Sedang memuat Kurang Asik Rasanya Kalau Lagi Di Sumatera Barat Kamu Nggak Nyempetin Dateng Ke 7 Tempat Ini

Kurang Asik Rasanya Kalau Lagi Di Sumatera Barat Kamu Nggak Nyempetin Dateng Ke 7 Tempat Ini

Sumatera Barat adalahsalah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Memiliki luas wilayah 42.297,30 km² provinsi Sumatera Barat berbatasan langsung dengan 4 provinsi lainnya seperti Sumatera Utara, Riau, Jambi dan provinsi Bengkulu. Provinsi yang dengan ibu kota Padang ini, mayoritas penduduknya beretnis Minangkabau dengan total populasi penduduk hampir mencapai 5 juta jiwa.

Rumah Adat Sumatera Barat
Rumah Adat Sumatera Barat [ image source ]

Selain terkenal dengan rumah makan Padang yang kini sudah mulai tersebar di seluruh pelosok Indonesia, Sumatera Barat ternyata juga memiliki tempat wisata yang tidak kalahnya dengan provinsi lainnya yang ada di Pulau Sumatera. Bagi kamu yang lagi berada di Sumatera Barat, kurang afdol rasanya kalau kamu nggak nyempetin mampir ke beberapa tempat wisata seperti danau hingga melihat jam yang hanya ada dua di dunia. Buat kamu yang penasaran, berikut adalah beberapa tempat wisata yang harus kamu kunjungi ketika kamu lagi ada di kota Padang, kalau enggak bakalan nyesel deh, yuk simak ulasan berikut tentang tempat Wisata di Kota Padang.

1. Jembatan Siti Nurbaya

Mungkin kisah dari cerita Siti Nurbaya merupakan salah satu cerita yang telah melegenda di Indonesia, bahkan kisah cerita Siti Nurbaya hampir mirip dengan kisah Romeo dan Juliet. Kisah Siti Nurbaya di tuliskan kedalam sebuah novel oleh seorang penulis yang bernama Marah Rusli. Semua cerita dalam kisah Siti Nurbaya adalah merupakan bagian dari kisah nyata yang menceritakan sebuah kisah seorang gadis yang di jodohkan oleh ayahnya dengan orang kaya raya yang terkenal kasar hanya untuk membebaskannya dari hutang.

jembatan siti nurbaya
jembatan siti nurbaya [ image source ]

Pemberian nama pada jembatan ini dengan jembatan Siti Nurbaya karena konon di dekat jembatan berdiri terdapat sebuah ceruk yang banyak di percaya orang sebagai tempat dari jasad Siti Nurbaya di makamkan. Bagi kamu yang lagi berada di Sumatera Barat jangan lupa mampir ke jembatan ini buat sekedar foto selfie, pancaran sinar lampu jembatan ini kalau malam terlihat cantik dan indah.

2. Janjang Saribu

Sumatera Barat juga memiliki tembok raksasa yang tidak kalah menariknya dengan tembok besar yang ada di Cina. Tembok raksasa ini berada di kabupaten Agam, disini ada banyak deretan anak tangga yang membentang dengan jumlah ribuan. Janjang Saribu jika di artikan dalam bahasa Indonesia berarti adalah seribu tangga, deretan dari anak tangga ini memiliki panjang yang mencapai hingga 780 meter.

janjang saribu
janjang saribu [ image source ]

Tempat wisata Janjang Saribu ini ternyata panjangnya menghubungkan dua daerah yaitu dari Koto Gadang hingga Ngarai Sianok di Bukittinggi. Mungkin tempat wisata ini memang tidak semegah Great Well di Cina, tapi jangan heran kalau kamu datang kesini tempat ini selalu ramai di padati oleh pengunjung. Untuk menjelajahi Janjang Saribu kamu hanya perlu memakan waktu kurang lebih 30 menit saja kok, tapi kamu harus ekstra hati-hati ya karena tangga di Janjang Saribu memiliki kemiringan yang agak curam.

3. Jam Gadang Bukittinggi

Jam Gadang adalah salah satu jam terbesar di Indonesia, jika kamu lagi di Sumatera Barat rugi rasanya kalau kamu tidak mengunjungi salah satu tempat yang menjadi ikon dari Sumatera Barat. Jam Gadang ini berada di sebuah menara yang tingginya mencapai 26 meter, di setiap 4 sisi menara ini masing-masing menempel 4 buah jam berukuran besar dengan bandul yang dapat berbunyi. Jam ini memiliki besar diameter 80cm dan di datangkan langsung dari Rotterdam Belanda.

jam gadang bukittinggi
jam gadang bukittinggi [ image source ]

Percaya nggak percaya kalau jam ini di gerakkan oleh mesin mekanik yang hanya di buat 2 unit saja di dunia, salah satunya di pakai untuk jam Big Ben di London. Sudah percaya kan kalau jam ini ternyata tidak kalah menariknya dengan jam Big Ben yang ada di London, jadi kamu tidak perlu jauh-jauh ke London kan untuk menyaksikan jam berukuran besar, cukup datang saja ke Bukittinggi Sumatera Barat.

4. Pantai Air Manis Padang

Jika kamu masih ingat cerita malin kundang yang melegenda itu, maka disinilah letaknya batu yang konon di sebut sebagai jelmaan malin kundang yang telah di kutuk oleh ibunya. Jangan pernah salah mengira kalau di lihat dari namanya pantai air manis lalu airnya juga manis, di sini airnya juga sama dengan rasa air laut kebanyakan yang berasa asin. Pantai air manis adalah salah satu pantai yang menjadi tempat favorit bagi orang lokal untuk berwisata karena pantainya tergolong tidak berbahaya.

batu maling kundang di pantai air manis
batu maling kundang di pantai air manis [ image source ]

Jika kamu mulai menyisir daerah tepi pantai ini, maka kamu akan menemukan sebuah batu besar yang di tengarai sebagai wujud kutukan dari Malin Kundang. Bentuk batu ini benar-benar menyerupai bentuk Malin Kundang yang sedang bersujud memohon ampun persis dengan apa yang telah di ceritakan pada legenda Malin Kundang. Benar tidaknya batu itu adalah Malin Kudang, namun cerita di balik legenda seorang anak yang durhaka terhadap ibunya itu seolah-olah membenarkan bahwa batu itu memanglah wujud dari Malin Kundang.

5. Danau Singkarak Solok

Danau Singkarak adalah merupakan danau terbesar ke dua yang di miliki oleh pulau Sumatera, luas danau ini terbentang hingga di dua kabupaten yaitu wilayah Solok dan Tanah Datar. Danau ini terkenal dengan panorama keindahannya, bahkan saking luas wilayahnya danau ini di jadikan tempat untuk ajang kejuaraan lomba balap sepeda Internasional yang di adakan setiap bulan April-Juni. Bagi kamu yang lagi di Sumatera Barat pada Bulan tersebut, maka jangan sia-siakan untuk mampir melihat danau dan juga kompetisi balap sepeda Internasional di sini.

danau singkarak solok
danau singkarak solok [ image source ]

Salah satu hal lain yang menarik dari danau ini adalah terdapat jenis ikan yang konon hanya hidup di wilayah air tawar danau Singkarak. Ikan ini sering di sebut dengan ikan Bilih, yang kini terkenal sebagai salah satu bahan yang menjadi makanan khas dari kota Solok. Bagi kamu yang berkujung di hari sabtu dan minggu, disini kamu bisa menaiki kereta api yang akan mengajakmu keliling mengitari tepi danau sambil menikmati keindahannya.

6. Jembatan Akar Bayang

Jembatan pada umumnya di bangun menggunakan bahan seperti semen dan mungkin besi juga bahan lainnya, tapi untuk jembatan ini sesuai dengan namanya terbuat dari akar pohon. Percaya nggak percaya bahwa jembatan ini ternyata benar-benar terbuat dari akar pohon yang membentang di atas aliran sungai Batang Bayang. Rugi rasanya jika kamu lagi di Sumatera Barat tidak menyempatkan datang mengunjungi jembatan yang aneh dan unik ini.

jembatan akar bayang
jembatan akar bayang [ image source ]

Obyek wisata ini berada di pesisir selatan Sumatera barat yang letaknya kurang lebih sekitar 88km dari kota Padang. Jembatan ini terbuat dari akar yang di hasilkan dari dua pohon yang saling bersebrangan, memiliki panjang sekitar 10 meter dengan lebar 1 meter yang semuanya terbuat dari akar. Proses penyatuan akar kedua pohon ini konon membutuhkan waktu kurang lebih 26 tahun hingga menjadi sebuah jembatan.

7. Danau Kembar Solok

Danau kembar adalah salah satu dari lima danau yang terkenal di Sumatera Barat, lokasinya berada di Alahan Panjang, Kabupaten Solok. Diberi nama dengan danau kembar adalah karena, di kawasan in terdapat dua buah danau yang letaknya berdampingan dengan jarak kurang lebih antara 300 meter. Dua danau kembar tersbut adalah danau Diateh ( Diatas ) dan danau dibawah, danau kembar adalah salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi jika sedang Berkunjung di Sumatera Barat.

danau kembar solok
danau kembar solok [ image source ]

Salah satu yang membuat danau kembar ini unik adalah nama yang di sematkan dari masing-masing danau ternyata tidak sesuai dengan yang realita sebenarnya. Danau yang di beri nama danau Dibawah ternyata letaknya lebih tinggi dari danau Diateh dan begitu juga dengan sebaliknya. Jika di lihat dari kejauhan, keindahan dari danau ini sungguh menakjubkan. Di tempat wisata ini kamu juga bisa melakukan aktifitas bermain seperti outbond, tracking, olahraga air dan wahana wisata lainnya. Jika perutmu sudah terasa lapar saat berwisata ke tempat ini, disini juga terdapat banyak warung-warung yang siap memanjakan perut dan lidahmu. Pokoknya di jamin puas berkunjung di danau kembar, karena disini juga ada penginapan yang bisa kamu sewa.

Sahabat iyakan.com, itulah beberapa tempat wisata yang ada di daerah Sumatera Barat yang wajib kamu kunjungi. Beragam wisata yang ada di provinsi ini pokoknya nggak kalah indah dan menarik dengan provinsi lainnya di Indonesia. Percaya kan sekarang bahwa Sumatera Barat tidak hanya terkenal dari bentuk rumah adatnya yang unik dan juga restoran rumah makan Padang yang sudah tersebar luas di Indonesia itu. Bagi kamu yang lagi berkunjung di Sumatera Barat, pokoknya jangan lupa ya buat nyempetin berkunjung ke salah satu lokasi tempat wisata di atas, di jamin kamu bakal takjub deh dengan pesona keindahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *