Sedang memuat 5 Bahan Ini Dikenal Paling Gampang Bikin Manusia Ketagihan

5 Bahan Ini Dikenal Paling Gampang Bikin Manusia Ketagihan

Pernahkah kamu merasa suka sekali mengonsumsi sesuatu sampai-sampai rasanya tubuhmu tidak akan bisa bertahan sebelum menggunakannya? Waspadalah, jangan-jangan kamu ketagihan dengan zat tersebut?

Asal apa yang dikonsumsi masih makanan biasa dan tidak membahayakan sih tidak masalah. Tapi jangan sampai terlalu ketagihan dengan zat-zat adiktif berikut ini karena efeknya tidak akan baik dan bahkan beresiko kematian.

1. Kafein

Ketika seseorang mengonsumsi kafein, bahan tersebut akan memasuki aliran darah melalui perut dan mempengaruhi aktifitas syaraf di otak. Efeknya adalah meningkatkan kewaspadaan mental dan mengurangi rasa lelah dan mengantuk.

Kafein
Kopi mengandung kafein [Image Source]
Bahan ini menjadi begitu banyak disukai karena efek positif ini. Bahkan setidaknya 75% penikmat kopi telah ketagihan dengan kafein. Jika dikonsumsi dalam jumlah terlalu besar, kafein bisa mengakibatkan kematian.

2. Alkohol

Alkohol memperlambat kerja syaraf di otak. Zat ini bisa memperlambat proses berpikir, bernapas, dan detak jantung serta di saat yang sama meningkatkan rasa senang. Alkohol adalah zat yang bisa sangat membuat ketagihan. Bahkan 1 dari 5 orang yang minum minuman keras akan menjadi ketagihan dengan zat ini suatu saat nanti dalam hidupnya.

vinho-tacas-garrafas-1377291931335_956x500
Ilustrasi minuman beralkohol [Image Source]
Teralu banyak minum bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Bahkan pada tahun 2010, masalah terlalu banyak minum ini membuat pemerintah Amerika mengeluarkan uang hingga 249 milyar dollar untuk menyembuhkan warganya yang ketergantungan minuman keras. Bahkan diperkirakan setidaknya 1 orang di dunia mati setiap detiknya akibat penyakit yang berhubungan dengan penyalahgunaan alkohol.

3. Nikotin

Bahan utama dalam rokok adalah nikotin, salah satu bahan paling membuat ketagihan dan sekaligus berbahaya di bumi. Diperkirakan setidaknya 8 juta orang akan meninggal dunia karena nikotin pada tahun 2020.

nicotine
Rokok mengandung nikotin [Image Source]
Ketika seseorang merokok, nikotin dengan cepat diserap oleh paru-paru, dikirimkan ke otak, dan mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Sekitar 1-2 mg nikotin diserap oleh satu batang rokok. Tapi setetes nikotin murni cukup untuk membunuh manusia.

4. Kokain

Hanya dalam hitungan detik, kokain membanjiri otak dengan dopamin dan memberikan ilusi kenikmatan dan rasa percaya diri. Hasil riset tahun 1970 mengungkapkn bahwa efek euforia yang dihasilkannya sangat kuat sampai-sampai tikus percobaan lebih memilih kokain daripada makanan meskipun itu artinya membuat mereka sendiri kelaparan.

cocaine-heroine
Ilustrasi kokain [Image Source]
Kokain termasuk bahan yang sangat adiktif atau membuat ketagihan hingga 1 dari 5 orang yang mencobanya akan merasakan ketergantungan. Konon penelitian juga menyebutkan bahwa remaja yang mengonsumsi rokok dan minuman keras akan 266 kali mencoba kokain di usia dewasanya nanti daripada remaja yang bebas rokok dan alkohol.

5. Heroin

Ketika heroin disuntikkan ke dalam tubuh, otak mengubah zat tersebut menjadi morphine. Hal ini memicu otak menimbulkan perasaan euforia atau bahagia yang tidak terkendali. Semakin banyak atau sering memakainya, maka tubuh akan semakin kebal dengan reaksinya.

1631401Ilustrasi-heroin780x390
Ilustrasi heroin [Image Source]
Ketika tubuh semakin kebal artinya pemakai harus menambahkan dosis yang semakin tinggi untuk mendapatkan sensasi euforia yang sama. Inilah awal dari keadaan yang kemudian mengancam nyawa. Pasalnya dosis mematikan tersebut hanyalah lima kali lebih besar dari dosis awal penggunaan untuk bisa merasakan sensasi euforia tersebut.

Mengonsumsi zat-zat yang sudah disebutkan di atas memang memberikan efek yang menyenangkan dan menenangkan. Tapi ada resiko berbahaya di balik penggunannya yang bahkan bisa mengakibatkan kematian. Awalnya memang coba-coba, tapi lama kelamaan bisa menjadi ketergantungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *