Sedang memuat Mau Mudik Lebaran? Ini Alasannya Kenapa Sangat Penting Ajak Anak Untuk Pulang Ke Kampung Halaman

Mau Mudik Lebaran? Ini Alasannya Kenapa Sangat Penting Ajak Anak Untuk Pulang Ke Kampung Halaman

Momen lebaran adalah momen yang paling banyak di tunggu oleh hampir seluruh umat muslim di dunia termasuk di Indonesia. Tentu setiap negara memiliki tradisi masing-masing dalam menyambut hari raya lebaran. Kalau di negara Indonesia sendiri, salah satu tradisi yang ramai dan banyak dilakukan menjelang lebaran adalah mudik atau pulang kampung. Nah bagi kamu yang mau mudik dan sudah punya anak jangan sampai ya kamu lupa mengajak anakmu untuk pulang kampung. Semua itu karena ternyata mengajak mudik anak ke kampung halaman dapat mengajarkan beberapa hal penting seperti berikut ini.

1. Memperkenalkan Apa Itu Mudik Lebaran

pentingnya mudik bersama anak guna memperkenalkan apa itu mudik lebaran
memperkenalkan apa itu mudik lebaran [ image source ]

Bagi anak yang belum pernah ikut mudik, mungkin mereka akan bingung apa itu mudik lebaran, nah dalam kesempatan ini orangtua dapat memperkenalkan apa itu tradisi mudik lebaran, dan mengapa harus mudik lebaran.

2. Melatih Kesabaran Saat Mudik

pentingnya mudik bersama anak untuk melatih kesabaran saat mudik
melatih kesabaran saat mudik [ image source ]

Mudik itu adalah hal yang paling menyenangkan, tapi sekaligus menjadi hal yang juga pastinya melelahkan. Nah momen mudik bersama anak akan mengajarkan untuk bisa belajar bersabar menghadapi segala kondisi yang terjadi pada saat perjalanan mudik ke kampung halaman.

3. Memperkenalkan Kampung Halaman

pentingnya mudik bersama anak guna memperkenalkan kampung halaman
memperkenalkan kampung halaman [ image source ]

Mudik juga dapat dijadikan ajang untuk memperkenalkan kampung halaman ke anak, dari mulai nama wilayah, daerah, hingga mengenalkan potensi wisata yang juga ada dikampung halaman. Jadi suatu saat ditanya temennya kamu mudik kemana, dia nggak bingung mau jawab apa, dan ngapain aja disana.

4. Melatih Untuk Tetap Menjaga Tali Silaturahmi

pentingnya mudik bersama anak guna melatih menjaga tali silaturahmi
melatih menjaga tali silaturahmi [ image source ]

Tujuan pulang kampung tentu tidak lain adalah karena untuk bisa bersua dengan sanak keluarga, sahabat, teman dan yang lainnya. Nah momen mudik yang seperti ini kelak akan mengajarkan kepada anak tentang apa itu arti menjaga tali silaturahmi.

5. Melatih Untuk Mau Saling Berbagi

pentingnya mudik bersama anak guna mengajarkan untuk mau saling berbagi
mengajarkan untuk mau saling berbagi [ image source ]

Salah satu hal barang yang paling sering dibawa saat pulang kekampung halaman adalah buah tangan atau oleh-oleh. Nah momen mudik lebaran sangat bagus dipergunakan untuk mengajarkan kepada anak kita agar mau saling berbagi.

Sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa nilai positif dari mengajak anak untuk ikut dalam mudik lebaran. Nah jika kamu sendiri belum punya anak, disarankan jangan sampai kamu ajak anak orang lain untuk mudik tanpa seijin orangtuanya ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *