Sedang memuat 5 Bahasa Tubuh Ini Bisa Meningkatkan Kesuksesanmu Di Dunia Kerja

5 Bahasa Tubuh Ini Bisa Meningkatkan Kesuksesanmu Di Dunia Kerja

Berani Praktek?

Bahasa tubuh atau Body language berbicara lebih banyak dari pada kata kata yang kita ucapkan. Kalau kata kata bisa kita karang karang dan kita rekayasa, namun bahasa tubuh ada di luar kendali saraf sadar kita. kalau kita tidak pandai pandai dalam melatih bahasa tubuh ini malapetaka bisa terjadi di pekerjaan kita. klient bisa kabur, kita dijauhi teman atau bahkan beberapa rekan jadi tidak respek ke kita. akibatnya kelancaran pekerjaan pun bisa terganggu.

5 Bahasa Tubuh Ini Bisa Meningkatkan Kesuksesanmu Di Karier.
5 Bahasa Tubuh Ini Bisa Meningkatkan Kesuksesanmu Di Karier. image [source]

Meskipun berpotensi mengganggu kelkancaran dalam bekerja, jika di pelajari secara benar, Body language ini justru bisa menjadi energi tambahan lho bagi kelancaran karier kita. agar bahasa tubuh menjadi kekuatan di karier, maka kita perlu tahu bahasa tubuh apa yang paling mencolok dan bisanya di perhatikan orang. nah untuk itu berikut in penulis akan membahas bahasa tubuh paling penting untuk meningkatkan kinerja dan kariermu. Apa saja itu? Ini info lengkapnya.

1. Posisi Tangan Yang Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Bagaimana posisi tangan ketika sedang duduk ternyata berpengaruh terhadap kesan yang dilihat orang lain dari kita. ketika sedang rapat atau menawarkan sesuatu kepada klient tentu kesan percaya diri adalah suatu yang penting untuk di tampilkan. Agar terlihat percaya diri yang perlu kita lakukan cukup sederhana. Cukup posisikan kedia tangan di depan. Bertumpu pada siku telapak tangan kita saling di pertemukan membentuk tower. Posisi ini di maerika sana di kenal dengan hight power pose.

Posisi Tangan Yang Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Posisi Tangan Yang Meningkatkan Rasa Percaya Diri image [source]

Sebuah peneitian yang dilakukan di harvard dan culimbia bussiness school menunjukkan bahwa hight power pose ini mampu meningatkan kesan percaya diri pada seseorang. Pose ini ternyata memberi efek juga pada hormon dalam tubuh kita. 2 menit setelah melkakukan pose ini hormon testosteron pada seseorang akan meningkat. Hormon ini memberi kan energi lebih, selain testosteron meningkat, pose ini juga menurunkan hormon kortisol penyebab stress. Jadi kalau ingin tampak pede dantidak stress, lakukan saja pose hight power ini ketika berhadapan dengan orang.

2. Body Language Untuk Meningkatkan Keterlibatan Orang Lain Dalam Pembicaraan.

Ketika kamu adalah pompinan dalam sebuah tim dan sedang mengadakan rapat, pasti ngak asik kan kalau kamu bicara terus tapi yang lain diam? Agar anggota tim yang lain juga ikut berbicara, ikut berpendapat maka ada trik sederhana. Untuk memancing mereka banyak bicara maka kamu perlu terlihat betul betul mendengarkan.

Body Language Untuk Meningkatkan Keterlibatan Orang Lain Dalam Pembicaraan
Body Language Untuk Meningkatkan Keterlibatan Orang Lain Dalam Pembicaraan. image [source]

Bagaimana kamu terlihat betul betul mendengarkan ini? agar terlihat mendengarkan kamu perlu menyingkirkan semua rintangan visual antara kamu dan sisa anggota tim yang ikut dalam rapat. Dengan kesan selalu di dengarlan maka anggota tim lain pun akan mulai bicara banyak. selain menghilangkan semua halangan visual, kamu juga perlu fokus pada pembicaraan jangan melakukan multitasking terlebih dahulu. Misalnya saja rapat sambil buka buka hp, atau lihat lihat layar komputer. Melakukan aktifitas sambilan saat rapat terkesan kamu tidak serius dalam mendengarkan. Dengan bahasa tubuh yang terkesan serius mendengarkan ini, partisipasi anggota tim pun makin besar. Herakan sederhana seperti anggukan, mencondongkan badan kedepan saat seseorang bicara, memiringkan kepala juga mengesankan bahwa kamu itu sedang betul betul mendengarkan.

3. Bahasa Tubuh Untuk Langsung Dekat Dengan Orang.

Sering tidak kamu mengalami, bertemu kemudian kenalan dengan orang tapi beberapa saat kemudian kamu lupa namanya. Jika sering mengalami hal ini maka kamu banyak temannya. Orang baru yang ketika kenalan tidak banyak menimbulkan kesan memang mudah di lupakan. Yang lupa nama bisa saja bukan hanya dirimu saja, tapi orang yang baru kamu temui itupun bisa jadi juga lupa. Itu artinya hubunganmu dengannya belumlah dekat. Jika lupa seseorang yang menjadi rekanan dalam bekerja tentu bisa repot akibatnya

Bahasa Tubuh Untuk Langsung Dekat Dengan Orang.
Bahasa Tubuh Untuk Langsung Dekat Dengan Orang. image [source]

Nah agar bertemu dengan seseorang dan langsung bisa menjalin hibingan dekat, maka ada langkah sederhana yang bisa diterapkan. Caranya adalah, seketika bertemu dengan orang batu, maka jabatlah tangannya. Sentuhan memang bahasa yang dikenal manusia sejak lama. Jabat tangan merupakan salah satu bentuk sentuhan. Dengan melakukan sentuhan fisik sederhana hubungan antara seseorang bisa tambah dekat dengan instan. Selain berjabat tangan, sentuhan sederhana lainnya misanya menyentuh pundak lengan dan bahu seseorang dalam waktu kurang dari sedetik dapat memunculkan kesan dekat pada orang yang disentuh. Ampuh sekali kan bahasa sentuhan ini. tapi ingat kamu harus lihat lihat situasi juga ya. Jangan sembarang sentuh badan orang. kalau sentuhanmu terlalu berlebihan nanti di kora maho sama orang lain. kalau yang kamu sentuh cewek, bisa dikira pelecehan. Jadi gunakan cara ini dengan hati hati.

4. Tersenyum Untuk Menunjukkan Mood Yang Bagus Saat Berada Di Lingkungan Kerja.

Membawa mood tidak bagus ke tempat kerja adalah ide buruk. Namun masalah yang kita hadapi kadang tak bisa dilepaskan begitu saja saat kita masuk ke lingkunga kerja. masalah masalah tersebut masih menyesaki pikiran dan menganggu mood kerja kita. ketika sedang bad mood dan dilihat klien atau atasan pasti dampaknya akan buruk bukan.

Tersenyum Untuk Menunjukkan Mood Yang Bagus Saat Berada Di Lingkungan Kerja
Tersenyum Untuk Menunjukkan Mood Yang Bagus Saat Berada Di Lingkungan Kerja. image [source]

Nah saat mood kita sedang buruk, maka cara sederhana untuk merubahnya adalah dengan tersenyum.meskipun senyum palsu, gesture tersebut mampu memicu tubuh kita untuk mensekresikan hormon pemicu mood baik. hormon tersebut seperti epinefrin, asetil kolin serta serotonin. Sedikir saja dari hirmon hormon ini mengalir di dalam peredaran darah, perasaan gembira kita tidak lagi palsu. Perasaan gembira kita nyata meskipun awalnya palsu. Tersenyum jug amembuat kita seolah-olah menjadi mudah dipercaya, mudah akrab dan bisa bekerja sama. Orang lain juga akan ketularan lho dengan mood mu yang bagus tersebut. penyebabnya karena jika di senyumi orang, biasanya kita akan membalas senyuman tersebut.

5. Untuk Mengetahui Kejujuran Orang Kita Bisa Lihat Dari Kakinya.

Seperti yang kita bahas diatas bahwa bagasa tubuh itu bisa dilatih dan dikarang karang. Itu artinya seseorang bisa meyembunyikan keadaan sebenarnya di dalam dirinya dengan memalsukan bahasa tubuh ini. untuk mengetahui apa yang sebenarnya da di dalam diri orang tersebut ada caranya lho. Caranya pun cukup sederhana yaitu cukup dengan memperhatikan kaki mereka.

Untuk Mengetahui Kejujuran Orang Kita Bisa Lihat Dari Kakinya.
Untuk Mengetahui Kejujuran Orang Kita Bisa Lihat Dari Kakinya. image [source]

Orang bioasanya fokus memperjatikan bahaya tubuh bagian atas. Tangan kepala serta wajah benar benar di jaga supaya terkesan baik. nah yang kadang luput dari perhatian mereka adalah posisi kaki. Ketika orang sedang tidak jujur atau sedang menyembunyikan sesuatu. Kaki orang yang sedang menyembunyikan seseuatu itu akan mencerminkan kegelisahan. Tidak bisa diam dan digerakkan maju mundur maju mundur ketika duduk. Cukup sederhana kan dengan memperhatikan kaki kita jadi tahu kebenaran yang disembuntikan orang.

Itulah beberapa tips sederhana memperbaiki bahasa tubuh dalam duia kerja. dengan memoperhatikan bahasa tubuh, kita pun akan selalu terlihat prima. Dan kemungkinan karir melesat akan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *