Sedang memuat 8 Alutsista Terbaru Milik Indonesia Yang Akan Membuat TNI Semakin Gahar Dalam Menjaga Kedaulatan NKRI

8 Alutsista Terbaru Milik Indonesia Yang Akan Membuat TNI Semakin Gahar Dalam Menjaga Kedaulatan NKRI

Hampir sebagian besar negara di dunia memiliki Alutsista atau alat utama sistem pertahanan yang tidak lain fungsinya adalah untuk menjaga pertahanan dan keamanan negara dari ancaman pihak asing. Semakin memiliki banyak alutsista, maka bisa dipastikan bahwa kekuatan militer dari sebuah negara akan menjadi semakin kuat. Bicara soal alutsista, tahu nggak kalau Indonesia kini menjajaki peringkat 15 besar dalam beberapa survey tentang kekuatan militer dari seluruh dunia. Berikut ini adalah beberapa alutsista terbaru yang akan dimiliki Indonesia, tentu keberadaannya bakal menambah kekuatan TNI untuk menjaga kedaulatan NKRI dari ancaman musuh.

1. Pesawat Militer A-400M Airbus

Pesawat Militer A-400M Airbus
Pesawat Militer A-400M Airbus [ image source ]

Pemerintah Indonesia akhirya memutuskan untuk membeli 5 buah pesawat militer A-400M Airbus yang bakal menambah jumlah armada pesawat angkut berat miliki TNI Indonesia. Menurut informasi yang beredar, harga satu unit pesawat A-400M ini ditaksir mencapai Rp 2,3 triliyun rupiah dengan maksimal daya angkut seberat 37 ton.

2. Kapal Patroli Cepat PC-40

Kapal Patroli Cepat PC-40
Kapal Patroli Cepat PC-40 [ image source ]

Selain pesawat militer A-400M, Indonesia juga menambah kekuatannya di bidang keamaan laut dengan menurunkan Kapal Patroli Cepat PC-40. Kapal yang cepatnya bisa mencapai kecepatan maksimal 24 knot dengan memiliki panjang keseluruhan 45,5 meter dan lebar 7,9 meter ini ternyata buatan perusahaan dalam negeri yang dibuat oleh PT. Caputra Mitra Sejati.

3. Kapal Perusak Kawal Rudal (PKR)

Kapal Perusak Kawal Rudal (PKR)
Kapal Perusak Kawal Rudal (PKR) [ image source ]

Nggak cuma Kapal Patroli Cepat PC-40, Indonesia juga akan memiliki Kapal Perusak Rudal yang juga dibuat oleh perusahaan Indonesia yaitu PT. PAL Indonesia. Kapal memiliki kemampuan perang untuk 4 matra perang sekaligus, yaitu dapat menyerang kapal dipermukaan, menyerang kapal selam, menyerang pesawat udara, dan juga dapat membajak sistem pertahanan kapal musuh.

4. Leopard 2A4 Revolution RI

Leopard 2A4 Revolution RI
Leopard 2A4 Revolution RI [ image source ]

Tidak hanya laut dan udara, Indonesia ternyata juga sudah menyiapkan pengamanan lingkup darat dengan membeli 61 tank Leopard 2A4 Revolution RI. Tank Leopard yang satu ini hampir nggak jauh berbeda dengan tank Leopard 2A4 produksi standar, perbedaannya hanya terletak pada bahan material pembuatannya yang dikabarkan lebih kuat menahan serangan.

5. Pesawat Sukhoi Dan Pesawat Pengintai

Pesawat Sukhoi Dan Pesawat Pengintai
Pesawat Sukhoi Dan Pesawat Pengintai [ image source ]

Indonesia setidaknya telah membeli 24 pesawat tempur dari dua jenis pesawat Sukhoi yaitu Sukhoi 27 SK dan 30 SK guna memperkuat kemampuan wilayah udara Indonesia. Informasi terakhir yang didapatkan, pemerintah juga akan membeli pesawat sukhoi yang terbaru yaitu Su-35 dan 4 pesawat intai Boeing 737-200 dan 1 CN 235 NP yang mampu mengambil data dari ketinggian 3500 feet.

6. Helikopter Serbu AS550 Fennec

Helikopter Serbu AS550 Fennec
Helikopter Serbu AS550 Fennec [ image source ]

Helikopter serbu As550 Fennec ini adalah merupakan helikopter generasi penerus NBO-105 yang merupakan versi militer Airbus Ecureuil. Helikopter ini dapat dioperasikan dengan mesin tunggal atau ganda yang memiliki kemampuan adaptasi dan solusi sitem hemat biaya. Meskipun bodynya dilapisi dengan lapisan baja tebal namun AS550 ini termasuk helikopter yang ringan.

7. Helikopter AS656 MBE Panthers

Helikopter AS656 MBE Panthers
Helikopter AS656 MBE Panthers [ image source ]

Indonesia telah memesan 11 unit AS656 MBE Panthers yang akan difungsikan untuk membackup wilayah keamanan kelautan. Salah satu kehebatan helikopter yang satu ini adalah memiliki dipping sonar yang dapat digunakan untuk menjalani perang khususnya untuk mendeteksi keberadaan yang sekaligus dapat menyerang kapal selam musuh.

8. Helikopter Apache AH-64E Guardian

Helikopter Apache AH-64E Guardian
Helikopter Apache AH-64E Guardian [ image source ]

Helikopter serbu buatan Amerika ini ternyata memiliki kemampuan yang dapat beroperasi di segala kondisi medan cuaca. Helikopter Apache AH-64E ini memiliki fitur canggih untuk menunjang kelancaran misi dalam pertempuran seperti radak penjejak dengan senjata utamanya adalah rudal dan peluru kendali yang memiliki daya jangkau efektif 8 kilometer.

Sahabat iyakan.com, itulah beberapa alutsista terbaru yang bakal menambah kekuatan TNI untuk menjaga dan melindungi kedaulatan wilayah NKRI dari ancaman musuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *