5 Alutsista Sangar Indonesia ini Ternyata Hasil Hibah Dari Rusia

Hubungan antara Indonesia dan Rusia mungkin sangat biasa hari ini. Tidak terlalu jauh, tapi juga tidak dekat layaknya teman akrab. Namun kembali kepada beberapa dekade lalu, kita dan mereka ibarat sahabat baik. Tepatnya saat pemerintahan Bung Karno di mana hubungan Rusia dan Indonesia sangat manis seperti AS dan Israel sekarang ini.

Rusia di masa itu benar-benar sangat loyal kepada Indonesia. Bahkan mereka punya andil besar dalam beberapa kepentingan fundamental negeri ini. Salah satunya adalah memberikan bantuan alutsista untuk merebut Papua Barat dari Belanda. Uniknya soal alutsista ini, Rusia tidak mengirim yang ecek-ecek, melainkan peralatan perang super keren dan paling mutakhir di masanya. Bahkan beberapa jenis dari itu, hanya dimiliki oleh negara-negara paling berpengaruh saja.

Di masa itu, militer Indonesia benar-benar sangar dan sungguh ditakuti dunia, termasuk Amerika. Dan berikut adalah deretan alutsista sangar Indonesia yang didapatkan negeri ini dari kebaikan hati Rusia di masa lalu.

1. Antonov AN-12, Pesawat Pengangkut Terbesar Di dunia

Tahun 60an, Indonesia sedang dilanda masa berkecamuk soal Papua Barat yang ngotot diklaim oleh Belanda. Akhirnya negara memutuskan untuk melakukan konfrontasi militer. Namun, kendalanya saat itu adalah masalah alutsista, khususnya kurangnya pesawat pengangkut massal. Lalu berkat lobi yang dilakukan oleh Bung Karno dan pihak terkait, akhirnya Indonesia berhasil mendatangkan Hercules dan juga Antonov AN-12.

Antonov-An-12-Photos
Antonov AN-12 [ Image Source ]

Tentang Antonov AN-12, di masa itu pesawat ini adalah salah satu yang paling greget di dunia. Ukurannya paling besar serta memiliki kemampuan yang bisa dibilang sangat oke di masanya. Indonesia sendiri dikatakan membeli pesawat tersebut dari Rusia, namun ada yang mengatakan kalau beberapa dari Antonov itu adalah sumbangan Rusia. Sayangnya di masa berkobarnya G30 S pesawat ini di-grounded alias diberhentikan dari operasi. Alasannya sendiri karena pesawat ini dihubung-hubungkan dengan komunisme.

2. Mi-6 Hook, Helikopter Terbesar di Dunia

Tak cuma Antonov AN-12, Indonesia di masa itu juga pernah membeli dan menerima bantuan beberapa gelintir Mi-6 Hook dari Rusia. Di masanya, helikopter satu ini adalah yang paling greget di dunia. Terutama dari segi dimensi yang sangat besar serta kemampuan manuvernya yang oke.

Mil_Mi6B_Hook
Mi-6 Hook [ Image Source ]
Sama seperti Antonov, Mi-16 juga dibutuhkan Indonesia untuk mendukung operasi Trikora di Papua Barat. Namun sayangnya helikopter bongsor ini datang setelah operasi militer tersebut usai. Meskipun demikian, helikopter ini sempat dipakai untuk beberapa misi khusus hingga akhirnya lagi-lagi dibesituakan gara-gara kental dengan simbol komunis.

3. KRI Irian, Simbol Kedigjayaan Maritim NKRI atas Prakarsa Rusia

Indonesia adalah negara maritim, maka fardu ain hukumnya untuk punya alutsista oke yang berhubungan dengan kelautan. Dan memang pada akhirnya NKRI memiliki banyak alutsista laut yang bisa dibilang mumpuni. Kembali ke masa lalu, Indonesia pernah memiliki sebuah kapal perang paling dahsyat bahkan di dunia. Namanya KRI Irian.

1
KRI Irian [ Image Source ]

Kapal perang satu ini di masa lalu adalah yang paling greget. Ia memiliki ukuran yang sangat besar serta kelengkapan persenjataan yang oke. Kapal kebanggaan Indonesia ini ternyata adalah hasil bantuan dari Rusia. Nama asli kapalnya sendiri adalah Sverdlov. Konon Rusia hanya memberikan ini kepada Indonesia saja, tidak pernah sekalipun ke negara-negara lain.

4. Deretan Pesawat Jet Paling Canggih di Masanya

Tak cukup dengan kapal sampai helikopter, Rusia ternyata juga pernah menghibahkan beberapa buah pesawat tempur dari jenis-jenis yang berbeda. Pesawat tersebut adalah MiG seri 15, seri 17, 19 dan 21. Deretan pesawat ini mungkin sekarang sudah uzur, tapi di tahun 60an mereka adalah yang paling greget di angkasa.

2
MIG-21 [ Image Source ]

Meskipun serinya berbeda, namun pesawat ini memiliki kemampuan dan spesifikasi yang hampir sama. Misalnya bisa melesat sampai seribu kilometer per jam, sampai kemampuan manuver yang sangat oke. Berkat deretan pesawat tempur ini, angkatan udara Indonesia pernah sangat mematikan.

5. Kapal Selam Wishkey-Class, Paling Gahar Se-Asia Tenggara

Alutsista laut Indonesia juga pernah menerima bantuan besar berupa 12 kapal selam kelas Wishkey dari Rusia. Tujuannya sendiri untuk mendukung operasi militer di Papua Barat. Di masanya, kapal selam ini sangar luar biasa dan bisa dibilang paling canggih. Salah satu kemampuannya adalah mampu meluncurkan rudal kendali serta banyak pernik canggih lainnya.

Whiskey_class_submarine
Kapal Selam Kelas Wishkey [ Image Source ]

Kedatangan 12 kapal selam ini langsung membuat pamor militer Indonesia melejit. Bahkan kala itu kalau dirata-rata, maka kekuatan alutsista laut kita lah yang paling oke se-Asia Tenggara. Sekarang 12 kapal ini sudah pensiun. Salah satu darinya bisa kita jumpai di Surabaya, tepatnya di jalan Pemuda.

Mungkin kamu terheran-heran sekali dengan sikap yang terlalu loyal ini. Namun, diketahui jika Rusia melakukan ini sebenarnya untuk membujuk Indonesia agar masuk dalam blok Rusia. Namun, berkat negosiasi ulung Presiden Soekarno dan lainnya, Indonesia konsisten di kubu non blok, namun tetap bisa bersahabat dengan Rusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *