8 Fakta Dibalik Rahasia Kelezatan Es Krim Yang Bisa Menambah Pengetahuanmu

jangan cuma suka, tapi kamu harus tahu tentang es krim

Es krim mungkin adalah salah satu jenis makanan yang sudah ada sejak zaman dahulu dan bertahan hingga sekarang. Tentunya sebagian orang sangat menyukai yang namanya es krim, karena kesegarannya mampu membuat seseorang menjadi ketagihan. oelh sebab itu hingga sekarang menu makanan es krim telah melalui banyak perubahan dari bentuk, tekstur hingga dalam varian rasanya.

es krim
es krim [ image source ]

Di setiap negara pastinya memiliki resep berbeda dari pembuatan es krim, bahkan beberapa es krim ada yang di sajikan dengan campuran bahan unik lainnya. Salah satu contohnya dari es krim yang di campur dengan bahan makanan unik adalah seperti es krim dari orang Eskimo. Bagi khususnya orang-orang Eskimo, menyajikan es krim dengan campuran daging ikan adalah merupakan menu favorit dari es krim yang sering mereka nikmati. Namun di balik keunikannya es krim favorit orang Eskimo, ternyata masih banyak loh fakta lainnya yang perlu kamu ketahui tetang es krim. Untuk menambah wawasanmu tentang es krim, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Faktanya Orang Penting Juga Doyan Es Krim

orang penting suka makan es krim
orang penting suka makan es krim [ image source ]

Kelezatan es krim ternyata tidak hanya di gandrungi oleh kalangan orang-orang biasa saja, namun juga termasuk oleh beberapa orang yang memiliki jabatan di pemerintahan. Contohnya adalah beberapa orang di kerajaan seperti di Kaisar Nero bangsa Romawi yang sering memerintahkan anak buahnya mengambil salju ketika musim panas berlangsung untuk di santap dengan beberapa campuran bahan lainnya. Tidak hanya Kaisar Bangsa Romawi saja yang suka dengan es krim, pada Dinasti Tang konon sang Kaisar Shang juga sangat hobi menyantap es dengan campuran ramuan seperti susu, tepung dan bahan lainnya. Konon kabarnya resep es krim bisa menyebar ke seluruh dunia akibat Marcopolo, awal mulanya ramuan es krim ini di selunsupkan oleh marcopolo ke Italia, yang akhirnya menyebar ke daerah inggris dan ke seluruh bagian dunia lainnya.

2. Rahasia Kelezatannya Terletak Pada Kristal Es Yang Terkecil

es krim yang lembut yang terenak
es krim yang lembut yang terenak [ image source ]

Di dunia ini mungkin telah banyak sekali tercipta berbagai macam resep pembuatan es krim yang tentunya memiliki khas masing-masing. Namun beberapa diantaranya banyak yang membuatnya dengan konsentrasi lemak dan air sebagai komposisi utamanya, dan kebanyakan juga di campur dengan susu. Namun hal terpenting yang perlu di ketahui bahwa sejatinya rahasia kelezatan dari ek krim itu terletak dari butiran kristal es krim yang paling kecil. Kenapa bisa begitu, ya tentunya es krim terlezat itu pastinya selain rasa, kelembutannya juga harus di miliki oleh sebuah es krim. Semakin lembut dari karakteristik es krim maka semakin lezat pula untuk di nikmati, dan inilah salah satu resep rahasia dari kelezatan es krim.

3. Jangan Kaget Kalau Mulai Banyak Es Krim Dengan Varian Rasa Yang Unik

es krim rasa telur buaya
es krim rasa telur buaya [ image source ]

Mungkin sudah banyak varian rasa dari es krim kini banyak sekali di temui, dari mulai susu, vanila buah dan rasa lainnya. namun perlu di ketahui bahwa ternyata kini rasa es krim tidak hanya meliputi varian yang sering kita rasakan saja loh, karena kini banyak varian rasa unik yang di hadirkan pada es krim. Rasa unik dari varian rasa eksrim sudah mulai merebak di sebagian wilayah di dunia, seperti rasa es krim mawar, es krim burger, es krim telur buaya hingga es krim rasa ular. Tidak hanya variasi dari rasanya, kini penyajiannya pun juga terbilang banyak yang unik dengan toping abon, tempura, ikan teri, malah ada juga yang di beri toping ayam goreng. Namun beberapa di antara eskrim unik tersebut, ada tiga es krim yang mulai hit karena penyajiannya yang unik, tiga es krim tersebut adalah Rolled Ice Cream, Taiyaki Ice Cream, dan Jipangyi Ice Cream.

4. Es Krim Yang Dibuat Dengan Aksi Akrobat

akrobat penjualan es krim dondurma
akrobat penjualan es krim dondurma [ image source ]

Jika tadi sudah membahas beberapa varian rasa dan cara penyajiannya yang tergolong cukup unik dan aneh dengan berbagai toping. Maka selanjutnya kamu harus tau, kalau beberapa cara pembuatan es krim terbilang juga tidak kalah uniknya dengan berbagai macam rasa tersebut. Dondurma adalah salah satu es krim yang banyak di minati di kawasan daerah Turki, pasalnya selain rasanya enak ternyata cara penyajiannya yang unik ternyata menjadikan es krim ini sangat di gemari. Setiap orang yang akan membeli es krim ini nantinya akan di kejutkan dengan atraksi dari sang penjual yang membolak-balikkan es krim dengan tongkat besi namun tidak terjatuh. Perlu di ketahui, es krim Dondurma adalah es krim yang memiliki tekstur lembut dan sangat lengket. Jadi itulah yang menyebabkan bahwa para penjual es krim ini suka melakukan atraksi dengan tongkat besi untuk menarik para pembelinya.

5. Es Krim Terbesar Pernah Dibuat di Tahun 2016

es krim cone terbesar di dunia
es krim cone terbesar di dunia [ image source ]

Pernah ngebayangin tidak bagaimana kalau ada es krim lezat dan besar di hadapanmu, pastinya seru ya kita bisa makan es krim sepuasnya. Tapi ngomongin es krim yang besar, kamu tahu tidak ternyata di tanggal 11 september 2016 pernah di buat es krim cone terbesar di dunia oleh Nestle. Es krim cone ini di pamerkan di western Fair dengan ukuran setinggi 3,36 meter dengan tajuk untuk memperingati ulang tahun Nestle Ice Cream Factory yang ke 50 tahun. Besarnya es krim yang di buat ternyata membuat es krim tersebut menyandang rekor es krim terbesar yang pernah di buat di bumi. Es krim ini terbuat dari 1200 liter es rasa strobery yang kira-kira bisa di jadikan 11000 scop es krim. Setelah semua acara pameran es krim terbesar selesai, akhirnya semua pengunjung yang menghadiri festival tersebut mendapatkan bagian untuk mencicipi es krim terbesar yang pernah di buat itu.

6. Es Krim Termahal Didunia

es krim toping berlian termahal
es krim toping berlian termahal [ image source ]

Ngomongin harga dari es krim memang sangat beragam harganya, dari mulai yang murah hingga yang mahal semuanya tetap banyak di minati untuk di beli. Namun bagaimana reaksimu jika kamu mendengar sebuah es krim dengan harga yang sangat begitu fantastis yaitu berkisar 1,4 juta dolar. Harga tersebut memang benar-benar ada loh, es krim itu di jual di Arnaud Restaurant dan merupakan es krim dengan rekor harga termahal di dunia. Penasaran mengapa es krim tersebut di jual dengan harga yang cukup tinggi? Selain rasanya yang enak ternyata yang menjadikannya mahal adalah karena es krim ini di sajikan dengan cincin yang bertahtakan berlian merah muda seberat 4,7 karat yang langka peniggalan dari Sir Ernest Cassel. Coba deh kamu hitung kalau di rupiahkan harga dari es krim tersebut menjadi berapa, siapa tahu kamu punya banyak uang untuk membeli es krim tersebut.

7. Faktanya Rasa Es Krim Terfavorit Sampai Saat ini Adalah Vanila

es krim vanila adalah es krim terfavorit
es krim vanila adalah es krim terfavorit [ image source ]

Menurutmu, rasa es krim apa yang paling kamu sukai dan kamu anggap paling enak? Tentunya setiap orang memiliki pendapatnya masing masing kan ya. Namun kalau di lihat dari beberapa survey yang di lakukan, tahu tidak rasa es krim apa yang paling banyak di sukai kebanyakan orang. Jika kamu penasaran, maka rasa yang paling di sukai dari es krim ternyata adalah rasa vanila, dengan hampir 30 persen pecinta es krim sangat menyukai dengan rasa vanila. Selain itu rasa vanila adalah rasa es krim yang paling klasik yang di gemari sejak zaman dahulu. Jika rasa vanila menduduki peringkat pertaman sebagai rasa terfavorit, maka untuk selanjutnya adalah rasa cokelat menduduki peringkat ke dua setelah vanila. Setelah rasa vanila dan cokelat, rasa lain berikutnya yang di gemari adalah dari berbagai macam aneka rasa buah seperti strobery, kelapa, nanas dan yang lainnya.

8. Faktanya Merek Terlaris Dari Es Krim Adalah Magnum

es krim magnum
es krim magnum [ image source ]

Tidak berbeda dengan halnya sebuah rasa, merek pabrikan dari es krim juga tergolong sangat banyak macamnya. Namun dari beberapa merek yang ada, merek Magnum adalah salah satu dari sekian banyak merek yang penjualannya tergolong mendapatkan nilai yang fantastis. Es krim Magnum adalah merek es krim dari Unilever yang telah mencapai tingkat penjualan tertinggi pada tahun 2015 dengan total pendapatan mencapai2,45 milyar dolar. Sedangkan untuk di posisi kedua dari merek es krim terlaris di isi oleh merek Haagen-Dazs dari General Mills Inc, dengan total nilai pendapatan dari penjualan yang mencapai 2,086 milyar. Sedangkan posisi ke tiga kembali di isi oleh merek dari unilever yaitu Cornetto dengan angka pendapatan dari penjualan mencapai 1,595 milyar dolar. Kalau menurutmu, es krim terfavoritmu dari ketiga tadi apa yang paling enak, Magnum, Haagen-Dazs, atau Cornetto.

Nah sahabat iyakan.com itulah tadi beberapa ulasan yang membahas tentang beberapa fakta mengenai es krim yang mungkin bisa menambah wawasanmu. Selain rasanya yang enak es krim juga sangat menyegarkan jika di konsumsi saat cuaca panas lagi terik-teriknya, setuju kan? yang penting jangan kebanyakan ya mengkonsumsinya, nanti bisa-bisa badanmu jadi sakit akibat over dalam makan es krim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *