebabkan bau mulut. Aktivitas mengunyah buah apel ternyata juga dapat menjaga kelembapan mulut, sehingga bakteri penyebab bau mulut akan susah berkembang.

2. Buah Stroberi

stroberi
stroberi [ image source ]

Buah yang memiliki tampilan dengan warna merah yang menyegarkan dengan variasi adanya bintil-bintil hitam ini memang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Sering kali buah stroberi di pakai sebagai masker untuk menjaga kesehatan kulit, namun ternyata tidak sebatas itu saja loh khasiat stroberi karena buah yang menyegarkan ini mampu juga digunakan sebagai opsi untuk mengusir masalah bau mulut. Vitamin C pada buah stroberi ternyata dapat membantu mencegah bakteri penyebab bau mulut berkembang biak. Nggak sampai di situ saja, mengkonsumsi buah stroberi ternyata juga dapat membuat gigi semakin putih.

3. Yogurt

yogurt
yogurt [ image source ]

Dalam studi yang pernah di adakan di negara Jepang dan Baltimore Amerika Serikat membuktikan bahwa yogurt ternyata secara efektif dapat digunakan untuk mencegah terjadinya bau pada mulut. Bakteri baik yang ada di kandungan yogurt trenyata tidak hanya baik untuk membantu mengatasi masalah di pencernaan. Bakteri tersebut adalah Sterptococcus thermophilus dan lactobacillus bulgaricus, yang dapat membantu menurunkan kadar hidrogen sulfida dan volatile sulfur compounds penyebab bau mulut. Nggak cuma itu, yogurt juga dapat membantu mengurangi plak berlebih pada gigi serta dapat mencegah terkena resiko radang gusi.

4. Teh

teh
teh [ image source ]

Teh juga telah di kenal memiliki manfaat dan khasiat yang banyak bagi kesehatan tubuh manusia. Kandungan antioksidannya yang tinggi ternyata dapat membantu menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh. Beberapa kandungan lainnya yang ada pada teh ternyata juga dapat membuat seseorang menjadi merasa lebih rileks. Bagi kamu yang sering mengalami masalah bau mulut pun ternyata juga dapat di atasi dengan teh, baik teh merah, hitam ataupun dengan teh hijau. Nggak hanya mengusir bau mulut, teh ternyata juga dapat membantu melindungi gigi agar tidak gampang berlubang.

5. Kayu Manis

kayu manis
kayu manis [ image source ]

Kayu manis ternyata memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti kandungan minyak atsiri eugenol, sinamaldehyde, damar, kalsium oksalat, dan penyamak. Semua kandungan yang terdapat di dalam kayu manis tersebut ternyata juga dapat membantu mencegah terjadinya masalah bau tidak sedap pada mulut. Fungsi dan peran dari kandungan tersebutlah yang membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Bagi kamu yang ingin mencobanya, maka bisa kamu lakukan dengan rutin berkumur dengan air rendaman kayu manis setelah sikat gigi, atau bisa juga dengan mencampurkan kayu manis pada saat membuat teh.

6. Permen Karet Mint

permen karet
permen karet [ image source ]

Mengunyah permen karet secara wajar dan tidak berlebihan ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan otak melainkan juga untuk kesehatan mulut. Salah satunya adalah dapat membantu mencegah terjadinya bau mulut yang tidak sedap. Meksipun sifatnya hanya sementara, aktivitas mengunyah permen karet mint yang mengandung xilitol ternyata dapat membantu menjaga mulut kita tetap lembab. Salah satu penyebabnya adalah produksi air liur yang semakin meningkat, dan dengan banyakanya jumlah air liru maka akan membantu menyingkirkan bakteri penyebab bau mulut.

7. Hazelnuts

Hazelnuts
Hazelnuts [ image source ]

Dari studi penelitian menyebutkan bahwa mengunyah hazelnut atau kacang hazel ini ternyata memiliki efek yang sama saat kita mengunyah buah apel. Oleh sebab itu mengunyah kacang hazel dengan baik ternyata juga dapat membantu membersihkan gigi dari sisa makanan yang menempel, serta dapat membantu mengusir bau mulut. Nggak hanya dapat mengusir bau mulut, mengkonsumsinya ternyata juga dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi. Meskipun kacang hasel ini bukanlah asli dari Indonesia, tapi jangan khawatir karena kacang hazel kini banyak di temukan di supermarket-supermarket besar.
Sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa makanan yang bisa membantumu mengusir masalah seperti bau mulut yang tidak sedap. Jika kamu memang sering mengalami bau mulut, nggak ada salahnya kan kamu menbcobanya, atau bahkan kamu juga mulai rutin untuk mengkonsumsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *