Sedang memuat Fenomena 7 Pasar Gaib Paling Menyeramkan Yang Ada Di Gunung-gunung Indonesia

Fenomena 7 Pasar Gaib Paling Menyeramkan Yang Ada Di Gunung-gunung Indonesia

Keberadaan pasar di suatu wilayah tentunya memiliki dampak besar bagi kehidupan lingkungan sekitarnya. Pasalnya dengan adanya pasar, segala macam dari kebutuhan sehari-hari akan lebih mudah di dapat. Keberadaan pasar sendiri tentunya tidak hanya menguntungkan pihak konsumen yang mencari kebutuhannya, melainkan juga menguntungkan para produsen dengan berbagai macam produk yang di jualnya.

lukisan pasar
lukisan pasar [ image source ]

Di Indonesia sendiri tentu jumlah dari keberadaan pasar sangatlah banyak, dari mulai yang tradisional hingga pasar modern. Namun di balik semua pasar yang ada di Indonesia, ternyata ada pasar yang sejatinya tidak lumrah untuk di datangi oleh para manusia. Alasannya adalah karena pasar-pasar tersebut adalah merupakan pasar dari dunia gaib yang tentunya isinya juga terdiri dari aktivitas makhluk gaib. Boleh percaya boleh tidak, tapi bagi kamu yang penasaran dengan keberadaannya, yuk simak saja ulasan berikut ini tentang pasar-pasar gaib yang ada kawasan gunung-gunung di indonesia.

1. Pasar Bubrah Gunung Merapi – Yogyakarta

pasar bubrah merapi
pasar bubrah merapi [ image source ]

Bagi masyarakat Jogja atau para pendaki gunung mungkin nama pasar bubrah sudah tidak asing lagi di telinga. Bahkan pasar bubrah di gadang-gadang sebagai tempat yang paling angker di kawasan gunung merapi. Menurut cerita yang telah banyak beredar, pasar bubrah adalah salah satu kawasan yang dijadikan sebagai tempat titik kumpulnya makhluk gaib yang tinggal di kawasan gunung merapi dan sekitarnya. Dari cerita para pendaki yang pernah menyaksikan aktivitas pasar bubrah, semua aktivitasnya terjadi di waktu tengah malam yang keramaiannya sama persis dengan pasar tradisional manusia. Padahal sejatinya di siang hari kawasan pasar bubrah hanyalah merupakan hamparan lahan kosong di bawah puncak gunung merapi yang sangat jauh dari kehidupan manusia.

2. Pasar Setan Gunung Salak – Jawa Barat

gunung salak
gunung salak [ image source ]

Selain pasar bubrah di gunung merapi, pasar gaib berikutnya berada di wilayah gunung salak di Jawa Barat yang sering di sebut dengan nama pasar setan. Tidak jauh berbeda dengan pasar bubrah yang menjadi tempat titik kumpul para makhluk halus, pasar setan di gadang-gadang sebagai istananya para makhluk halus penunggu gunung salak. Pernah suatu ketika ada kejadian horor yang di alami oleh pendaki yang masih remaja, yang kala itu kedapatan membeli pisang goreng ketika sedang mendaki. Namun beberapa saat kemudian, akhirnya remaja pendaki gunung tersebut menyadari bahwa pisang goreng yang di makannya bukan di jual oleh manusia, karena sejatinya tidak ada satu warung pun yang berjualan di kawasan gunung salak.

3. Pasar Dieng Gunung Merbabu – Jawa Tengah

Pasar Dieng Gunung Merbabu
Pasar Dieng Gunung Merbabu [ image source ]

Setelah pasar bubrah dan pasar setan, pasar gaib selanjutnya berada di kawasan gunung merbabu Jawa Tengah yang sering di sebut dengan pasar dieng. Lereng gunung merbabu memang tekenal dengan keberadaan pasar dieng yang penuh dengan misteri. Pasar dieng ini berada di kawasan sebelum menuju puncak kentheng songo. Dari cerita para pendaki, aktivitas gaib di pasar dieng hampir tidak jauh dari cerita di pasar gaib sebelumnya, yang kebanyakan terjadi di malam hari. Kebanyakan dari para pendaki yang memilih beristirahat di puncak kentheng songo menjelang tengah malam, kerap mendengar suara riuh layaknya aktivitas pasar tradisional. Bahkan tidak jarang para pendaki juga melihat penampakan yang berwujud pendaki perempuan yang sejatinya adalah makhluk gaib.

4. Pasar Anjaya Gunung Bawakaraeng – Sulawesi Selatan

Pasar Anjaya
Pasar Anjaya [ image source ]

Pasar anjaya sendiri lokasinya berada di antara gunung bawalaraeng dan gunung lompobattang. Tidak berbeda dengan pasar gaib di gunung-gunung sebelumnya dimana pasar Anjaya juga memiliki cerita yang menyeramkan. Kebanyakan dari para pendaki gunung yang melakukan camping di kawasan ini, semuanya hampir pernah mengalami kejadian misteri dari mulai mendengar suara bising layaknya aktivitas yang terjadi di pasar tradisional hingga penampakan-penampakan makhluk gaib. Padahal lokasi dari pasar anjaya berada adalah merupakan kawasan luas yang di sekitarnya si kelilingi pemandangan panorama yang sangat indah.

5. Pasar Watu Gunung Sumbing – Jawa Tengah

Pasar Watu
Pasar Watu [ image source ]

Gunung sumbing adalah merupakan gunung yang di sebut-sebut sebagai gunung tertinggi ke tiga di Pulau Jawa setelah gunung semeru dan gunung slamet. Salah satu lokasi yang terkenal di daerah ini adalah lokasi dari pasar watu yang merupakan lokasi dari pasar gaib di kawasan ini. Jalan untuk mencapai lokasi pasar watu ini memiliki medan yang sangat terjal dan berbatu. Dari beberapa cerita para pendaki, di lokasi pasar watu di gunung sumbing juga kerap sekali terdengar riuh bising seperti sebuah pasar yang ramai akan aktivitas jual beli. Padahal daerah tersebut adalah kawasan puncak yang terjal, sehingga sangat tidak mungkin ada aktivitas ramai yang bisa di lakukan di sana. Nggak sedikit juga yang mengalami kejadian aneh dengan melihat penampakan kakek tua atau makhluk gaib yang menyusup menjadi anggota pendaki.

6. Pasar Setan Gunung Lawu – Jawa Tengah & TImur

Pasar Setan Gunung Lawu
Pasar Setan Gunung Lawu [ image source ]

Gunung lawu sendiri berada di wilayah perbatasan antara Jawa tengah dan Jawa timur, yang juga di sebut-sebut sebagai gunung yang penuh dengan misteri. menurut cerita yang beredar, gunung lawu sendiri kerap sekali di gunakan sebagai tempat menjalankan berbagai macam ritual. Oleh sebab itulah gunung lawu terkenal juga dengan gunung yang angker, yang salah satunya di tunjukkan dengan adanya pasar setan di kawasan gunung ini. Salah satu yang paling terkenal dari cerita pasar setan di gunung lawu adalah kata “badhe tumbas nopo dik?” yang artinya dalam bahasa Indonesia berarti bertanya “mau beli apa dik”. Kebanyakan para pendaki yang melakukan camping di malam hari yang mengalaminya, yang sebelumnya akan mendengar suara riuh seperti aktivitas yang terjadi di pasar. Tidak semua mengalaminya, namun jika mengalaminya maka yang harus di lakukan adalah dengan membuang benda apapun itu ke arah sumber suara tersebut.

7. Pasar Setan Gunung Arjuna – Jawa Timur

Pasar Setan Gunung Arjuna
Pasar Setan Gunung Arjuna [ image source ]

Gunung Arjuna adalah gunung yang lokasinya ada di daerah Jawa Timur yang pastinya berada di perbatasan Malang dengan Pasuruan. Tidak jauh berbeda dengan gunung lainnya, gunung arjuna juga terdapat satu lokasi yang kerap di sebut-sebut sebagai pasar setan. Lokasi tersebut sebenarnya adalah merupakan kawasan sabana yang banyak di tumbuhi rumput kering. Menurut dari cerita para pendaki, pernah ada salah satu orang dari rombongan pendaki yang mendengar riuh layaknya aktivitas pasar di malam hari waktu beristirahat di lokasi tersebut. Bahkan ada juga pendaki yang tiba-tiba melihat keramaian yang di penuhi dengan banyak orang berjualan. Akhirnya pendaki tersebut membeli jaket di tempat ramai tersebut, namun saat di cek temannya setelah pendaki tersebut bercerita ternyata tidak ada aktivitas apapun di lokasi tersebut. Hal yang mengjutkan selanjutnya adalah pendaki yang membeli jaket tersebut akhirnya meninggal setelah beberapa hari tiba di rumahnya.

Sahabat iyakan.com, itulah beberapa fenomena keberadaan pasar setan yang di percaya ada di gunung-gunung di Indonesia. Tentunya di luar sana masih banyak gunung yang mungkin juga ada pasar gaibnya, melihat gunung sering di sebut sebagai istananya para makhluk gaib. Pokoknya bagi kamu yang akan mendaki gunung di manapun itu, jangan lupa selalu untuk berdoa ya agar tidak pernah mengalami kejadian seperti menemukan pasar gaib seperti di atas. Atau kamu sendiri sudah pernah mengalami dan melihatnya sendiri tentang pasar gaib tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *