Sedang memuat 8 Fenomena Cuaca Aneh Yang Pernah Terjadi Di Dunia

8 Fenomena Cuaca Aneh Yang Pernah Terjadi Di Dunia

Fenomena alam terkadang sering kali muncul dengan seketika tanpa kita bisa prediksi, sehingga sering menimbulkan peristiwa-peristiwa tak terduga. Dimulai dari peristiwa yang menyeramkan hingga ke peristiwa yang terkadang justru terbilang unik. Dan dapat dipastikan bahwa beberapa hal yang tidak terduga itu bisa terjadi di seluruh bagian dunia manapun itu, termasuk degnan negara Indonesia.

fenomena alam yang aneh
fenomena alam yang aneh [ image source ]

Ngomongin soal fenomena alam, ternyata dari beberapa kejadian fenomena yang terjadi di bumi, yang kerap memunculkan kejadian aneh, unik dan menyeramkan adalah dalam fenomena cuaca. Tidak sedikit dari beberapa peristiwa banyak yang membuat orang tertegun atas fenomena cuaca yang sedang terjadi, namun juga tidak sedikit yang justru khawatir karena rasa takut akan sesuatu yang buruk akan terjadi karena fenomena cuaca yang mereka lihat terbilang menyeramkan. Berikut adalah beberapa ulasan tentang fenomena cuaca aneh yang pernah terjadi di bumi.

1. Fenomena Langit Yang Terbelah

Fenomena Langit Yang Terbelah
Fenomena Langit Yang Terbelah [ image source ]

Bagi sebagian orang tentunya melihat keanehan yang terjadi di langit akan membuat banyak orang beranggapan negatif karena sering di anggap sebagai tanda-tanda akan terjadinya bencana. Dan salah satu hal aneh yang pernah terjadi di langit adalah sebuah peristiwa fenomena cuaca yang menampakkan awan yang terbelah. seolah-olah dari fenomena cuaca yang unik tersebut sedang menggambarkan sebuah langit yang terbelah. Kejadian unik ini pernah terjadi di kota Pontianak di tahun 2011 yang lalu, dan hanya terjadi selama 11 menit saja.

2. Fenomena Awan Yang Menggulung

Fenomena Awan Yang Menggulung
Fenomena Awan Yang Menggulung [ image source ]

Fenomena cuaya yang tergolong unik tidak hanya dengan penampakan langit yang terbelah, melainkan fenomena awan yang menggulung. Bagi yang belum pernah melihatnya mungkin akan terkagum-kagum dan sedikit ngeri, pasalnya awan yang menggulung ini berbentuk seperti angin tornado dengan posisi sedang tidur. Bahkan saking uniknya, orang-orang yang pernah melihat fenomena ini pasti mengira bakal terjadi badai besar. Menurut para ilmuan, fenomena ini terjadi karena suhu di sekitar awan berbanding terbalik seperti udara panas yang tiba-tiba berada di atas udara dingin yang terhembus angin kemudian seketika menyebabkan awan menjadi tergulung.

3. Fenomena Petir Vulkanik

Fenomena Petir Vulkanik
Fenomena Petir Vulkanik [ image source ]

Salah satu fenomena cuaca yang terbilang cukup langka terjadi adalah penampakan petir vulkanik, yang hanya terjadi ketika gunung berapi meletus. Sejatinya tidak ada perbedaan dari bentuk petir vulkanik dengan petir lainnya, yang membedakannya adalah penyebab terciptanya petir tersebut. menurut para ilmuan, penyebab terjadinya petir vulkanik di dasari atas perubahan suhu yang sangat drastis akibat hawa panas dari letusan gunung sehingga mengakibatkan pertemuan energi dari awan yang bermuatan negatif dan awan positif. Peristiwa petir vulkanik, sangat sering terjadi pada ledakan gunung yang berkekuatan dahsyat.

4. Fenomena Green Flash

Fenomena Green Flash
Fenomena Green Flash [ image source ]

Jika sekilas kamu pernah melihat cahaya berwarna hijau ketika matahari terbit atau tenggelam, mungkin saat itu kamu sedang melihat fenomena cuaca yang sering di namakan dengan green flash. Fenomena green flash kerap juga di sebut dengan nama emerald sunset, dan uniknya fenomena ini hanya bisa di saksikan selama 1 hingga 2 detik saja dan akan berakhir ketika kamu mengedipkan mata. Menurut para ilmuan, fenomena cuaca ini terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh prisma seperti yang kerap terjadi pada kaca. Sejatinya tidak hanya berwarna hijau saja melainkan ada banyak warna dalam terjadinya fenomena ini. Namun karena warna hijau adalah warna yang paling kontras, maka warna hijaulah yang kerap terlihat oleh mata manusia.

5. Fenomena Pelangi Api

Fenomena Pelangi Api
Fenomena Pelangi Api [ image source ]

Bagi sebagian orang, pasti akan terkagum-kagum akan fenomena cuaca yang tergolong unik tersebut yaitu sebuah penampakan pelangi api. Kalau biasanya pelangi ini membentuk setengah lingkaran dengan garis lurus, maka untuk pelangi api penampakannya berwujud seperti api yang sedang berkobar namun tetap dengan warna pelangi. Nama ilmiah dari pelangi api ini adalah circum horizontal arc, dan terjadi karena akibat pembiasan cahaya matahari oleh kristal es yang ada di awan cirrus. Pembiasan cahaya yang menembus awan cirrus itulah natinya yang akan menampakkan fenomena dari pelangi api yang tergolong jarang terjadi. Fenomena pelangi yang unik ini biasanya terjadi saat musim panas dengan cahaya matahari yang harus pada elevasi 58 derajat, dan tidak semua wilayah bisa menampakkan fenomena pelangi api yang unik ini.

6. Fenomena Petir Abadi

Fenomena Petir Abadi
Fenomena Petir Abadi [ image source ]

Jika pada ulasan sebelumnya sempat di bahas mengenai petir vulkanik, kali ini fenomenanya tidak kalah unik dan mengerikan dengan petir tersebut yaitu petir abadi. Disebut dengan petir abadi karena memang fenomena petirnya selalu terjadi setiap hari, dengan skala ribuan petir yang menyambar-nyambar. Fenomena ini terjadi di daerah sungai di Venezuela yang bernama sungai catatumbo. Fenomena ini terjadi mulai dari jam 7 malam dan berlangsung hingga 10 jam dengan total pertahunnya hampir selama 260 malam selalu terjadi. Para ilmuan memprediksikan jika fenomena petir abadi ini terjadi karena kandungan uranium yang terkandung pada batu di area sungai tersebut. fenomena petir ini sempat terhenti di tahun 2010 yang lalu, namun setelah berselang 6 minggu fenomena ini terjadi kembali hingga sekarang.

7. Fenomena Tornado Api

Fenomena Tornado Api
Fenomena Tornado Api [ image source ]

Melihat sebuah fenomena angin tornado biasa saja sudah bikin bulu kuduk merinding karena kengeriannya, lalu bagai mana jika melihat fenomena tornado api? Pastinya fenomena tornado api ini tergolong dari fenomena yang paling mengerikan karena seperti yang di ketahui bahwa angin tornado bisa menuju kemana saja. Menurut sejarah, fenomena angin tornado api tercatat sebagai fenomena angin tornado paling mematikan, yang biasanya tercipta dan muncul di tengah-tengah kobaran api yang besar seperti pada kebakaran hutan. Kasus terparahnya dari kemunculan fenomena tornado api ini pernah di alami oleh negara jepang di tahun 1923 silam ketika jepang di landa gempa dahsyat yang mengakibatkan kebakaran pada banyak pohon yang kahirnya menciptakan tornado api. Setidaknya tornado api yang ada kala itu telah menewaskan ribuan yang sedang mengungsi hingga menyebabkan banyak kematian.

8. Fenomena Hujan Ikan

Fenomena Hujan Ikan
Fenomena Hujan Ikan [ image source ]

Hujan air dan hujan es mungkin sudah sangat lazim di temui hampir si seluruh bagian penjuru dunia dengan intensitas yang cukup lumayan sering terjadi. Namun untuk hujan yang satu ini mungkin sangat jarang sekali terjadi dan termasuk dalam fenomena cuaca yang tergolong unik yaitu hujan ikan. Sejatinya sudah banyak legenda yang menceritakan akan terjadinya hujan makhluk dari langit, dan salah satunya yang benar-benar terjadi yaitu hujan ikan. Fenomena hujan ikan ini pernah terjadi di wilayah Honduras tepatnya di kota Yoro, yang mengakibatkan beberapa wilayahnya di jatuhi banyak ikan. Fenomena hujan ikan tersebut lantas dinamakan dengan Lluvia de Peces, dan faktor penyebab fenomena terjadi karena ikan di suatu wilayah perairan terbawa olrh badai puting beliung hingga berpindah ke tempat lain.

nah sahabat iyakan.com, itulah beberapa kejadian fenomena cuaca yang terbilang aneh dan unik juga menyeramkan. Faktanya kejadian seperti itu tidak bisa terjadi di beberapa daerah lainnya, oleh karena itu fenomena-fenomena tesebut menjadi fenomena yang sangat langka di jumpai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *