Pria Ini Nyaris Kecopetan, Apa Sebabnya?

Pokemon Go jadi perbincangan seru belakangan ini. Tak lama setelah dirilis, game di Android dan iPhone ini dengan cepat mencuri perhatian dan digilai gamer. Yang membuatnya spesial, game ini berbasis augmented reality, sehingga permainan mencari karakter Pokemon seolah menyatu dengan dunia nyata.

Game ini dirilis oleh Nintendo pada 6 Juli 2016 sebagai aplikasi baru untuk Iphone di Asia dan Australia, dan perlahan-lahan diluncurkan ke seluruh dunia. Di luar keasyikan gamer menemukan Pokemon di lingkungan sekitar mereka, ada hal-hal yang terjadi gara-gara bermain Pokemon Go.

1. Aktivitas Jadi Terganggu

Seorang gamer bernama Cartemell mengatakan, ia malah melewatkan jam makan siang demi memainkan dan menangkap karakter-karakter di Pokemon GO. Ia kehilangan jam makan siang saat istirahat kantor karena terus berjalan-jalan untuk menemukan bola pokemon selama 30 menit.

pekerjaan berantakan

Ia juga menggaku tertinggal kereta api saat pulang kerja karena berjalan jalan di sekitar stasiun untuk mendapatkan lebih banyak pokemon dan naik level. Tidak hanya itu,Cartemell juga berjalan selama 25 saat hujan mengguyur rumahnya hanya untuk mendapatkan bola pokemon.

2. Keluar Rumah Saat Larut Malam

Adam Rida, seorang gamer asal Perth, Australia pergi keluar untuk berjalanjalan pada jam 9 malam dengan seorang teman karena Pokemon GO. Ia mengatakan bahwa ia tidak menyesal telah keluar rumah saat sudah larut malam, dan bahkan ia akan melakukannya lagi.

keluar malam hari

Rida malah membuat rencana untuk pergi ke kota saat akhir pekan hanya untuk mencari bola-bola pokemon. “Saya pikir kami akan pergi ke kota pada akhir pekan dengan tujuan melihat apakah Pokemon akan berada di sana,” tutur Rida.

3. Mempengaruhi produktivitas kerja

Pokemon Go juga mempengaruhi produktivitas masyarakat di tempat kerja. Banyak pengguna mengatakan bahwa keinginan untuk menangkap lebih banyak pokemon kadang-kadang sulit untuk ditolak. Dan Nolan dari Sydney mengatakan bahwa Pokemon Go mendiket jadwalnya.

pekertjaan terganggu

“Saya sengaja pindah meeting dengan klien menjadi minggu depan agar saya bisa bermain game ini lebih banyak dari kemarin,” katanya. Bahkan penyiar radio Lindsay Harapa mengatakan bahwa ia memainkan Pokemon Go saat di rumah, di tempat kerja, dan saat suami sedang menyetir.

4. Terlihat Aneh

Karena Pokemon ada di mana saja, jangan heran jika belakangan ini terlihat sejumlah orang yang mungkin tampak aneh, celingukan, bergerak ke sana-sini, sambil terus berkutat dengan ponselnya. Jika Anda bertemu orang seperti ini, bisa jadi mereka sedang asyik mencari dan menangkap Pokemon.

bermain gadget di jalan

Sejak dirilis, hal ini sering terjadi terutama saat akhir pekan, karena banyak gamer yang mencari Poke Stops mall atau tempat random tertentu. Bahkan di Indonesia, beberapa gamer ada yang mengejar Pokemon dengan memanfaatkan layanan transportasi online seperti Go-Jek dan Uber.

5. Jadi Sasaran Copet

Di Indonesia, ada gamer yang mengaku nyaris menjadi sasaran copet. Sejak kehadiran permainan Pokemon Go, Niko Radityo menjadi keranjingan berburu Pikachu dan kawan-kawannya. Dia kerap mengitari jalanan dan gedung untuk menemukan para Pokemon.

ilustrasi kecopetan

Ponsel yang digunakannya nyaris dicopet saat sedang berburu Pokemon di jalan. Walau nyaris kecopetan, Niko mengaku tidak kapok berburu Pokemon. Namun belajar dari pengalaman tersebut, agar lebih aman dia memanfaatkan transportasi berbasis online. “Mungkin pakai Go-Jek atau Uber,” kata Niko

Stay play and be safe!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *