Sedang memuat 7 Negara Yang Lingkungannya Paling Bersih Di Dunia, Semoga Indonesia Segera Menyusul

7 Negara Yang Lingkungannya Paling Bersih Di Dunia, Semoga Indonesia Segera Menyusul

Kebersihan adalah salah satu modal hidup yang bisa membuat orang terminimalisir dari terjangkit berbagai macam jenis penyakit. Menjaga kebersihan sepatutnya sudah harus menjadi kesadaran semua orang di dunia ini agar kesehatan semakin tercipta. Bahkan perilaku bersih termasuk salah satu bagian dari iman, yang artinya menjaga kebersihan adalah kewajiban yang harus kita lakukan selain mengamalkan ajaran keimanan kita lainnya.

salah satu kota di negara paling bersih di dunia
salah satu kota di negara paling bersih di dunia [ image source ]

Ngomongin soal kebersihan, tahukah kamu negara mana saja yang kini di cap sebagai negara yang memiliki lingkungan paling bersihdan juga paling ramah lingkungan. Tentunya negara Indonesia belum termasuk kedalamnya karena masih banyak sekali yang kurang pesuli dengan keberadaan sampah dan limbah. Daripada sekarang kamu penasaran, yuk simak beberapa negara yang lingkungannya paling bersih dan sangat ramah lingkungan supaya kamu mulai tergerak untuk selalu menjaga kebersihan di wilayahmu.

1. Negara Islandia

Negara ini terletak di bagian Eropa paling ujung dan merupakan negara terkecil di sekitar negara wilayahnya. Selain sangat populer dengan fenomena auroranya, Islandia termasuk dalam kategori negara yang sangat bersih bahkan masuk ke dalam predikat paling bersih pertama di dunia. Tidak hanya lingkungannya yang bersih bebas sampah, negara yang luasnya hampir sama dengan DKI Jakarta ini juga memiliki udara yang juga paling bersih di dunia.

Islandia
Islandia [ image source ]

Tentunya predikat yang di peroleh ini akibat di negara ini benar-benar sangat peduli dengan keberadaan sampah. Hampir setiap masyarakatnya peduli kebersihan, selain itu pemerintahnya sangat getol mengelola sampah sehingga sampah pun tidak menumpuk. Tidak hanya pemandangan alamnya, faktor kebersihan yang di miliki Islandia kerap sekali menjadikannya salah satu tempat kunjungan wisata para turis dunia.

2. Negara Swiss

Negara Swiss kerap sekali di sebut oleh orang Eropa dengan sebutan surganya dunia, karena segala yang ada di Swiss itu sungguh enak di pandang. Swis adalah salah satu negara di Eropa tengah yang tidak memiliki akses atau jalur laut dan dikatakan sebagai negara paling aman dan nyaman karena jarang sekali terjadi tindak kejahatan di wilayah ini. Bahkan negara ini di katakan sebagai negara yang tidak memiliki banyak pasukan militer seperti negara-negara lain.

Swiss
Swiss [ image source ]

Sering sekali di sebut dengan surga dunia dan tempat ternyaman di karenakan Swiss termasuk ke dalam daftar beberapa negara yang di kategorikan sebagai negara terbersih di dunia. Seluruh penduduknya sangat sadar dan peduli sekali terhadap kebersihan, bahkan hampir tidak pernah di temui sedikitpun sampah di seluruh wilayah yang ada. Semua itu lantara di negara Swiss telah di tetapkan peraturan yang sangat ketat sehingga kebersihannya hingga kini sangat terjaga.

3. Negara Luksemburg

Mungkin dari beberapa negara maju lainnya di wilayah Eropa, negara Luksemburg memang tidak begitu tenar dan populer. Namun meskipun begitu, negara yang termasuk kedalam negara yang memiliki pendapatan tertinggi di Eropa ini juga termasuk ke dalam daftar negara-negara yang memiliki predikat paling bersih di dunia. Bahkan kebersihannya juga meliputi dari kebersihan airnya, yang akhirnya air di negara Luksemberg di nobatkan sebagai air terbersih di kawasan Eropa.

Luksemburg
Luksemburg [ image source ]

Tidak hanya air munimnya saja yang di cap sebagai air terbersih di eropa, melainkan seluruh air meliputi air pantai, danau, sungai dan lainnya juga terjaga dari sampah dan limbah. Untuk predikat yang di sandangnya itu maka banyak sekali perusahaan dunia yang terkait dengan bidang lingkungan banyak mendirikan perusahaannya di Luksemberg. Oleh sebab itu, hingga kini wilayah Luksemberg menjadi negara yang selalu terjaga kebersihannya.

4. Negara Singapura

Singapura kini sudah menjadi negara maju dan sangat terkenal di dunia, walau tidak seberapa luas namun kini Singapura kerap sekali menjadi salah satu tempat destinasi tujuan wisata dunia. Banyak yang mengatakan, bahwa negara Singapura kini telah melampaui Indonesia dalam sektor kemajuannya. Selain perkembangannya yang pesat, negara Singapura ternyata juga termasuk kedalam deretan negara yang mendapatkan predikat negara terbersih di dunia.

Singapura
Singapura [ image source ]

Meskipun di takdirkan menjadi sebuah negara yang wilayahnya kecil, ternyata pemerintah Singapura sangat sadar dan peduli akan kebersihan lingkungannya. Bahkan untuk menjaga kebersihannya, pemerintah Singapura telah membuat peraturan ketat untuk seluruh masyarakat yang tinggal di negaranya tersebut. Dari segala lingkup tentang aturan untuk kebersihan semuanya harus di taati, bahkan dari tidak menyiram toilet saja akan di kenakan denda yang sangat tinggi.

5. Negara Kostarika

Negara Kostarika mungkin tyidak termasuk dalam deretan negara maju di dunia, namun Kostarika justru termasuk ke dalam deretan daftar negara-negara paling bersih di dunia. Salah satu hal yang patut di contoh dari negara ini adalah pihak pemerintahnya yang sangat serius sekali mencanangkan program kebersihan untuk seluruh warganya yang di dominasi oleh kaum negro. Salah satu yang menjadi sorotannya adalah negara Kostarika kini menjadi negara yang memiliki predikat dengan udara terbersih bebas dari polusi.

Kostarika
Kostarika [ image source ]

Salah satu cara yang di gunakan oleh pemerintah untuk menunjang keberhasilannya di peroleh dari pajak perdagangan BBM. Pajak yang di peroleh di maksimalkan untuk mendanai program perlindungan hutan hingga di tahun 2015 Kostarika tidak lagi bergantung dalam penggunaan minyak bumi. Kini Kostarika sepenuhnya telah menggunakan listrik dengan bahan bakar dari sumber daya alam yang bisa di perbaharui sehingga tidak lagi ada pencemaran lingkungan. Dari pencapaiannya tersebut, Kostarika memiliki tujuan dengan negara bebas dari tingginya asap karbondioksida.

6. Negara Swedia

Swedia adalah negara di dunia yang ikut melahirkan salah satu bintang besar sepakbola ternama yaitu Ibrahim Movic. Selain itu Swedia ternyata juga termasuk dalam daftar beberapa negara yang memiliki predikat negara paling bersih di dunia. Negara Swedia kini telah memiliki alat canggih untuk mengatasi kendala sampah di negaranya, sehingga kini masalah sampah tidak lagi menjadikannya terlihat buruk bahkan kumuh.

Swedia
Swedia [ image source ]

Dari penemuan alat canggih pengolah sampah tersebut, Swedia bahkan menawarkan jasa kepada negara-negara tetangga untuk mengirimkan sampahnya ke Swedia. Atas penawarannya tersebut nantinya kerjasama pengiriman sampah ke Swedia akan memberikan keuntungan tersendiri. Salah satu keuntungannya yaitu sampah yang di proses lewat pembakaran yang kemudian uapnya di gunakan sebagai pembangkit listrik yang nantinya listrik akan di distribusikan untuk semua penduduk Swedia.

7. Negara Jepang

Negara terakhir yang menyambangi predikat negara paling bersih di dunia adalah negara Jepang, yang sejak zaman dahulu negara ini sangat peduli kebersihan. Selain terkenal dengan kemajuan teknologinya modernnya, ternyata penduduk Jepang sangat tinggi rasa kepeduliannya untuk menjaga kebersihan terhadap sampah. Bahkan pada waktu pernah di landa kebanjiran, air banjir yang meliputi jepang sama sekali tidak di dapati sampah.

Jepang
Jepang [ image source ]

Meskipun Jepang tidak menetapkan peraturan yang ketat terkait masalah sampah, namun kesadaran warganya sangatlah tinggi. Bahkan Jepang kini mulai masuk ke dalam negara yang polusinya semakin terkendali, hal itu di sebabkan dengan adanya kesadaran warganya yang memilih untuk menggunakan transportasi umum ketimbang menggunakan kendaraan pribadi. Oleh sebab hal itu Jepang kini menjadi salah satu negara di Asia yang masuk kedalam daftar negara paling bersih di dunia.

Nah sahabat iyakan.com, itulah beberapa ulasan yang membahas negara-negara yang di labeli dengan predikat negara terbersih di dunia. Semoga kelak negara Indonesia bisa mengikuti apa yang telah di peroleh oleh negara-negara terbersih di atas. Menurutmu apa sih yang bisa bikin Indonesia seperti negara-negara tersebut dan apa yang harus di lakukan Indonesia tentang kebersihan negaranya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *